Peluang Usaha

Jangan Hanya Mengandalkan Uang dari Penghasilan Utama Saja. Yuk Coba Profesi yang Pas untuk Dijadikan Sumber Penghasilan Kedua!

Mumpung umur Anda masih muda dan punya banyak waktu, maka pekerjaan utama boleh saja diambi denga pekerjaan sampingan. Namun, carilah pekerjaan sampingan yang sederhana dan tidak begitu memakan waktu lebih banyak daripada pekerjaan utama. Meskipun sederhana, pekerjaan sampingan juga bisa menghasilkan uang tambahan yang lumayan besar lho. Apalagi, jika pekerjaan utama Anda dirasa tidak begitu memberikan penghasilan yang besar. Nah, menjalankan pekerjaan sampingan bisa menjadi salah satu solusi yang tepat untuk memperbanyak pundi-pundi rupiah. Lantas, apa saja profesi yang pas untuk dijadikan sumber penghasilan kedua? Simak ulasannya berikut ini yuk.

  1. Menjadi Guru Les Privat 1-2 Kali dalam Seminggu

Guru les privat merupakan profesi sampingan yang cukup populer, baik dikalangan mahasiswa ataupun dikalangan pekerja muda. Tidak ada salahnya bukan untuk mengambil kesempatan emas ini? Sembari Anda mengingat pelajaran yang diterima di sekolah atau kuliah, waktu yang Anda gunakan juga bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Di sini, Anda bisa mengajar anak SD sampai SMA dengan mengajar pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris. Upah yang bisa diterima pun cukup lumayan kok, yaitu untuk sekali pertemuan Anda akan dibayar kira-kira Rp. 50.000-100.000. Namun jika Anda belum mengetahui cara memulainya, maka Anda bisa ikut bergabung bersama bimbel-bimbel yang sedang membutuhkan guru les privat. Meskipun gaji yang diperoleh akan dipotong oleh pihak bimbel, tapi minimal Anda bisa mencari pengalaman dan mendapat murid pertama di sini. Setelah Anda mempunyai banyak koneksi dan murid, baru deh Anda buka les privat milik sendiri. Dengan begini, bisa-bisa pekerjaan utama Anda akan terancam berhenti karena penghasilan dari pekerjaan sampingan ternyata jauh lebih besar dibandingkan pekerjaan utama Anda.

  1. Menjadi Penyelaras atau Penerjemah Bahasa

Jika Anda memiliki hobi nonton film, rekaman konser atau acara tv serta memiliki keahlian berbahasa asing. Maka, menjadi seorang penyelaras atau penerjemah bahasa bisa dipilih sebagai pekerjaan sampingan. Meskipun pekerjaan sampingan, tapi upah yang diterima akan cukup lumayan lho. Untuk setiap proyeknya saja Anda bisa menerima uang ratusan ribu, bagaimana jika banyak proyek dalam sehari? Oleh karena itu, seorang ahli bahasa akan sangat dibutuhkan mengingat masih jarangnya orang berkeahlian di bidang bahasa asing tersebut. Nah, bagi Anda yang memiliki keahlian berbahasa asing maka manfaatkanlah sebagai ladang penghasilan kedua selain pekerjaan utama sehari-hari.

  1. Menjadi Penulis Lepas atau Jurnalis Lepas

Selain menjadi penyelaras atau penerjemah bahasa, Anda juga bisa mencoba pekerjaan sampingan dengan menjadi penulis lepas atau jurnalis lepas. Jenis pekerjaan ini terbilang sangat menjanjikan lho, karena berapapun gaji yang diinginkan Anda bisa mendapatkannya asalkan rajin dan tekun. Untuk memulainya, Anda hanya perlu peralatan seperti laptop, kamera dan internet. Tidak hanya itu, menjadi seorang penulis tentu harus memiliki keahlian dalam bidang menulis. Begitupun jurnalis lepas, tentu Anda harus memiliki keahlian di bidang jurnalistik. Bagaimana dengan pekerjaan utama Anda? Jangan khawatir, karena kedua pekerjaan ini tidak memiliki jam kerja yang jelas kok. Maka dari itu, Anda bisa melakukan dua pekerjaan ini meski dalam waktu yang bersamaan.

  1. Menjadi Fotografer

Menjadi fotografer juga bisa Anda pilih sebagai pekerjaan sampingan. Tidak harus memakai DSLR kok, hanya dengan memakai HP yang kualitas kameranya mumpuni juga bisa. Menjadi fotografer tidak perlu diragukan lagi, karena honor untuk sebuah foto yang akan diterbitkan ke media massa terbilang tinggi. Apalagi, sekarang ini banyak perusahaan yang merekrut pegawai baru untuk menjadi fotografer. Nah, di samping menulis Anda juga bisa jalan-jalan sambil mencari foto-foto yang unik dan sesuai dengan apa yang perusahaan inginkan. Itung-itung Anda refreshing sembari mencari uang bukan?

  1. Menjadi Freelance di Gojek Online

Sekarang ini, gojek online sedang banyak di sorot oleh publik. Karena adanya gojek, kini segala sesuatu bisa dilakukan dengan mudah. Gojek adalah aplikasi online yang bisa membantu siapapun, terutama soal transportasi. Mulai dari Go Ride, Go Car, Go Food, Go Send dan masih banyak lagi. Bagi Anda yang bisa mengendarai motor, mobil atau bahkan memotong rambut, maka menjadi freelance di gojek online akan sangat menguntungkan. Dengan dibantu oleh teknologi internet, maka pekerjaannya semakin mudah dilakukan. Apalagi untuk mendapatkan konsumen, tentu akan lebih mudah dibandingkan dengan ojek biasa.

Nah, itu dia profesi yang pas untuk dijadikan sumber penghasilan kedua. Apapun pekerjaan itu, Anda tidak perlu malu untuk menjalankannya. Yang penting pekerjaan itu halal, apalagi bisa memberikan penghasilan yang lumayan. Jadi, profesi sampingan mana yang akan Anda pilih?

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top