Tips

Isi Ulang Pulsa Bisa Bikin Kantong Anda Bokek? Yuk Atasi dengan Tips Ini!

Tanpa Anda sadari, isi ulang pulsa terus menerus bisa membuat Anda bokek lho. Walaupun uang yang dikeluarkan hanya Rp. 50 ribu ataupun Rp. 100.000, tetap saja itu adalah pengeluaran yang sebenarnya sangat memboroskan. Beberapa orang mungkin mendapatkan fasilitas tunjangan untuk telekomunikasi, namun justru banyak orang kebobolan dan over budget akibat hal ini. Apalagi, kewajiban isi ulang pulsa tidak hanya berlaku untuk telepon saja namun juga untuk kuota internet. Pasalnya, di era digital saat ini semua sudah serba terhubung dengan internet. Ditambah lagi adanya fitur mesin pencarian dan media sosial, hal ini membuat masyarakat menjadi semakin ketergantungan terhadap ponsel. Nah, jangan sampai masalah isi ulang pulsa ini membuat dompet Anda terkuras ya. Namun dibalik setiap permasalahan, tentu saja ada solusi yang bisa dilakukan. Berikut cara cerdas untuk menghemat pulsa dan kuota internet yang bisa Anda praktikkan di dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Cari dan Manfaatkan Wifi Gratis

Cara cerdas yang pertama untuk menghemat pulsa dan kuota internet adalah mencari dan memanfaatkan wifi gratis. Belakangan ini hampir semua tempat umum seperti cafe, restoran, mall, sekolah, kampus, rumah sakit, bahkan stasiun pun menyediakan wifi gratis. Nah, dengan adanya wifi gratis ini maka Anda bisa memanfaatkannya agar bisa lebih menghemat pulsa dan kuota internet. Jika Anda ingin browsing, bermain media sosial atau update aplikasi, maka sebisa mungkin Anda manfaatkan wifi saja. Selain memanfaatkan wifi, sebaiknya gunakan kuota internet di ponsel Anda hanya untuk keperluan mendesak seperti mengirim email saat dijalan ataupun saat menggunakan peta untuk petunjuk arah saja. Jangan lupa, non aktifkan fitur update otomatis di ponsel Anda agar tidak kecolongan dan bikin kuota cepat habis. Hal inilah yang sering kali diabaikan banyak orang, sehingga membuatnya harus mengisi ulang pulsanya. Meskipun menghemat kuota, Anda jangan lantas menjadi fakir wifi yah alias sering minta tethering mobile hotspot. Bisa-bisa, Anda di cap pelit dan bahkan di cap tidak bermodal oleh orang lain.

  1. Jangan Keseringan Nonton Streaming atau Youtube dengan Kuota Data Internet

Dulu, paket kuota 2 giga dianggap sudah besar dan bisa bertahan lama. Namun, sekarang ini cuma bisa bertahan hanya dalam 10 hari saja. Hal ini dikarenakan, banyak orang yang rata-rata menggunakan data internet untuk menonton Youtube atau bermain media sosial. Jika Anda menonton Youtube saja, artinya data internet yang dikeluarkan untuk bisa streaming vidio jauh lebih besar yaitu sebanyak 2,91 MB per-menitnya. Makanya, jika tidak ada wifi sebaiknya tahan dulu keinginan Anda untuk membuka Youtube tersebut. Jika hal itu dilakukan tanpa wifi, tentu kuota data internet Anda bisa terkuras dan ujung-ujungnya cepat habis. Jadi, fikir-fikir lagi untuk menggunakan data internet agar terhindar dari pemborosan pulsa.

  1. Jangan Keseringan Main Game tanpa Memakai Wifi

Selain streaming atau Youtube, terlalu sering main game juga menjadi alasan kenapa kuota data internet Anda cepat habis. Bagi Anda yang mempunyai anak, terkadang mereka suka merengek karena ingin meminjam ponsel untuk bermain game. Atau mungkin Anda sendiri yang hobi bermain game? Apalagi, saat ini hampir semua game yang diunduh di Google Playstore membutuhkan koneksi internet. Oleh karena itu, sebaiknya jangan keseringan main game jika tidak ada jaringan wifi. Sama seperti aplikasi, game juga membutuhkan update secara berkala. Jadi, jangan anggap remeh hal ini karena kuota yang dipakai bisa sangat besar lho.

  1. Belilah Paket Data Saat Ada Promo

Biar tidak rugi, beli saja paket internet atau pulsa di saat ada promo. Mungkin, beberapa provider jarang mengadakan promo pembelian paket data SMS blast. Tapi, ternyata ada juga provider yang memiliki program promo ini lho. Nah, saat ada diskon untuk pembelian paket data maka cobalah membelinya. Sekalipun kuota data internet Anda masih ada, tidak ada salahnya bukan mengambil kesempatan ini. Dari pada Anda melewatkan kesempatan ini, lebih baik beli saja toh paket data Anda juga akan terpakai.

  1. Manfaatkan dengan Baik Fasilitas Dual Simcard di Ponsel Anda

Bagi Anda yang mempunyai ponsel dual simcard, manfaatkan saja dengan baik. Jika memiliki ponsel dual simcard, selanjutnya belilah simcard dengan dua fungsi yang berbeda. Simcard yang pertama untuk telepon dan satu simcardnya lagi untuk kepentingan instant messaging dan browsing. Hal ini sangat untung apabila dilakukan, karena pengeluaran Anda untuk isi ulang pulsa bisa menjadi lebih terkontrol.

Nah, apakah sudah jelas bagaimana cara menghemat dan mengatasi pemborosan pulsa yang bisa membuat kantong Anda bokek? Pastikan untuk selalu mengingat 6 tips di atas, supaya Anda bisa lebih bijak dalam menggunakan pulsa dan kuota internet. Selamat mencoba!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top