Keuangan

Jangan Anggap Remeh, 4 Masalah Keuangan Ini Ternyata Bisa Bikin Persahabatan Retak!

Sahabat memang bisa dibilang segalanya, karena dia selalu ada di saat suka maupun duka. Selain itu, biasanya sahabatlah yang paling mengerti Anda mulai dari kegiatan sehari-hari hingga masalah keuangan. Bicara soal keuangan, ternyata beberapa orang mengalami keretakan dalam persahabatannya. Hal ini dipicu oleh banyak hal, salah satunya karena Anda ingin mempertahankan persahabatan atau bahkan karena saking sudah akrabnya Anda dan sang sahabat. Namun jangan salah lho, karena saking akrabnya Anda dan sahabat ternyata bisa bikin hubungan retak atau bahkan berseteru. Lalu, hal seperti apa sih yang bisa memunculkan perseteruan dengan sahabat hanya karena masalah keuangan tersebut? Berikut 4 masalah keuangan yang sering dianggap remeh, padahal bisa bikin persahabatan menjadi retak.

  1. Ngutang dalam Jumlah Kecil, Namun Dia Sering Lupa Membayar

Masalah keuangan yang sering dianggap remeh, padahal bisa bikin Anda dan sahabat berseteru bahkan menjadi retak adalah ngutang dalam jumlah kecil namun sering lupa membayar. Saat bersama sahabat, biasanya Anda tidak akan merasa ragu dan canggung. Karena sudah saking akrabnya, masalah pinjaman dalam jumlah kecil pun sering kali diabaikan. Misalnya, sahabat Anda sedang tidak punya uang. Karena ingin naik Go-Jek, akhirnya dia meminjam uang kepada Anda sebesar Rp. 5 ribu untuk membayar Go-Jek tersebut. Namun, saat bertemu dengan Anda dia lupa membayar kembali utangnya tersebut. Jika hal ini dilakukan sekali dua kali sih masih wajar, tetapi jika dilakukan keseringan bisa-bisa utangnya numpuk. Memang agak sulit untuk menagih nominal kecil seperti ini, namun jika sudah kebiasaan Anda harus mengingatkan mengenai kebiasan buruknya tersebut. Dari pada Anda memendam sendiri, tentu saja solusinya Anda harus bicara secara langsung dengannya. Ingat, bicaralah secara halus dan baik-baik serta jangan sampai menyingung perasaan yang bisa menimbulkan perseteruan.

  1. Sering Membual Jika Ditanya Soal Uang

Sahabat sering menceritakan soal uangnya, ternyata juga bisa membuat hubungan persahabatan menjadi retak dan berseteru. Jika bukan dia, apa ternyata Anda yang sering lakukan hal ini? Jika sahabat Anda yang sering lakukan hal ini, maka Anda bisa menasehatinya untuk mengurangi kebiasaan tersebut. Ingatkan kebiasannya tersebut bisa membuat orang lain berfikir bahwa dia terlalu pamer membicarakan uang yang dimiliki. Di samping itu, kebiasaannya itu bisa bikin orang lain ingin mendekatinya hanya karena harta atau uangnya saja. Akan tetapi jika justru Anda yang melakukannya, maka berupayalah dari sekarang untuk berhenti dan mengerem perkataan yang bisa membuat Anda terkesan pamer.

  1. Terlalu Sering Meminjam Uang

Sahabat Anda masih punya utang, namun dia ingin meminjam lagi uang untuk membeli sesuatu. Anda bisa saja meminjamkan uang kepadanya, tetapi esok harinya dia meminjam lagi dan lagi. Jika sahabat Anda terlalu sering meminjam uang seperti ini, padahal utang yang sebelumnya belum dia lunasi maka Anda harus segera bertindak dengan cara mengingatkannya atau memberinya suatu pelajaran. Saat sahabat Anda ingin meminjam uang lagi, katakan bahwa Anda bukan tidak ingin membantunya namun perbuatannya cukup membuat Anda terganggu. Selain dengan cara itu, Anda juga bisa mengingatkan dia bahwa Anda pun sedang membutuhkan uang dan tidak ingin memboroskannya. Untuk itu, Anda bisa menolak dengan tegas untuk meminjamkan uang kepadanya di kemudian hari. Dengan demikian, sahabat Anda bisa berfikir bahwa Anda adalah sahabat yang harus dimengerti bukan karena hanya ingin uangnya saja.

  1. Terlalu Pelit atau Boros

Pelit atau boros, kedua sikap ini sama-sama tidak baik. Jika Anda terlalu pelit, maka sahabat akan ilfeel. Sedangkan jika Anda atau sahabat terlalu boros, malah akan membuat persahabatan kalian tidak bertujuan dan bahkan menimbulkan perdebatan terus menerus. Apabila hal ini benar terjadi, solusinya adalah Anda dan sahabat harus menetapkan aturan untuk saling mengingatkan jika salah satu diantara kalian terlalu boros atau bahkan sebaliknya. Hal ini dilakukan, agar Anda dan sahabat bisa saling meraih goal masing-masing. Sayang bukan, kalau persahabatan kalian retak hanya karena kedua sikap yang boros dan malah membuat Anda tongpes tersebut? Oleh karena itu, jagalah sikap Anda dan berusahalah untuk saling memahami satu sama lain agar tidak menimbulkan perselisihan. Dewasalah dalam berfikir, pilih cara yang baik dan tidak membuat persahabatan kalian menjadi rugi dan retak.

Itu dia 4 masalah keuangan yang bisa membuat persahabatan retak dan berseteru. Dari poin-poin tadi mana yang paling sering dihadapi? Semoga dengan adanya artikel ini, kalian bisa saling mengingatkan kembali agar tidak terjadi keretakan dan perseteruan dalam persahabatan hanya karena masalah keuangan.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top