Lainnya

Inilah Tanda Pemimpin Bisnis Berintegritas Tinggi, Sudah Tau?

pemimpin-berintegritas-tinggi

Pemimpin bisnis memang bukan orang yang sembarangan. Sebab, mereka adalah orang yang selalu menjadi panutan setiap karyawan yang ada. Meskipun tidak ada kaitan antara menjadi panutan atau idola, namun pada kenyataannya pemimpim memang selalu dijadikan sebagai pusat perhatian. Dari sinilah maka Anda yang menjadi pemimpin bisnis haruslah berusaha dengan sebaik mungkin menjadi pribadi yang patut dicontoh. Salah satu karakter pemimpin bisnis yang selalu diperhatikan karyawan adalah integritas. Semakin Anda memiliki integritas tinggi maka akan semakin berwibawa Anda dimata karyawan. Tapi seperti apakah pemimpin bisnis yang berintegritas tinggi itu? Berikut ciri-cirinya.

  1. Hati-hati dalam Berucap

Pertama, ciri pemimpin bisnis yang berintegritas tinggi adalah selalu berhat-hati dalam berucap. Tidak hanya tingkah laku, segala ucapan dari pemimpin juga selalu menjadi perhatian dari karyawan. Maka dari itu integritas Anda juga sangat ditentukan dengan apa-apa yang Anda ucapkan atau katakan. Karena menjadi unsur penentu integritas Anda sebagai pemimpin bisnis maka Anda tidak boleh sembarangan saat berucap. Sebab bila Anda salah ucap maka karyawan bisa saja tak lagi respect dengan Anda dan menganggap Anda sebagai pemimpin yang tidak berintegritas. Jadi ketika akan berucap Anda harus berhati-hati memikirkan apa yang Anda akan katakan.

  1. Dapat Memegang Perkataan

Berikutnya, ciri pemimpin bisnis berintegritas tinggi adalah dapat memegang perkataan. Tidak hanya harus menjaga perkataan, pemimpin bisnis juga diharuskan mampu menepati segala yang telah dikatakan. Apalagi bila apa yang Anda katakan bersangkut paut dengan karyawan, maka jangan sampai Anda ingkar janji dengan apa yang Anda katakan. Sebab, ketika Anda tidak bisa memegang perkataan atau ingkar maka karyawan akan memandang Anda sebagai pemimpin yang tidak berintegritas. Bila Anda sudah dipandang sebagai pemimpin yang tidak berintegritas maka akan sulit bagi Anda menunjukkan wibawa di depan karyawan karena mereka yang tak lagi respect kepada Anda.

  1. Jujur dalam Bekerja

Bila Anda ingin mendapatkan karyawan yang jujur maka Anda juga harus melakukan hal yang sama. Karyawan yang selalu mencermati integritas Anda sebagai pemimpin memang menjadikan Anda juga akan dituntut hal yang sama mengenai kejujuran. Kejujuran memang merupakan salah satu unsur integritas. Maka dari itu Anda yang ingin menjadi pemimpin berintegritas maka mau tak mau Anda harus menjunjung tinggi kejujuran. Tidak hanya jujur pada ucapan, tapi Anda juga dituntut untuk jujur dalam bekerja agar unsur integritas muncul dalam diri.

  1. Taat pada Peraturan

Meski Anda adalah orang yang membuat aturan, bukan berarti Anda seenaknya bisa melanggar aturan. Memang tidak fair bila Anda menginginkan semua karyawan patuh pada aturan tapi Anda sendiri tak menaatinya. Bila hal ini terjadi dan Anda melakukannya, maka bukan hanya integritas buruk yang akan Anda dapat, tapi kepercayaan dari karayawan juga akan sulit diperoleh. Sebaliknya pemimpin yang taat peraturan, mereka akan mendapatkan wibawanya dihadapan karyawan. Ini karena karyawan menganggap pemimpin bisnis yang taat peraturan adalah orang yang berintegritas tinggi. Apalagi bila melihat bahwa aturan yang ada di perusahaan adalah buatan atau ciptaan Anda, maka karyawana akan semakin menunjukkan ras hormatnya pada integritas yang Anda miliki.

  1. Siap Bertanggung Jawab

Terakhir, ciri pemimpin bisnis yang berintegritas tinggi adalah mereka yang siap bertanggung jawab. Dalam setiap kebijakan dan tindakan yang dilakukan memang terdapat risiko kesalahan. Namun Anda sebagai pebisnis tidak perlu takut dengan risiko tersebut, karena dunia bisnis itu sendiri adalah risiko. Alih-alih takut dengan risiko dan kesalahan, Anda hanya perlu menghadirkan tanggung jawab yang penuh pada apa yang terjadi. Tanggung jawab memang menjadi sesuatu yang membuat orang menjadi lebih berwibawa. Tidak hanya itu dengan mengambil tanggung jawab penuh pada apa yang Anda lakukan maka Anda akan dianggap sebagai orang yang memiliki integritas yang tinggi. Dari sini karyawan pun akan lebih respect pada Anda sebagai pemimpin bisnis.

Itulah beberapa ciri dan karakter pemimpin bisnis yang memiliki integritas yang tinggi. Dari sini maka Anda yang ingin menjadi pemimpin bisnis yang benar-benar mengerti tantang pentingnya integritas. Sebab, dari integritas inilah Anda akan sangat dihargai dan dihormati oleh para karyawan.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top