Bisnis Online

Inilah 5 Stategi yang Bisa Dilakukan Supaya Konsumen Percaya dan Mau Berbelanja di Toko Online Anda

trust-online-shop

Dunia internet yang semakin pesat membuat tren belanja online jadi semakin semarak. Bahkan begitu meraihnya belanja online membuat beberapa bisnis yang sebelumnya hanya bergerak di offline kemudian merambah ke online. Meski telah ramai, namun tidak semua orang, terutama di Indonesia, mau beralih dari belanja secara konvensional ke online. Ini karena beberapa kalangan masih meragukan kredibilitas belanja online. Apalagi bila menilik beberapa kasus penipuan online yang ada, semakin membuat konsumen dilanda rasa khawatir dan was-was. Tapi bagi Anda yang memang sedang gencar mempromosikan toko online dan mengajak konsumen untuk belanja online, ada beberapa strategi yang dapat Anda lakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

  1. Mencantumkan Contact Person

Strategi pertama yang bisa dilakukan agar konsumen percaya dengan toko online Anda adalah mencantumkan contact person. Contact person akan menjadi semacam jaminan yang dapat membuat konsumen merasa yakin bahwa ia bisa berbelanja dengan aman. Untuk lebih meyakinkan konsumen cobalah untuk mencatumkan contact person sebanyak-banyaknya. Jadi jangan hanya mencantumkan nomor telepon saja, tapi cobalah untuk mencantumkan juga email, WhatsApp, BBM, Line dan contact person lain yang dimiliki. Semakin banyak contact person yang Anda cantumkan maka semakin meyakinkan pula bagi konsumen untuk berbelanja. Jangan lupa juga untuk merespon dengan cepat bila ada konsumen yang menghubungi contact person Anda. Karena cepat atau lambatnya respon Anda juga bisa mempengaruhi tingkat keyakinan konsumen untuk berbelanja online.

  1. Bekerja Sama dengan e-Commerce Ternama

Siapa sih yang tak kenal Tokopedia, BukaLapak, Lazada, Blibli atau Elevenia? Beberapa e-commerce tadi memang sudah ternama dan populer di Indonesia. Nah Anda yang ingin meyakinkan konsumen agar mau belanja online maka Anda bisa melakukan strategi bekerjasama dengan e-commerce tadi. Dengan menjual produk ke beberapa e-commerce tadi, selain membuat jangkauan pasar lebih luas, Anda juga bisa meyakinkan konsumen agar mau belanja online di tempat Anda. Ini karena toko online yang bekerjasama dengan e-commerce telah melewati seleksi yang ketat untuk kredibilitasnya.

  1. Publikasikan ke Media Massa

Jika Anda punya dana atau budget lebih, tidak ada salahnya untuk mempublikasikan toko online ke media massa. Media massa yang bisa dipilih untuk strategi ini cukup beragam, seperti koran, tabloid, radio, televisi atau website berita online ternama. Jika Anda memilih website berita online maka pastikan memilih yang sudah populer agar ulasan toko online Anda semakinb bisa dipercaya. Dengan mempublikasikan toko online ke media massa maka publik akan semakin percaya bahwa toko online Anda bisa diandalkan untuk berbanja.

  1. Buat Kegiatan Offline

Kegiatan atau aktivitas di online memang selalu membuat keraguan karena tidak bisa dilihat dan rasakan secara langsung. Tapi bila kita melihat aktivitas di kehidupan nyata maka kita akan langsung bisa yakin dan percaya. Ini karena aktivitas di dunia nyata bisa dilhat dan rasakan secara langsung. Nah bagi Anda yang memang ingin meyakinkan publik dengan keberadaan toko online yang sedang Anda jalankan, bisa menggunakan strategi kegiatan nyata atau offline tersebut. Hadirlah secara langsung ditengah-tengah masyarakat untuk mengenalkan toko online Anda sebagai tempat berbelanja yang aman. Anda bisa menghadirkan kegiatan offline di masyarakat ini dalam bentuk apapun seperti pameran, hiburan, konser musik, kegiatan sosial dan lainnya.

  1. Endorsement

Terakhir, strategi yang bisa dilakukan agar konsumen percaya dengan toko online Anda adalah dengan melakukan kerjasama dalam wujud endorsement. Saat ini endorsement memang menjadi salah satu andalan bagi banyak pebisnis online untuk meningkatkan kredibilitas usahanya. Untuk menerapkan strategi ini Anda harus menyiapkan satu nama publik figur yang akan mempromosikan toko online Anda. Jika memang Anda merasa biaya untuk meng-endorse artis terlalu besar maka pilihan selebgram bisa jadi solusinya. Selebgram yang merupakan selebriti di media sosial, terutama di instagram, dengan jumlah follower yang banyak memang tarifnya tak akan sebesar bila meng-endorse artis. Dari sinilah Anda bisa menghemat biaya namun bisa mencapai tujuan Anda meningkatkan kepercayaan publik untuk berbelanja di toko online Anda.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top