Tips

Jangan Frustasi Saat Investasi Anda Mengalami Kegagalan, Tapi Lakukan 5 Cara Ini!

 

Investasi menjadi salah satu cara yang banyak diminati dan dilakukan untuk mendapatkan sejumlah keuntungan dan memperkuat kondisi keuangan, baik melalui investasi jangka pendek maupun jangka panjang. Namun faktanya, tidak semua orang berhasil mempraktekkan investasi dengan baik bahkan ada yang mengalami kegagalan saat berinvestasi. Hal ini seringkali dialami oleh siapa saja, termasuk mereka yang sudah berpengalaman di dunia investasi. Jika gagal berinvestasi, tentu sudah jelas bahwa investasi tersebut tidak akan tercapai dengan baik. Dalam kondisi seperti ini, sejumlah kerugian mungkin juga akan mempengaruhi keuangan Anda. Oleh karena itu, Anda harus bisa mengambil keputusan yang paling tepat agar kondisi keuangan tidak memburuk. Karena jika Anda mengambil keputusan yang salah, pasti akan membuat kondisi keuangan Anda semakin memburuk. Lalu, bagaimana langkah yang harus dilakukan saat investasi Anda gagal? Yuk, simak dan lakukan 5 caranya berikut ini.

  1. Jangan Mengambil Keputusan yang Terburu-Buru

Saat Anda mengetahui bahwa investasi yang selama ini dijalankan mengalami kegagalan, besar kemungkinan saat itu juga Anda akan mengalami kepanikan dan kesedihan. Hal ini terbilang wajar, apalagi jika Anda mengalami kerugian yang cukup besar. Meski demikian, Anda tidak disarankan untuk mengambil keputusan yang terburu-buru saat hendak memperbaikinya agar tidak semakin merugikan. Seperti menyuntikkan dana segar, melepas seluruh investasi dan lain-lain. Namun, cobalah untuk berfikir sejenak dengan fikiran yang dingin dan tenang. Setelah Anda menemukan dan mempertimbangkan beberapa alternatif untuk diambil keputusan yang terbaik, maka lakukan keputusan tersebut dengan perlahan tanpa terburu-buru.

  1. Identifikasi dan Tentukan Alternatif Pemecahan yang Menjadi Masalah Utamanya

Pada umumnya, investasi yang gagal mengalami beberapa kendala yang dapat membuat perkembangannya tidak berjalan sesuai rencana. Berbagai kendala tersebut bisa terjadi di luar prediksi, sehingga sangat penting untuk di cermati dengan lebih teliti. Untuk mengambil keputusan yang terbaik Anda harus mengidentifikasi, merumuskan dan menentukan alternatif pemecahan yang menjadi masalah atau penyebab utama kegagalan investasi. Lakukan pengidentifikasian masalah dengan sedetail mungkin, sehingga Anda dapat menemukan sumber permasalahannya. Dengan begini, Anda akan sangat terbantu untuk mengambil keputusan yang terbaik guna memperbaiki investasi yang sedang dijalankan.

  1. Konsultasi dan Belajar Kembali Mengenai Investasi

Sebagai penginvestasi yang ingin sukses, Anda tidak boleh enggan berkonsultasi dengan ahlinya atau mereka yang terlibat dalam kegiatan investasi yang sedang dijalankan. Seperti, berkonsultasi dengan manager investasi atau pihak perusahaan tempat Anda menanamkan modal. Hal ini sangat penting dilakukan, sehingga membantu Anda untuk lebih memahami setiap kendala yang terjadi di dalam kegiatan investasi tersebut. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mempelajari secara lebih detail mengenai investasi yang sedang dijalankan serta menemukan berbagai solusi dan alternatif pemecahan masalah yang terbaik dengan bantuan mereka.

  1. Segera Ambil Keputusan yang Paling Tepat

Meskipun investasi yang dijalankan mengalami kegagalan, namun bukan berarti Anda harus segera berhenti atau melepaskan tanpa mencermatinya terlebih dahulu. Karena, ada banyak hal yang mempengaruhi sehingga menimbulkan kegagalan investasi yang bisa dipelajari kembali secara detail. Dalam hal ini, Anda perlu menimbang kembali segala risiko serta potensi keuntungan yang diraih dari investasi tersebut. Dengan demikian, Anda dapat mengambil keputusan yang paling tepat. Apabila investasi tersebut masih cukup menjanjikan dan layak dipertahankan untuk dikelola dengan lebih baik, maka lanjutkanlah. Namun, jika ternyata investasi tersebut malah akan semakin merugikan Anda maka sebaiknya lepaskan dan cari investasi lain yang lebih tepat dan menguntungkan.

  1. Jangan Ragu untuk Mencoba Kembali

Tidak semua orang berhasil dalam berinvestasi, apalagi orang yang menjalankannya tidak memiliki cukup ilmu mengenai investasi tersebut. Saat investasi yang dijalankan ternyata mengalami kegagalan, bukan berarti Anda harus menyerah dan lantas berhenti begitu saja. Sebagai orang yang ingin sukses berinvestasi, Anda harus berani untuk mencobanya kembali. Justru saat Anda menyerah dan putus asa, maka di situlah Anda menerima kegagalan serta tidak melakukan upaya untuk memperbaikinya. Sedangkan jika Anda berani untuk mencobanya kembali, maka itu artinya Anda sudah membuka peluang kesuksesan dalam investasi tersebut. Jadi, Anda harus memiliki keberanian untuk mencoba kembali agar keuangan Anda tetap lebih baik dan menguntungkan di masa mendatang.

Kegagalan dalam berinvestasi merupakan hal yang lumrah, karena siapa saja bisa mengalaminya. Agar bisa mengambil keputusan yang paling tepat, Anda perlu mempelajari secara detail penyebab kegagalannya. Pahamilah dengan baik, sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal dalam keuangan Anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top