Keuangan

Jadi Freelancer Juga Bisa Lakukan Investasi Kok, Begini Caranya!

investasi-freelancer

Menjadi freelancer saat ini memang dapat menjadi salah satu pilihan profesi yang dipilih. Meski tidak memiliki pekerjaan dan pendapatan yang tetap, namun dengan mulai pesatnya perkembangan teknologi online, membuat pekerjaan untuk freelancer ini semakin banyak didapati. Dari semakin banyaknya pekerjaan yang bisa didapatkan freelancer sekarang ini maka membuat kesempatan untuk berinvestasi jadi semakin terbuka. Tapi untuk benar-benar bisa berinvestasi sebagai seorang freelancer Anda tidak semudah itu bisa melakukannya. Namun untuk bisa berinvestasi dengan sukses, Anda harus menjalankan strategi khusus. Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan freelancer untuk dapat melakukan investasi.

  1. Target Pendapatan Per-Bulan

Pertama, cara yang bisa dilakukan freelancer untuk melakukan investasi adalah dengan menetapkan pendapatan per-bulan. Pendapatan yang tidak menentu yang diperoleh freelancer memang merupakan faktor yang membuat banyak dari mereka mengalami kegagalan dalam berinvestasi. Tapi sesungguhnya bila mereka memiliki kesungguhan untuk berinvestasi maka sebenarnya keadaan pendapatan yang tak menentu ini bisa dicarikan solusinya dengan cara mentarget pendapatan per-bulan. Sebagai menjalankan profesi freelancer selama ini, tentu ada pendapatan yang tak pernah kurang dari nominal tertentu kan. Nominal tertentu yang tak pernah kurang dari pendapatan freelancer dalam satu bulan inilah yang kemudian disebut dengan pendapatan tetap. Nah dari pendapatan tetap inilah Anda harus menetapkan target bahwa nominal tersebut haruslah selalu ada setiap bulannya. Dari sini Anda tinggal melakukan investasi dari sisa target pendapatan atau pendapatan tetap per-bulan.

  1. Pastikan Pendapatan Per-Bulan Melebihi Target

Berikutnya, cara yang bisa dilakukan freelancer untuk bisa berinvestasi adalah memastikan pendapatan per-bulan melebihi target. Memang akan percuma bila pendapatan Anda hanya mencapai target saja tanpa kelebihan. Sebab bila Anda hanya mencapai target pendapatan per-bulan saja maka Anda hanya bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari yang memang perlu dipenuhi. Tapi jika Anda bisa memperoleh pendapatan yang melebihi target maka hal ini akan membuat Anda bisa mendapatkan sisa dana untuk kemudian digunakan berinvestasi.

  1. Tentukan Nominal Investasi Sebulan

Setelah mampu mendapatkan target penghasilan perbulan serta melebihkan nominal target, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan sebagai freelancer untuk berinvestasi adalah menentukan nominal investasi dalam sebulan. Nominal investasi dalam sebuah untuk ditabung ini memang harus ditentukan. Pasalnya, mungkin Anda memiliki manajemen finansial lain untuk menyimpan guna keperluan darurat. Nah dari sinilah maka Anda perlu menentukan berapa banyak nominal untuk investasi dan berapa banyak nominal untuk keperluan lainnya, seperti keperluan darurat tadi. Untuk menentukan besaran nominal berinvestasi dalam sebulan ini maka Anda harus menyesuaikannya dengan jenis investasi yang dipilih. Sebab investasi televisi dan rumah bisa jadi jumlahnya berbeda karena invetasi rumah yang terbilang lebih mahal.

  1. Pilih Investasi yang Sesuai

Selanjutnya, cara yang bisa dilakukan freelancer untuk berinvestasi adalah dengan memilih investasi yang sesuai. Saat ini investasi memang banyak jenisnya. Nah dari sini maka Anda yang akan melakukan investasi harus cermat menentukan jenis investasi yang sesuai dengan kebutuhan dan juga pastinya budget. Anda juga perlu mewaspadai investasi-investasi bodong yang bersifat penipuan. Dengan makin ramainya orang yang membuka kesempatan berinvestasi memang membuat Anda tak bisa lagi seenaknya menentukan pilihan. Alih-alih dengan seenaknya menentukan pilihan investasi, Anda harus melakukan survei untuk mencari informasi mengenai investasi yang akan Anda ambil.

  1. Lakukan dengan Konsisten

Terakhir, cara yang bisa Anda lakukan sebagai freelancer untuk berinvestasi adalah dengan menjalankannya secara konsisten. Konsistensi memang menjadi sesuatu yang penting untuk Anda meraih keberhasilan untuk menerapkan beberapa hal di atas. Bila Anda tidak melakukan cara-cara di atas dengan konsisten maka hal ini akan menjadi sesuatu yang percuma. Hal ini dikarenakan Anda tidak akan bisa mengumpulkan uang dari pekerjaan Anda sebagai freelancer untuk berinvestasi. Tapi bila Anda melakukan cara-cara di atas secara konsisten dan terus-menerus maka Anda pastinya akan bisa mengumpulkan uang untuk kemudian Anda gunakan untuk berinvestasi.

Demikianlah beberapa cara yang bisa dilakukan para freelancer untuk bisa melakukan investasi. Dengan penuh keyakinan dan melakukanya dengan sungguh-sungguh bukan tidak mungkin Anda akan sukses berinvestasi meski Anda berstatus sebagai freelancer yang tidak memiliki pekerjaan tetap.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top