Tips

Inilah 6 Cara Sukses untuk Mengembangkan Usaha SPA dan Salon Kecantikan, Anda Wajib Mencoba!

Saat ini peluang usaha spa dan salon kecantikan menjadi salah satu bisnis yang populer. Namun, tidak sedikit dari para pelaku usaha spa dan salon kecantikan hanya memiliki pengetahuan yang minim di bidang marketing usaha. Sehingga, mereka tidak mampu mengembangkan usaha spa dan salon kecantikan yang sudah terlanjur di jalankannya. Nah, agar usaha spa dan salon kecantikan yang sedang Anda tekuni semakin berkembang. Simak 6 cara mengembangkan usaha spa dan salon kecantikan berikut ini.

  1. Memodifikasi Produk, Guna Mengembangkan Usaha SPA dan Salon Kecantikan

Cara yang pertama, untuk mengembangkan usaha spa dan salon kecantikan adalah memodifikasi produk. Selain produk, Anda juga bisa memodifikasi jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Disarankan untuk memodifikasi produk yang sudah ada saja, daripada Anda harus mengeluarkan produk atau layanan baru yang akan memakan waktu lebih lama untuk meriset pasar. Di sini, Anda bisa memilih siapa saja pemain atau fitur yang cocok, serta memperhatikan keunggulan dan kekurangan produk. Kemudian, pelajarilah trend yang ada saat ini. Misalnya trend isu, warna dan lain-lain. Dari hasil riset tersebut, maka akan muncul ide segar untuk memodifikasi produk yang lebih unik dan menarik serta sesuai dengan selera pasar. Ingat, perhitungan biaya untuk memodifikasi produk tidak perlu mahal. Di sini Anda hanya menambah keunikan dan nilai tambah saja, bukan untuk membuat produk dan layanan mewah yang memerlukan biaya mahal.

  1. Membundling Produk

Setelah memodifikasi produk, cara yang kedua untuk mengembangkan usaha spa dan salon kecantikan Anda selanjutnya adalah membundling produk. Misalnya, Anda menjual produk A dan produk B dengan harga paketan. Selain menjual harga paketan, Anda bisa menjual produk A dengan menawarkan diskon produk B yang harganya lebih murah. Contohnya, membundling produk antara produk elips dan oriflame. Untuk setiap pembelian produk oriflame, maka pembeli akan mendapatkan produk elips. Cara membundling produk, dapat dilakukan dengan membuat paket antara produk di perusahaan sendiri ataupun dilakukan antara perusahaan sendiri dengan orang lain. Dengan cara seperti ini, peluang usaha di antara keduanya bisa tumbuh lebih maju.

  1. Membuat Nama Produk yang Unik

Nama produk, memang sangat mempengaruhi usaha yang sedang dijalankan. Apalagi, nama produk yang unik bisa membuat banyak orang tertarik untuk membelinya. Hal ini dikarenakan, penamaan produk yang unik akan memudahkan market untuk mengingat apa yang sedang Anda tawarkan. Oleh karena itu, pikirkan nama produk yang unik agar konsumen mudah mengingat produk yang Anda tawarkan. Pemberian nama produk juga akan lebih bagus, jika memiliki arti tertentu. Dari sini, dapat diambil kesimpulan bahwa usaha yang Anda jalankan harus dilaksanakan secara maksimal dengan brand atau nama produk yang juga maksimal.

  1. Bekerjasama dengan Komunitas Marketing

Mengingat bahwa manusia, khususnya di Indonesia sangat senang membuat komunitas untuk melakukan aktivitas bersama. Oleh karena itu, bekerjasama dengan komunitas marketing bisa menjadi strategi pemasaran yang ampuh untuk mengembangkan usaha spa dan salon kecantikan Anda. Misalnya, perusahaan Garuda Indonesia yang memanfaatkan komunitas golf untuk bekerjasama dalam beberapa event dan program penjualan Garuda. Selain perusahaan Garuda, perusahaan Djarum juga mengelola komunitas dengan sangat baik. Bahkan, komunitas Djarum sangat terkenal di beberapa daerah karena sangat aktif melakukan gathering. Nah, Anda juga bisa mengikuti jejak mereka. Dengan cara menawarkan voucher atau layanan tertentu, khusus komunitas di kota Anda. Jika Anda sering melakukan kerjasama seperti ini, maka Anda akan mendapatkan jumlah anggota komunitas yang banyak untuk menyebarkan info produk atau layanan usaha Anda.

  1. Mempromosikan dengan Sosial Media

Menggunakan sosial media untuk mengembangkan usaha, bisa menjadi alternatif utama bagi Anda yang ingin mempromosikan produk spa dan salon kecantikan. Dengan sosial media, Anda dapat mempromosikan produk atau layanan secara gratis dan langsung menyentuh konsumen yang Anda sasar. Jadi, tunggu apalagi? Buatlah akun sosial media sebagai channel penjualan, termasuk sebagai saluran komunikasi untuk mempromosikan produk dan layanan usaha spa dan salon kecantikan Anda.

  1. Bekerjasama dengan Endorser

Bagaimana cara memanfaatkan orang terkenal, untuk bisa mengiklankan produk dan layanan usaha spa dan kecantikan Anda? Mudah saja, kirimkan produk Anda kepada mereka atau ajak mereka untuk mengunjungi perusahaan Anda dan merasakan kenyamanan layanan yang perusahaan Anda berikan. Cara seperti ini, sudah banyak dilakukan oleh perusahaan-perusahaan melalui Instagram. Tidak perlu artis, namun Anda bisa mengajak selebgram yang memiliki followers aktif untuk mempromosikan produk kecantikan Anda. Sehingga, dari sini usaha spa dan salon kecantikan Anda akan semakin dikenal oleh banyak orang.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: