Peluang Usaha

Jalankan Bisnis Mainan? Coba Terapkan 5 Strategi Jitu Ini!

bisnis-mainan

Mainan adalah benda yang tak pernah lekang waktu peminatnya. Meski target pasarnya anak-anak yang notabene tak punya uang. Tapi kecintaan orangtuanya pada anak, membuat mainan ini terus mendapat respon pembelinya. Tapi karena saat ini bisnis mainan ini tingkat persaingannya terbilang tinggi, maka Anda yang ingin menjalankannya perlu memiliki dan menjalankan strategi-strategi khusus. Nah,berikut ini adalah beberapa strategi jitu yang bisa Anda terapkan untuk menjalankan bisnis mainan.

  1. Pilih Lokasi Penjualan yang Banyak Didatangi Anak-anak

Pertama, strategi jitu yang bisa Anda terapkan untuk menjalankan bisnis mainan adalah memilih lokasi jualan. Seperti bisnis-bisnis lainnya, usaha jualan mainan juga membutuhkan lokasi yang tepat. Karena target pasar bisnis ini adalah anak-anak maka Anda harus bisa menempatkan lokasi berjualan Anda di tempat-tempat yang ramai anak-anak. Beberapa lokasi yang mumpuni untuk berjualan mainan ini adalah seperti dekat playgroup, dekat tempat hiburan anak-anak, dekat tempat bermain anak-anak dan lainnya. Namun untuk berjualan secara offline di tempat-tempat tadi, maka Anda memang harus mempersiapkan dana untuk sewa tempat. Nah, bila Anda memang belum punya dana, maka berjualan online akan jadi solusi yang tepat.

  1. Jual Mainan yang Aman dan ber-SNI

Saat ini jenis mainan memang sangat banyak sekali. Banyak produsen yang tertarik membuat mainan menjadikan ada banyak pilihan yang bisa dibeli konsumen. Tapi karena banyaknya jenis mainan yang berbahaya dari bahan atau penggunaanya, maka kemudian muncul standarisasi untuk mainan-mainan ini. Standarisasi yang ada di Indonesia sendiri kita kenal dengan nama SNI (Standar Nasional Indonesia). Dengan adanya produk mainan SNI ini maka tentu orangtua akan lebih concern pada mainan berstandar tersebut karena dinilai lebih aman untuk anak-anaknya. Karena sudah banyak orangtua yang sudah cerdas memilih mainan yang aman, maka Anda juga harus menjual mainan yang aman. Nah mainan yang aman dan sudah terstandarisasi ini tentu yang berlabel SNI.

  1. Hadirkan Mainan Berkualitas dan Beragam

Selain aman karena ber-SNI, Anda juga tidak lupa untuk menjual mainan yang berkualitas dan beragam jenisnya. Kualitas memang selalu menjadi pilihan bagi setiap konsumen. Dengan kualitas maka mainan akan jadi lebih awet. Dari sini meski harganya sedikit lebih mahal namun konsumen yang ingin mainan untuk anaknya ini awet, pasti akan memilihnya. Dari sinilah maka Anda harus menjual mainan-mainan yang berkualitas. Selain berkualitas, jangan lupa juga untuk menjual mainan yang banyak ragamnya. Dengan banyak ragam mainan yang Anda jual, pastinya akan membuat peluang meraih pembeli semakin besar.

  1. Manfaatkan Momen Tertentu

Berikutnya, strategi jitu berbisnis mainan yang bisa Anda jalankan adalah dengan memanfaatkan momen tertentu. Seperti kita tahu anak-anak memang bisa saja mendapatkan apa yang dia sukai, termasuk mainan pada waktu-waktu atau momen-momen tertentu. Salah satu contoh momen tertentu yang mumpuni untuk Anda agresifkan penjualan adalah masa lebaran. Ketika lebaran, anak-anak akan banyak mendapatkan uang. Nah dari sini maka Anda akan berpeluang besar menaikkan omset bila mengaressifkan penjualan pada masa lebaran tersebut. Beberapa momen lain yang perlu Anda maksimalkan adalah seperti momen kenaikan kelas, liburan sekolah dan lainnya.

  1. Lakukan Negosiasi yang Menguntungkan dengan Supplier

Terakhir, strategi jitu yang bisa Anda terapkan untuk berbisnis mainan adalah dengan melakukan negosiasi yang menguntungkan dengan supplier. Untuk mendapatkan barang atau mainan yang akan Anda jual pastinya Anda membutuhkan supplier. Nah untuk bisa mendapatkan laba yang lumayan dari penjualan bisnis mainan maka Anda harus mampu melakukan penawaran atau negosiasi yang menguntungkan. Tidak hanya mengenai harga barang, dalam negosiasi ini Anda juga harus membicarakan juga soal persyaratan, metode pembayaran, potongan harga yang bisa didapatkan atau hal penting lain yang perlu dibicarakan. Dengan negosiasi yang tepat dan mumpuni dengan supplier untuk kepentingan bisnis Anda, maka apa-apa yang Anda targetkan untuk omset yang semakin terus meningkat, akan bisa Anda capai.

Itulah beberapa strategi jitu yang bisa Anda terapkan dalam bisnis mainan. Tentu supaya beberapa strategi jitu ini berhasil, maka dibutuhkan perjuangan yang ekstra keras dan juga konsisten.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top