Keuangan

Investasi Gagal? Jangan Panik Dulu, Lakukan 5 Hal Ini!

investasi-gagal

Seperti berbisnis, melakukan investasi juga punya risiko tidak berhasil atau gagal. Maka dari itu Anda sebagai orang yang gemar berinvestasi seharusnya memahami akan hal ini. Sayangnya tidak sedikit para investor yang paham dengan risiko ini dan akhirnya panik dan stress saat invetasinya tidak berhasil. Padahal invetasi yang gagal ini sendiri bisa diatasi dengan beberapa cara. Maka dari itu bila Anda mendapati bahwa investasi yang Anda lakukan mengalami kegagalan maka Anda jangan langsung panik dulu. Tapi cobalah untuk tenang dan kemudian lakukan beberapa hal berikut ini untuk mengantisipasinya.

  1. Hindari Mengambil Keputusan yang Terburu-buru

Pertama, hal yang bisa Anda lakukan untuk mengantisipasi investasi yang gagal adalah dengan tidak terburu-buru mengambil keputusan. Memang tidak jarang investor yang dalam keadaan panik ketika mendapati investasinya gagal lantas mengambil keputusan dengan terburu-buru. Tapi sayangnya saat mereka mengambil keputusan secara terburu-buru ternyata tidak didapatkan solusi yang tepat. Alih-alih memperoleh jalan keluarnya, mereka yang terburu-buru mengambil keputusan ketika investasinya gagal membuat keadaan semakin runyam dan memburuk. Beberapa contoh tindakan buru-buru yang sering dilakukan para investor ketika mendapati kegagalan berinvestasi adalah menyuntikkan dana segara atau melepas seluruh investasi. Jadi saat Anda mengalami kegagalan, Anda memang harus bersikap tenang dulu.

  1. Cermati dan Cari Masalah Utamanya

Setelah Anda bisa bersikap tenang, maka hal berikutnya yang perlu Anda lakukan saat mendapati investasi yang gagal adalah mencermati dan mencari masalah utama dari kegagalan tersebut. Jadi ambilah waktu untuk beberapa saat dan pikirkan apa yang menjadi penyebab dan masalah terjadinya kegagalan tersebut. Bila perlu lakukan investigasi secara mendalam untuk menemukan penyebab atau masalah utama tersebut. Dengan mengetahui penyebab atau masalah utama dari kegagalan investasi ini maka Anda akan lebih mudah untuk mengambil keputusan untuk solusi atas kegagalan tersebut.

  1. Jangan Enggan Konsultasi dan Belajar Kembali

Berikutnya, hal yang harus Anda lakukan saat mendapati investasi gagal adalah berkonsultasi dan belajar bisnis kembali. Bila Anda kesulitan mendapatkan solusi atas masalah kegagalan yang telah teridentifikasi maka Anda memang perlu mendatangi ahlinya untuk berkonsultasi. Tanyakan pada mereka solusi apa yang terbaik untuk permasalahan kegagalan investasi yang Anda dapati. Dengan bertanya dan berkonsultasi dengan ahlinya maka Anda akan bisa mendapatkan solusi terbaik dari kegagalan investasi tersebut. Beberapa orang yang ahli dan dapat Anda temui untuk berkonsultasi antara lain manager investasi atau pihak perusahaan penanaman modal dan pakar investasi berpengalaman.

  1. Ambil Keputusan yang Tepat

Setelah memperoleh jawaban serta solusi dari para ahli investasi maka langkah berikutnya yang perlu Anda lakukan untuk bisa mengatasi investasi yang gagal adalah mengambil keputusan yang tepat. Semua keputusan pada akhirnya memang kembali pada Anda. Walau Anda telah mendapatkan banyak masukan dari para ahli, tapi keputusan tentang apa yang akan Anda ambil sebagai solusi tetap berada di tangan Anda. Tapi sebelum mengambil keputusan, Anda harus sudah mempertimbangkan segala risikonya. Sebab keputusan atas solusi ini pastinya juga mengandung risiko. Pertimbangan atas risiko ini sendiri harus berdasarkan pada keuntungan dan juga potensi akan investasi tersebut di masa depan. Bila memang invetasi ini memiliki potensi keuntungan yang lebih besar dari risikonya maka Anda bisa melajutkannya. Tapi bila ternyata risikonya lebih besar dibanding potensi keuntungan di masa depan maka Anda bisa meninggalkan investasi tersebut.

  1. Jangan Lelah dan Menyerah untuk Mencoba Kembali

Terakhir, hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi investasi yang gagal adalah dengan tidak lelah dan menyerah untuk mencobanya kembali. Seperti dalam bisnis, Anda sebagai investor juga diharuskan untuk memiliki sikap pantang menyerah. Jadi Anda yang ingin mencapai sukses dalam investasi memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tapi untuk mencapai kesuksesan investasi tersebut Anda perlu perjuangan dan proses. Selain itu saat Anda menemui kegagalan dalam proses meraih kesuksesan tersebut Anda tidak boleh putus asa dan langsung menyerah. Alih-alih menyerah, Anda harus bangkit dan menjadikan kegagalan tersebut sebagai pengalaman untuk menjalankan investasi dengan lebih baik lagi.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top