Lainnya

Inilah 6 Mitos Terkait Bisnis yang Seharusnya Tak Langsung Anda Percayai

mitos bisnis

Dalam dunia entrepreneur memang ada banyak hal yang perlu Anda pikirkan dengan baik sebelum menjalankannya. Salah satu hal yang perlu Anda cermati matang-matang tersebut adalah mitos bisnis. Mitos bisnis ini tentu saja tidak selamanya benar sehingga tidak perlu kemudian kita percayai langsung. Dengan mengetahui bahwa ada hal-hal yang sebatas mitos maka kita pun sat menjalankan bisnis bisa memutuskan dengan sikap yang tepat. Dari sini maka mitos-mitos bisnis ini sangat perlu Anda ketahui dan pahami. Tapi apa saja mitos-mitos terkait bisnis ini? Yuk ketahui dalam pembahasan berikut ini.

  1. Ide Bisnis Harus Berbeda dari yang Lain

Mitos bisnis pertama yang seharusnya Anda ketahui dan bisa menjadi bahan pertimbangan adalah ide bisnis yang harus berbeda dengan yang lain. Memang baik untuk menghadirkan ide bisnis yang berbeda. Sebab dari sini Anda akan memiliki ciri khas dan karakteristik bisnis tersendiri. Tapi apa gunanya ide bisnis yang berbeda jika pasar yang Anda raih sedikit. Tentu saja jika pasar yang Anda raih sedikit, maka ide bisnis yang berbeda ini sesuatu yang sia-sia saja. Maka dari itu ada yang lebih penting dari sekedar ide bisnis yang berbeda yakni tingkat penjualan atau besaran pasar yang bisa diraih. Tentu akan lebih baik bila Anda meraih pasar lebih besar dengan ide yang sama dibadingkan memiliki ide berbeda tapi hanya mampu sedikit konsumen kan.

  1. Perlu Modal yang Banyak untuk Berbisnis

Modal memang menjadi hal yang bisa membuat Anda bisa menjalankan bisnis. Semakin besar modal yang Anda miliki maka akan semakin cepat Anda bisa menjalankan usaha dengan banyak harapan. Tapi ternyata untuk menjalankan bisnis ini Anda tidak harus selalu membutuhkan modal besar. Tapi dengan modal yang secukupnya saja, Anda sudah bisa menjalankan bisnis. Meski dengan banyak keterbatasan, tapi intinya dan yang paling penting Anda sudah bisa menjalankan bisnis terlebih dahulu. Masalah ada beberapa hal yang kurang, nanti bisa Anda oenuhi ketika bisnis berjalan dari keuntungan yang diperoleh. Jadi jangan minder dulu saat Anda hanya memiliki modal kecil. Sebab dengan kreativitas kita bisa saja menjalankan dan memulai bisnis.

  1. Rencana Bisnis Harus Mendetail

Perencanaan atau plan bisnis memang penting untuk dimiliki. Sebab dengan adanya plan atau rencana bisnis ini Anda bisa menjalankan usaha dengan arah yang tepat menuju sukses. Tapi perencanaan bisnis ini tak perlu harus mendetail. Anda tak perlu membuat perencanaan bisnis dengan terlalu detail, tapi dengan gambaran umum saja Anda pun sudah bisa mengarahkan bisnis dengan baik. Anda hanya perlu memiliki niat yang serius dan sungguh-sungguh dalam menjalankan setiap perencanaan yang ada untuk bisa mengarahkan bisnis ke arah yang tepat.

  1. Harus Selalu Berani Ambil Risiko

Bisnis memang memiliki risiko di dalamnya. Dari sini maka siapapun yang sedang menjalankan bisnis harus siap dengan segala risiko yang ada. Tapi meski ada risiko, namun Anda tidak perlu selalu berani mengambil risiko tersebut saat menjalankan strategi bisnis. Jadi sesekali beramain aman pun tidak menjadi masalah selama Anda tidak lambat dalam pergerakan bisnis dibanding kompetitor. Jadi penyataan yang menyatakan bahwa Anda harus selalu mengambil risiko bisnis bukanlah sesuatu yang selalu benar. Ini karena pernyataan tersebut hanya mitos belaka.

  1. Perlu Segera Mendapatkan Karyawan untuk Membantu Anda

Selanjutnya, mitos bisnis yang seharusnya tak langsung Anda percayai adalah keperluan untuk segera mendapatkan karyawan untuk membantu bisnis Anda. Memiliki karyawan memang akan lebih memudahkan Anda untuk menjalankan bisnis. Tapi bila Anda menyatakan bahwa kebutuhan karyawan di awal usaha ini sesuatu yang urgent, tentu hal tersebut bukan sesuatu yang sepenuhnya benar. Pasalnya, dengan atau tanpa karyawan pun seharusnya Anda bisa menjalankan bisnis.

  1. Harus Buka Cabang Bisnis Baru Setelah Punya Keuntungan yang Cukup

Terakhir, mitos bisnis yang seharusnya tak langsung Anda percayai yaitu harus buka cabang baru setelah punya keuntungan yang cukup. Ketika Anda memiliki keuntungan dari hasil bisnis Anda harus memikirkan dengan baik apa pilihan yang tepat untuk dilakukan. Membuka cabang baru hanyalah satu opsi diantara banyak pilihan lain. Membuka cabang baru memang terlihat menarik, tapi ada banyak hal yang harus Anda pikirkan dibalik itu. jadi bila Anda merasa belum siap dengan hal-hal tersebut, lebih baik Anda mengembangkan satu cabang saja dulu hingga benar-benar kuat sebelum kemudian membuka cabang bisnis baru.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top