Peluang Usaha

Jalankan Bisnis Ayam Potong? Hindari 6 Kesalahan Ini

bisnis-ayam-potong

Dengan tingginya permintaan daging ayam, membuat para peternak ayam potong tak sepi dari permintaan atau order. Maka dari itu Anda yang menjalankan bisnis ayam potong akan memiliki banyak peluang untuk mendapatkan penghasilan besar. Tapi seperti bisnis lainnya, usaha ayam potong juga memiliki beberapa kelemahan yang perlu dihindari pebisnis. Sayangnya kelemahan ini seringkali tidak disadari para pebisnis sehingga memicu munculnya kesalahan. Maka dari itu agar bisnis ayam potong Anda tidak gagal, maka sebisa mungkin Anda sebagai pebisnis mampu menghindari beberapa kesalahan berikut ini.

  1. Tidak Memperhatikan Kualitas Kandang

Pertama, kesalahan yang perlu Anda hindari saat menjalankan bisnis ayam potong adalah tidak memperhatikan kualitas kandang. Bagi sebuah makhluk hidup termasuk ayam, tempat tinggal memang penting untuk mendukung kehidupannya. Bila tempat tinggalnya yang berupa kandang ini kualitasnya buruk, tentu hal tersebut dapat mempengaruhi kesehatan ayam. Begitu juga sebaliknya, bila kandangnya baik, maka ayam pun bisa hidup sehat. Jika ayam sudah hidup sehat maka kualitas dagingnya pun akan menguntungkan saat dijual. Kandang yang berkualitas sendiri memiliki kriteria luas tanpa sekat. Sebab bila kandang yang ada sempit dan jumlah ayam banyak, maka hal ini bisa membuat ayam tidak sehat karena kekurangan oksigen. Apalagi bila cuaca yang sedang berlangsung sedang ekstrem maka ayam bisa cepat sakit dan bukan tidak mungkin mati.

  1. Memberikan Pakan Seenaknya

Tidak hanya pengaruh dari kandang, tapi kualitas daging dari ayam potong juga ditentukan oleh kualitas pangan yang diberikan. Seperti juga manusia, pangan pada ayam juga bisa mempengaruhi kesehatannya. Bila Anda memberikan pangan secara sembarangan maka hal tersebut dapat membuat ayam tidak sehat dan tidak menghasilkan daging berkualitas. Untuk itu agar Anda bisa mendapatkan daging ayam potong yang berkualitas dan baik untuk dijual maka pemberian pangan harus diperhatikan dengan seksama.

  1. Tidak Memperhatikan Kesehatan Ayam

Berikutnya, bentuk kesalahan yang perlu dihindari bagi Anda para pebisnis ayam potong adalah tidak memperhatikan kesehatan ayam. Untuk memiliki ayam sehat dan berkualitas memang tidak hanya butuh pakan dan kandang yang baik. Tapi ayam juga perlu diberikan vitamin dan vaksin yang tepat. Bila ada ayam yang sakit karena terkena virus, Anda harus segera memisahkannya dari ayam lainnya agar penyakitnya tidak menyebar.

  1. Cari Buyer dengan Permintaan Tinggi

Salah satu permasalahan yang seringkali dialami para peternak atau pebisnis ayam potong adalah harga jual yang murah karena dijual pada tengkulak. Nah untuk menghindari harga jual murah dan mendapatkan keuntungan besar maka Anda perlu mencari pembeli langsung. Lebih-lebih bila Anda bisa mendapatkan buyer yang selalu membutuhkan ayam potong dalam jumlah besar, maka akan semakin berkali-kali lipat keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Mencari pembeli langsung sendiri tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Sebab saat ini ada banyak tempat makan dari yang berskala kecil hingga besar yang membutuhkan daging ayam untuk olahan menu sajiannya. Anda bisa mengandalkan media online sebagai sarana untuk membantu Anda dalam mencari pembeli atau buyer tersebut.

  1. Mengatur Keuangan Bisnis dengan Buruk

Untuk bisa terus mengembangkan bisnis apapun, termasuk bisnis ayam potong memang dibutuhkan pengelolaan atau manajemen keuangan yang baik. Sebab dari keadaan finansial yang sehat dan baik inilah maka bisnis akan menjadi lebih mudah untuk dikembangkan. Sayangnya para pebisnis ayam potong yang kebanyakan masih berskala kecil ini kurang memahami pentingnya manajemen keuangan. Hal ini terlihat dari tidak adanya pencatatan keuangan yang rapi serta penggunaan uang usaha untuk pentingan pribadi. Padahal apa yang dilakukan para pebisnis tadi adalah hal yang bisa membuat keuangan bisnis jadi kacau-balau. Maka dari itu untuk menghindarinya, pastikan Anda bisa melakukan pengaturan atau manajemen keuangan bisnis dengan sebaik-baiknya.

  1. Tidak Menjaga Keamanan dengan Baik

Terakhir, kesalahan yang harus dihindari oleh para pebisnis ayam potong adalah dengan tidak menjaga keamanan. Di lapangan, kasus pencurian ayam ini memang sudah banyak terjadi. Tidak hanya itu hadirnya binatang pemangsa ayam seperti ular dan tikus bisa juga membuat Anda mengalami kerugian. Maka dari itu agar Anda terhindar dari kerugian, pastikan Anda untuk menjaga keamanan kandangan ayam dengan baik. Pastikan kandang ayam selalu aman dari tindak pencurian dan juga gangguan binatang pemangsa.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top