Tips

Jalankan Bisnis Kuliner? Ketahui Cara Menampilkan Menu Makanan Supaya Terlihat Lebih Menarik

buku-menu-kuliner

Berbisnis kuliner saat ini memang tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan. Selain karena tingkat persaingan yang tinggi, selera makan masyarakat yang juga semakin berkelas, membuat setiap pebisnis kuliner harus menjalankan usahanya dengan serius. Salah satu bentuk usaha yang bisa dijalankan oleh pebisnis kuliner adalah dengan membuat tampilan menu makanan yang menarik. Menu makanan memang bisa menjadi senjata untuk menarik konsumen datang dan membeli kuliner yang Anda jual. Untuk bisa membuat konsumen tertarik dengan menu manakan yang ada, maka Anda harus bisa menampilkannya dengan bagus. Nah, untuk dapat menampilkan menu makanan supaya terlihat lebih menarik ini maka Anda bisa menerapkan beberapa cara berikut ini.

  1. Lakukan Pengelompokan Menu

Pertama, cara yang bisa Anda lakukan untuk menampilan menu makanan supaya terlihat lebih menarik adalah dengan melakukan pengelompokan menu. Cara ini bisa Anda awali dengan memisahkan menu makanan dan minuman. Setelah itu Anda bisa memisahkan atau mengelompokkan lagi jenis makanan yang Anda jual, misalnya asian food, west food atau nusantara food. Menu minuman yang Anda jual juga bisa Anda pilah-pilah sesuai kelompoknya, seperti minuman panas atau minuman dingin. Dengan cara pengelompokan menu inilah maka tampilan menu makanan bisnis Anda akan terlihat lebih menarik. Selain membuat tampilan yang menarik, cara pengelompokan ini juga bertujuan untuk memudahkan konsumen untuk memilih makanan dan minuman yang disukai dengan cepat.

  1. Kualitas Foto Terbaik

Untuk membuat konsumen tertarik pada menu makanan yang Anda jual tentu gambar terbaik menjadi hal yang tak bisa dilewatkan. Kualitas foto memang menjadi harga mutlak yang tak bisa diabaikan. Semakin bagus kualitas foto maka akan semakin baik pula tampilan menu makanan yang akan dihasilkan. Begitu pula sebaliknya, semakin buruk kualitas foto yang dihasilkan maka akan semakin jelek pula tampilan menu makanan yang dihasilkan. Untuk mendapatkan kualitas foto terbaik sendiri Anda tidak perlu jago atau mahir ilmu fotografi. Namun supaya memperoleh kualitas foto ternaik untuk tampilan menu makanan ini Anda cuma perlu membuat pengambilan sudut foto yang tepat dan juga resolusi tinggi. Jangan lupa pula hadirkan menu makanan dengan penataan terbaik Anda yang akan difoto agar saat orang yang melihatnya langsung tertarik.

  1. Bermain dengan Tipografi

Tipografi adalah suatu seni dan teknik memilih dan menata huruf atau font untuk bisa menarik perhatian. Nah, dalam mengatur tampilan menu makanan tipografi ini juga sangat diperlukan. Sebab dengan memakai tipografi maka akan muncul kesan yang dinamis. Tapi karena saat ini banyak jenis huruf atau font yang bisa didapati maka Anda harus berhati-hati memilih yang tepat dan sesuai dengan bisnis kuliner Anda. Jangan sampai Anda menggunakan font yang malah membuat orang yang melihat jadi tak terkesan. Misalnya saja bisnis kuliner Anda menarget pasar masyarakat ekonomi kelas atas, maka font yang harus Anda gunakan adalah font formal yang profesional. Begitu pula Anda yang menjalankan bisnis kuliner dengan target pasar kaum muda, maka penggunaan font yang non-formal akan menjadi pilihan yang tepat.

  1. Pemilihan Warna yang Tepat

Setelah memilih font, cara selanjutnya yang harus Anda lakukan untuk membuat tampilan menu yang menarik adalah dengan menggunakan warna yang sesuai. Warna juga sesuatu yang penting dan tak bisa disepelekan begitu saja. Ini karena dari warna ini konsumen bisa merespon dan menilai bisnis kuliner Anda. Supaya bisa membuat konsumen tertarik dengan menu makanan Anda, maka usahakan memilih warna yang sesuai dengan tema bisnis kuliner yang dijalankan. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan warna yang akan Anda hadirkan dengan target pasar bisnis. Seperti misalnya Anda menarget pasar anak muda, maka warna-warna cerah adalah pilihan yang tepat. Sementara untuk menarget kalangan high class, maka penggunaan warna-warna elegan seperti abu-abu, putih dan hitam bisa menjadi pilihan yang tepat.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk bisa membuat tampilan menu makanan pada usaha kuliner jadi terlihat lebih menarik. Karena menu makanan ini adalah sesuatu yang pasti ada, maka supaya bisnis kuliner Anda jadi yang terdepan, maka beberapa cara di atas jangan sampai Anda lupakan.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top