Bisnis Online

Jalankan Bisnis via Instagram? Hindari 7 Kesalahan Ini

kesalahan-jualan-di-instagram

Menjalakan bisnis dengan strategi pemasaran Instagram saat ini memang menjadi primadona banyak pengusaha. Dengan semakin ramainya pengguna Instagram memang menjadikan pemasaran berbasis Instagram ini semakin mumpuni. Tapi sayangnya tidak semua pebisnis mampu menjalankan pemasaran bisnis dengan Instagram ini dengan baik. Pasalnya dengan kesalahan yang dibuat, memang dapat membuat apa yang Anda rencanakan dalam strategi pemasaran Instagram ini jadi berantakan dan gagal. Nah berikut ini adalah beberapa kesalahan yang semestinya harus Anda hindari ketika menjalankan bisnis dengan strategi pemasaran Instagram.

  1. Foto Kurang Bagus

Instagram yng merupakan media sosial berbasis gambar memang membuat Anda harus menghadirkan foto yang bagus. Ini memang merupakan dasar dan faktor serta kekuatan utama dari Instagram yang perlu Anda selalu perhatikan. Jika foto yang Anda hadirkan tidak bagus maka hal ini akan memunculkan kesalahan yang bisa berbuntut kegagalan strategi bisnis. Ini karena foto yang tidak bagus akan membuat orang yang melihat akun instagram ini akan tidak tertarik atau tidak berminat. Foto yang dinyatakan tidak bagus ini sendiri bisa berkaitan dengan banyak hal seperti sudut pandang, konsep atau resolusinya. Jadi agar strategi pemasaran via Instagram yang Anda jalankan berhasil maka pastikan untuk selalu memosting foto yang terbaik.

  1. Feed yang Berantakan

Walaupun Anda sudah meng-upload foto-foto yang bagus, tapi bila Anda tidak mengatur feed dengan rapi maka akan percuma saja. Feed instagram yang berantakan memang akan membuat orang yang melihatnya jadi malas. Sebaliknya, Anda yang mampu menghadirkan feed Instagram yang rapi maka Anda akan berpeluang untuk menarik konsumen membeli produk Anda. Ini karena saat konsumen melihat feed Instagram bisnis Anda rapi mereka senang dan tertarik.

  1. Membeli Likes atau Followers

Saat ini likes dan followers memang bisa Anda tingkatkan dengan cara membelinya. Dengan jumlah akun robot yang dimiliki, beberapa pihak memang kemudian menjadikannya sebagai lahan usaha menjual likes atau followers. Beberapa pebisnis yang menjalankan strategi pemasaran Instagram memang ada yang kemudian tertarik membeli likes dan followers. Tentu bila Anda melakukannya juga, hal ini merupakan sebuah kesalahan. Sebab, likes dan followers yang Anda beli bersifat sementara dan tidak bersifat permanen. Karena saat Anda sudah berhenti berlangganan membeli maka likes dan foloowers Instagram bisnis Anda akan menurun.

  1. Asal Memakai Hashtag

Kode hashtag memang sesuatu yang penting untuk bisnis Anda mampu menarik pembeli. Maka dari itu saat akan memposting sesuatu di Instagram, Anda jangan lupa untuk menuliskan hashtag tertentu sesuai postingan dan bisnis Anda. Tapi karena keterbatasan hashtag yang bisa dicantumkan dalam setiap postingan, maka Anda harus cermat memilih hashtag yang tepat. Sebab bila pebisnis menggunakan hashtag yang tidak tepat maka hal ini akan membuat bisnis Anda jadi sulit ditemukan pembeli.

  1. Melakukan Spamming

Berikutnya, kesalahan yang harus dihindari pebisnis yang menjalankan pemasaran via Instagram adalah spamming. Spamming atau menuliskan komentar secara beruntun di akun-akun postingan orang lain memang oleh pihak Instagram dianggap sebagai sesuatu yang mengganggu. Maka dari itu tidak jarang akun-akun spamming ini kemudian dibanned atau diblokir. Sebenarnya, tidak perlu menunggu pihak Instagram memblokir akun Instagram Anda, karena sebenarnya melakukan spamming ini secara konsep adalah sebuah kesalahan. Akun-akun bisnis yang sering melakukan spamming memang sudah dicitrakan publik sebagai bisnis yang tidak profesional.

  1. Jarang Posting

Bisnis yang jarang memposting akun Instagramnya memang lama-kelamaan bisa ditinggalkan oleh para followersnya. Selain itu bagi visitor baru, akun Instagram yang jarang diposting akan dianggap sebagai bisnis yang tidak serius. Dari sini maka kegiatan memposting akun Instagram ini sangatlah penting. Anda yang jarang memposting akun Instagram bisnis merupakan sebuah kesalahan fatal yang seharusnya dihindari.

  1. Posting Terlalu Sering

Terakhir, kesalahan yang harus dihindari pebisnis yang menjalakan pemasaran via Instagram adalah melakukan postingan yang terlalu sering. Meskipun Anda diharuskan selalu meng-update akun Instagram bisnis, tapi Anda juga harus menjaga intensitasnya. Sebab akun Instagram yang diposting dengan intensitas yang terlalu sering akan membuat citra bisnis Anda menurun di mata konsumen karena dianggap terlalu mengganggu beranda. Solusinya, cobalah untuk memposting dengan intensitas yang cukup, tidak terlalu lama dan juga tidak terlalu sering.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top