Keuangan

Inilah Tips dan Trik Menabung untuk Bisa Membeli Mobil Hanya dengan Gaji 2 Juta

menabung-beli-mobil

Mobil merupakan salah satu alat transportasi yang banyak diminati banyak orang, tetapi memiliki harga yang cukup mahal. Meskipun harganya cukup mahal, mobil memiliki banyak kelebihan dibandingkan alat transportasi lainnya seperti motor. Hal ini dikarenakan, mobil bisa mengangkut lebih banyak penumpang antara 9-10 orang. Selain itu, mobil tidak membuat penumpang atau pengendaranya kepanasan akibat terkena panas matahari secara langsung. Hal ini, tentu saja membuat mobil menjadi salah satu alat transportasi primadona bagi banyak orang di seluruh dunia.

Bagi Anda yang ingin punya mobil, namun pesimis dengan penghasilan yang Anda dapatkan. Sebaiknya, jangan cemas dan menyerah begitu saja. Karena, Anda bisa mendapatkannya dengan cara menabung dari hasil gaji Anda meski hanya berpenghasilan 2 juta. Lalu, bagaimana caranya? Inilah tips dan trik menabung untuk bisa membeli mobil hanya dengan gaji 2 juta. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

  1. Tentukan Jenis Mobil yang Sesuai dan Diinginkan

Hal pertama yang harus Anda lakukan, saat ingin membeli mobil adalah menentukan jenis dan tipe mobil seperti apa yang sesuai dengan budget Anda. Cara ini, berarti sangat berkaitan erat dengan kondisi finansial Anda. Dengan menentukan jenis dan tipe mobil, maka Anda akan mengetahui dan mempertimbangkan apakah kondisi finansial Anda cukup untuk membeli mobil yang diinginkan tersebut?Sebagai pemulaan dalam membeli mobil pertama, mungkin Anda bisa membeli mobil berupa kendaraan city car dibandingkan jenis-jenis kendaraan mewah lainnya. Jika penghasilan Anda perbulannya sebesar 2 juta atau lebih, maka Anda bisa mencoba untuk menabung dengan menyisihkannya sampai terkumpul dana sesuai harga mobil yang diinginkan.

  1. Membuka Usaha Kecil untuk Menambah Pendapatan Anda

Setelah menentukan jenis mobil yang sesuai dan diinginkan, hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan membuka usaha kecil-kecilan untuk menambah pendapatan Anda. Jika penghasilan perbulan Anda dirasa belum bisa mencukupi untuk membeli mobil yang sudah ditentukan, maka solusinya adalah dengan membuka usaha lain yaitu berupa usaha kecil-kecilan agar pendapatan yang didapatkan lebih besar. Misalnya membuka usaha makanan ringan, online shop, hingga pulsa elektrik. Dengan bertambahnya pendapatan usaha, tentu saja hal ini dapat membantu Anda untuk membeli mobil.

  1. Sisihkan Pendapatan Mulai dari Rp 1 Juta Sampai Rp 1,5 Juta Per-Bulan

Tips dan trik berikutnya, sisihkan pendapatan Anda mulai dari 1 juta hingga 1,5 juta setiap bulannya. Konsistensi ini, tentunya akan membantu Anda dalam menabung untuk membeli mobil yang diinginkan. Dengan penghasilan per-bulan sebesar 2 juta, maka Anda bisa menyisihkannya untuk pengeluaran bulanan sebesar 500 ribu sampai 1 juta. Sementara sisanya, digunakan menabung untuk membeli mobil. Ingat, jangan habiskan semua pendapatan Anda untuk menabung. Sebab, tetap saja Anda tidak boleh melupakan kebutuhan sehari-hari Anda untuk bertahan hidup.

  1. Carilah Pekerjaan Sampingan

Pekerjaan sampingan, juga dapat membantu Anda dalam mengumpulkan dana untuk membeli mobil. Pekerjaan sampingan seperti freelance merupakan salah satu solusi yang bisa menambah penghasilan Anda, jika dilakukan dengan waktu yang fleksibel. Tidak hanya bisa dilakukan dengan waktu yang fleksibel, namun pekerjaan sampingan ini juga memiliki keuntungan lebih yaitu pendapatan atau gaji yang lumayan. Hal ini, tentu berbeda dengan bekerja sebagai karyawan di perusahaan. Bekerja sebagai freelance, Anda tetap bisa menentukan sendiri permintaan gaji. Jadi, Anda bisa memiliki tambahan uang untuk tabungan membeli mobil dari pekerjaan sampingan tersebut. Oleh karena itu, jangan remehkan pekerjaan sampingan. Justru, di sini Anda harus pandai mencari peluang agar bisa menambah pendapatan per-bulannya.

  1. Simulasikan Rencana Anda

Terakhir, hal yang perlu Anda perhatikan saat akan membeli mobil adalah simulasikan rencana. Satu-satunya cara awal yang bisa dilakukan adalah menabung, hingga Anda bisa mendapat uang muka Rp 10 juta-Rp 20 juta. Berarti, dalam kurun waktu 13 bulan Anda sudah memiliki uang yang cukup untuk membayar uang muka mobil.

Demikian 5 tips dan trik menabung untuk bisa membeli mobil hanya dengan gaji 2 juta. Terapkan cara-cara mengatur keuangan untuk bisa membeli mobil di atas, minimal tips ini dapat membantu Anda dalam mencari cara menabung untuk membeli mobil dari penghasilan Anda sendiri. Hal yang terpenting, Anda harus bisa berkomitmen dalam mencapai target Anda tersebut.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: