Tips

Inilah Beberapa Hal yang Perlu Anda Lakukan untuk Menutup Negosiasi dengan Lebih Efektif

closing-negosiasi-efektif

Anda yang merupakan seorang pebinis atau orang yang berurusan dengan bagian marketing tentu proses negosiasi dengan klien adalah hal yang sangat penting. Dalam proses negosiasi sendiri ada bagian yang paling menentukan apakah klien akan memutuskan untuk setuju dengan penawaran Anda atau tidak. Bagian paling menentukan dari proses negosiasi tersebut adalah tahap penutupan atau closing yang terdapat di akhir. Setuju atau tidaknya klien dengan penawaran Anda saat negosiasi memang akan ditentukan oleh tahapan closing ini. Maka dari itu Anda yang sedang melakukan negosiasi ini harus membuat tahapan closing ini efektif agar tercapai kata “sepakat” atau “deal”. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menutup negosiasi dengan lebih efektif.

  1. Melakukan Komunikasi dengan Jelas

Pertama, hal yang perlu Anda lakukan agar tercapai tahap closing yang efektif dalam negosiasi adalah melakukan komunikasi dengan jelas. Dalam negosiasi, termasuk di dalamnya tahapan closing memang ada komunikasi yang muncul antara Anda dan klien. Nah agar Anda bisa mencapai deal saat tahapan closing maka Anda harus bisa berkomunikasi dengan baik. Bukan hanya diawal negosiasi, tapi komunikasi yang baik juga harus Anda lakukan hingga akhir negosiasi, termasuk pada tahap closing. Lakukan komunikasi yang baik dan jelas hingga klien mengerti maksud dan tujuan penawaran. Pada tahapan closing dengan komunikasi yang baik dan jelas akan membuat klien jadi lebih tertarik dan akan segera melakukan deal atas petunjuk yang telah Anda sampaikan.

  1. Selalu Tersenyum

Berikutnya, hal perlu Anda lakukan untuk membuat tahapan penutupan negosiasi atau tahap closing ini berjalan efektif adalah dengan selalu tersenyum. Siapa pun memang suka melihat senyum yang mengembang dari orang lain yang dipandangnya. Dengan memberikan senyuman maka Anda akan klien akan lebih tertarik pada Anda dan presentasi Anda. Presentasi penawaran yang diikuti dengan senyuman memang akan mengundang lebih banyak perhatian dan juga termasuk terjadinya closing yang efektif.

  1. Lakukan Kontak Mata

Dalam berkomunikasi dengan klien, Anda memang harus bisa menunjukkan antusiasme dan semangat Anda. Nah cara untuk menunjukkan semangat dan antusiasme Anda adalah dengan melakukan kontak mata. Kontak mata dengan klien memang mencerminkan Anda yang percaya diri dan penuh keyakinan. Kontak mata sendiri bukan berarti Anda menantang dan bertingkah sombong. Tapi kontak mata ini memang diperlukan agar klien yakin dengan presentasi atau penawaran yang Anda berikan. Untuk mencapai closing yang baik dan efektif maka Anda tidak boleh melupakan untuk juga melakukan kontak mata pada klien pada bagian tahap akhir tersebut.

  1. Tetap Percaya Diri, Optimis Dan Positif Thinking

Proses negosiasi memang tidak menjamin Anda bisa mencapai kata “sepakat” atau “deal” dengan klien. Tapi meski demikian Anda tidak boleh berputus asa dulu sebelum berjuang. Saat bertemu klien Anda harus menanamkan sikap percaya diri, optimis serta positif thinking. Sebab dengan menanamkan sikap-sikap tersebut pesona Anda akan lebih terpancar dibanding saat Anda frustasi dan tidak percaya diri. Saat Anda yakin dan optimis dengan penawaran dan presentasi maka klien juga akan terbawa atmosfer baik tersebut. Dan bila hal ini terjadi maka closing yang baik hingga mencapai kata “deal” berpeluang besar Anda dapatkan.

  1. Berikan Sedikit Humor

Terakhir, hal yang mampu membuat proses closing pada negosiasi berlangsung baik dan efektif adalah dengan memberikan sedikit humor. Jika Anda memiliki selera homor yang baik maka hal ini akan menjadi senjata yang baik untuk Anda meraih kesepakatan atau deal. Humor memang akan menciptakan suasana dalam proses negosiasi jadi lebih cair. Nah Anda yang mampu menghadirkan humor pada proses negoriasi terutama saat tahap closing maka Anda akan mampu membuat klien lebih tertarik dengan Anda untuk kemudian memutuskan untuk deal. Namun untuk melakukan teknik ini Anda harus lebih berhati-hati dalam pemilihan humor yang akan digunakan. Sebab ada beberapa humor yang bisa menjebak Anda dan menjadi bumerang bagi proses negosiasi Anda secara keseluruhan.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top