Keuangan

Jadilah Istri Sekaligus Menantu Idaman yang Cerdas dalam Mengatur Keuangan

Namanya juga wanita, terkadang ada saja yang ingin dibelinya meskipun tidak benar-benar dibutuhkan. Namun sebagai istri yang telaten dalam mengelola keuangan, tentu saja akan disayang oleh suami bahkan juga menarik perhatian mertua lho. Pasalnya, istri yang bisa telaten dalam mengatur keuangan adalah menantu idaman yang bertanggung jawab atas keuangan keluarga mulai dari biaya transportasi, uang saku anak, keperluan dapur, semua cicilan dan masih banyak lagi. Nah, bagi Anda seorang istri yang belum bisa menjadi istri idaman. Yuk, simak tips jitu menjadi istri sekaligus menantu idaman yang cerdas dalam mengatur keuangan berikut ini.

  1. Rutin Membuat Anggaran Belanja

Tips jitu pertama untuk menjadi istri dan menantu idaman yang harus Anda lakukan adalah rutin membuat anggaran belanja. Sebenarnya, membuat anggaran belanja bukanlah sesuatu yang sulit. Meskipun demikian, banyak juga orang yang kesulitan melakukannya dengan baik. Hal ini bisa saja terjadi, karena tidak terlatih atau Anda terlalu sibuk dengan urusan kantor. Nah, bagi Anda yang belum terlatih sebaiknya mulailah dari sekarang untuk membuat anggaran belanja. Kenapa harus membuat anggaran belanja? Sebab, anggaran belanja ini bisa membantu Anda untuk mengetahui kisaran biaya yang akan dikeluarkan setiap bulannya. Dengan melakukan ini, tentu Anda akan lebih mudah dalam mengatur setiap pengeluaran dengan baik. Namun, ada baiknya jangan sampai terlalu menekan pengeluaran yang bisa membuat Anda terkesan pelit yah.

  1. Memisahkan Uang Sesuai Pos-nya

Istri idaman yang baik, biasanya juga lihai memisahkan uang sesuai pos-nya. Setelah menerima uang dari suami, seorang istri seharusnya memisahkan uang kepada setiap pos yang menjadi suatu kebutuhannya. Contohnya, Anda memisahkan uang dari suami sebesar Rp. 1 juta yaitu untuk biaya anak sekolah dan Rp. 2 juta untuk keperluan dapur dan lain sebagainya. Untuk membantu Anda agar lebih praktis, maka Anda bisa memisahkannya ke dalam sebuah amplop terpisah. Lalu, berikan keterangan pada setiap amplop untuk mencegah terjadinya kesalahan membelanjakan uang.

  1. Pandai Menabung

Coba bayangkan, jika seorang istri selalu berlaku boros setiap harinya. Tentu saja keuangan yang dikelolanya akan acak-acakan bukan? Untuk menjadi seorang istri idaman, sebaiknya kebiasaan boros yang melekat pada diri Anda tersebut dihilangkan secara perlahan. Mulailah belajar hidup hemat, agar gaji yang dierima dari suami bisa memiliki sisa setiap bulannya. Nah, sisa dari gaji inilah yang nantinya akan dimasukan ke dalam rekening tabungan keluarga Anda.

  1. Melirik Investasi yang Menguntungkan

Jika Anda seorang istri yang memiliki sedikit pengetahuan tentang arus pergerakan ekonomi, maka sebaiknya bergabunglah dengan salah satu produk investasi yang paling tepat. Anda tidak perlu takut untuk melakukan investasi ini, karena justru investasi ini merupakan produk keuangan yang menguntungkan lho. Ada banyak jenis investasi yang bisa Anda pilih yaitu emas, reksadana, deposito, saham dan masih banyak lagi. Namun sebelum bergabung dengan produk investasi, rajin-rajinlah membaca tren investasi yang sesuai dan menguntungkan untuk membantu Anda menentukan pilihan.

  1. Memilih Asuransi untuk Perlindungan Keluarga

Terakhir, istri yang telaten mengatur keuangan tentunya harus tahu tentang produk asuransi. Baik itu asuransi kendaraan, asuransi pendidikan, asuransi properti, asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan dan asuransi perjalanan. Anda harus tahu, bahwa setiap asuransi di atas memiliki fungsi yang berbeda-beda. Misalnya saja asuransi kesehatan yang berfungsi sebagai pertanggungan ketika salah seorang anggota keluarga Anda terserang sakit dan harus dirawat. Selain sebagai perlindungan keluarga, asuransi juga menjadi solusi perencanaan jangka panjang untuk keluarga Anda. Jika semua anggota keluarga Anda sehat dan tidak sakit, maka secara otomatis tidak ada biaya yang dipotong oleh perusahaan asuransinya. Ketika asuransi jatuh tempo, berarti Anda akan menerima imbal hasil yang cukup besar lho.

Itu dia tips jitu menjadi seorang istri dan menantu idaman yang cerdas dalam mengatur keuangan. Menjadi seorang wanita, sudah pasti tidak boleh egois atau hanya memikirkan dirinya sendiri bukan? Akan tetapi, menjadi seorang istri haruslah memikirkan keluarga, suami dan anak. Dengan dilakukannya penataan keuangan yang sehat, maka hal ini akan membawa keluarga pada kondisi finansial yang sehat juga. Oleh karena itu, mulailah mengatur keuangan dengan baik dari sekarang. Jangan terus menunda-nunda, karena mengambil hati suami dan mertua tentu saja tidak mudah dilakukan.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top