Bisnis Online

Jangan Biarkan 5 Hal Sepele Ini Membuat Bisnis Online Anda Alami Kerugian

hal-sepele-bisnis-online

Menjalankan bisnis online saat ini memang banyak menjadi pilihan orang. Dengan semakin besarnya pengguna intenet dan semakin mendukungnya fasilitas yang ada, membuat bisnis di dunia maya semakin berkembang. Meski begitu fenomenal, bisnis online tetap saja memiliki beberapa masalah dan juga kekurangan. Bahkan tidak hanya itu, beberapa hal sepele juga bisa membuat bisnis online mengalami kerugian dan keterpurukan. Dari adanya beberapa hal sepele yang bisa memunculkan kerugian inilah, maka Anda yang menjalankannya harus ekstra waspada untuk bisa mengantisipasinya. Nah berikut ini adalah beberapa hal sepele yang bisa membuat bisnis online alami kerugian.

  1. Foto Produk Kurang Menarik

Pertama, hal sepele yang bisa membuat bisnis online alami kerugian yaitu foto produk yang kurang menarik. Dalam bisnis online dimana pembeli tidak bisa melihat dan memegang produk secara langsung maka foto menjadi komponen yang begitu penting untuk dioptimalkan. Sayangnya tidak semua pebisnis online memahami hal ini sehingga mereka meng-upload foto produk yang asal-asalan. Foto asal-asalan yang biasanya di-upload ke platform online ini biasanya berwujud foto dengan resolusi yang kurang dan juga foto tanpa perencanaan. Tentu saja foto asal-asalan yang upload ke platform online mana pun akan membuat calon konsumen jadi kurang tertarik. Jika calon konsumen sudah tidak tertarik maka akan sulit akan terjadi transaksi pembelian dan akan bisa membuat Anda mengalami kerugian.

  1. Deskripsi Produk Kurang Lengkap

Dengan alasan malas tidak sedikit pebisnis online yang membuat deskripsi yang pendek. Meskipun pembeli Anda sudah memahami produk yang Anda jual, tapi dengan deskripsi yang terlalu singkat yang ditampilkan, hal ini membuat visitor atau calon konsumen kurang tertarik. Dari deskripsi yang terlalu singkat, beberapa calon konsumen juga ada yang berpikir bahwa Anda kurang serius menjalankan bisnis online. Belum lagi kemungkinan konsumen yang merasa tertipu dengan pembeliannya karena deskripsi yang kurang lengkap. Dengan alasan yang sama yakni tidak adanya kemampuan konsumen melihat dan merasakan produk secara langsung, maka transaksi secara online ini memang bisa menyebabkan pembeli merasa tertipu bila deskripsinya tidak jelas. Dari semua hal tersebut maka penulisan deskripsi yang tidak lengkap dan tidak jelas tersebut bisa menyebabkan bisnis online mengalami kerugian.

  1. Website Lemot Ketika Diakses

Berikutnya, hal sepele yang bisa membuat bisnis online Anda alami kerugian yakni website yang lola atau loading lambat saat diakses. Anda yang menjalankan bisnis online berbasis platform website, maka Anda memang harus mengantisipasi lemotnya akses. Jangan sekali-kali menganggap bahwa visitor akan dengan sabar menunggu loading website Anda. Sebab tidak semua visitor memiliki sikap yang demikian. Nah dari sikap konsumen yang bisa jadi kurang sabar dalam merespon akses website yang lambat inilah maka harapan Anda untuk meningkatkan penjualan akan sulit terwujud. Dari sini bila Anda biarkan berlarut-larut, hal tersebut akan membuat bisnis online Anda terancam kerugian.

  1. Lama Merespon Konsumen

Sama halnya dengan menunggu akses website yang lemot, menunggu respon jawaban dari penjual sangat dirasakan begitu membosankan bagi konsumen. Saat konsumen sudah merasakan kebosanan maka akan muncul rasa sebal dan jengkel. Jika konsumen sudah sebal dan jengkel karena lamanya menunggu respon dari Anda sebagai penjual, maka hal ini bisa membuat mereka kecewa dan tidak mau membeli. Maka dari itu sebagai penjual atau pebisnis online sudah menjadi kewajiban Anda untuk merespon konsumen dengan cepat saat mereka bertanya atau sekalipun mereka mengajukan komplain.

  1. Melupakan Promo

Terakhir, hal sepele yang seringkali tidak dijalankan pebisnis online dan membuat usahanya mengalami kerugian yakni melupakan promo. Mungkin Anda menganggap bahwa promo ini tidak begitu penting karena hanya menguntungkan pembeli saja. Perlu Anda ketahui bahwa di zaman yang begitu ketat persaingannya seperti sekarang membuat metode marketing dengan konsep promo begitu banyak mendominasi pasar. Nah karena banyaknya pebisnis lain yang menjalankan konsep marketing promo maka bagaimana kemudian bisa membuat konsumen berpaling pada Anda bila hanya bertahan pada strategi lama. Jadi dari sini bila Anda tidak ingin mengalami kerugian, pastikan Anda sewaktu-waktu menghadirkan promo. Strategi promo sendiri ada banyak macamnya seperti diskon, gratis ongkir, cashback, undian dan lain sebagainya.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top