Keuangan

Jangan Diabaikan! Ini Alasan Kenapa Gaji Anda Tidak Mengalami Peningkatan

Di samping Anda bekerja, ada banyak kebutuhan yang harus dipenuhi setiap bulannya. Dengan terpenuhinya kebutuhan sehari-hari, maka tentu ini berpengaruh pada kualitas kehidupan Anda. Berbicara soal kebutuhan, apakah gaji bulanan Anda sudah merasa cukup untuk memenuhi semua kebutuhan hidup? Jika ternyata pos pengeluaran telah diatur, namun hanya cukup untuk sekedar hidup saja tanpa bisa melakukan tujuan keuangan lainnya. Maka, besar kemungkinan gaji Anda memang tidak mencukupi. Hal ini bisa saja terjadi, karena gaji Anda tidak mengalami peningkatan alias pas-pasan. Jika pendapatan Anda  terbilang tetap dan tidak kunjung mengalami peningkatan. Cari tahu, apa penyebab gaji Anda sehingga tidak dapat mengalami peningkatan. Ternyata, memang ada beberapa alasan yang menyebabkan gaji tidak kunjung mengalami peningkatan. Berikut ulasannya.

  1. Kemampuan Kerja yang Terlalu Standar dan Tidak Istimewa

Anda merupakan seorang karyawan yang telah bekerja cukup lama, bahkan tergolong ke dalam kategori senior di kantor. Dalam posisi ini, ternyata Anda hanya memiliki kemampuan kerja yang biasa-biasa saja. Melihat dari situasinya saja, bisa dipastikan kenaikan gaji akan sulit terlaksana. Sebab pada umumnya, perusahaan membutuhkan karyawan yang serba bisa. Dengan memiliki karyawan yang serba bisa dan memiliki sejumlah kemampuan yang luar biasa, maka perusahaan akan sangat senang melihat potensi karyawan yang berpotensi memajukan perusahaannya. Sebaliknya, jika perusahaan memiliki karyawan yang hanya memiliki kemampuan standar maka perusahaan pun hanya bisa menghargai dengan sejumlah gaji yang standar juga. Jika tidak ingin hal ini terjadi pada diri Anda, maka cobalah merubah diri dan pola pikir Anda untuk menjadi karyawan yang lebih baik. Sehingga, gaji Anda bisa dinaikkan oleh pihak perusahaan karena melihat usaha Anda yang baik dan memuaskan.

  1. Tidak Berkonsultasi Secara Langsung dengan Atasan

Jika Anda menerima gaji dalam jumlah yang sedikit dan tidak kunjung mengalami kenaikan dalam kurun waktu yang cukup lama, sebaiknya konsultasikan hal ini secara langsung dengan atasan Anda. Jangan pernah takut untuk mencoba, karena bisa jadi atasan Anda tidak merasa keberatan untuk menaikkan gaji Anda.

  1. Terlalu Nyaman dengan Kondisi Tempat Kerja

Anda sangat paham betul, bahwa perusahaan tidak dapat membayar karyawannya dengan cukup baik. Meskipun demikian, Anda enggan mencari pekerjaan lain karena alasan nyaman dengan kondisi tempat kerja yang begitu menyenangkan seperti adanya rekan-rekan kerja yang baik. Dengan alasan yang cukup masuk akal ini, Anda seolah merasa tidak keberatan untuk terus bekerja meskipun atasan tidak menaikkan gaji Anda.

  1. Tidak Menunjukkan Progres yang Cukup Baik Selama Bekerja

Jika Anda telah bekerja dengan perusahaan dalam kurun waktu yang cukup lama, maka bisa dipastikan bahwa Anda telah merasakan asam garamnya bekerja di tempat kerja tersebut. Dalam keadaan seperti ini, bisa jadi Anda telah mengalami banyak peningkatan di dalam kemampuan bekerja. Dimana Anda mengalami posisi lain, yaitu berpindah posisi jabatan sebanyak satu atau dua kali. Hal ini, tentunya di ganjar dengan sejumlah kenaikan gaji. Namun, ada juga sebagian orang yang mengalami hal sama meskipun hanya memiliki peningkatan sedikit saja dalam kemampuan kerjanya. Jika Anda berada dalam posisi ini, bisa dipastikan bahwa posisi Anda masih akan berada di tempat yang sama yaitu posisi yang berbanding lurus dengan gaji tidak mengalami kenaikan.

  1. Merasa Minder Karena Tidak Percaya Diri pada Kemampuan Kerja

Anda seorang karyawan yang memiliki kemampuan kerja cukup baik, termasuk daya saing dengan sejumlah tenaga kerja baru yang ada di kantor. Selain kemampuan kerja yang cukup baik, Anda juga memiliki daya cakap dan bisa berkembang bersama perusahaan. Namun disamping kelebihan yang Anda miliki tersebut, Anda malah merasa minder karena tidak percaya diri pada kemampuan kerja sendiri. Harus diketahui, bahwa sifat buruk ini merupakan sebuah hambatan bagi karir dan juga gaji di perusahaan. Jika Anda memiliki sifat buruk ini, sebaiknya hindari secepat mungkin. Kalau tidak, perusahaan akan menilai Anda sebagai karyawan standar dengan resiko gaji yang juga standar dan jarang mengalami kenaikan.

Carilah Pekerjaan Baru yang Gajinya Lebih Baik

Jika Anda terus menerus mengalami kendala yang menghambat naiknya gaji, maka segera liat atau berintropeksi pada diri Anda sendiri. Apa saja yang masih kurang di dalam diri Anda, lalu upayakan untuk segera berbenah dan memperbaiki diri. Namun,  jika semua koreksi telah Anda lakukan tetapi tidak kunjung menemukan solusi. Maka, sudah waktunya Anda meninggalkan perusahaan dan mencari pekerjaan baru yang gajinya lebih baik.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: