Tips

Jangan Mau Jadi Bawahan Terus, Saatnya Dongkrak Karir Anda Sekarang!

Dalam pekerjaan, Anda pasti ingin mencapai karir yang mapan bukan? Karena dengan memiliki karir yang mapan berarti Anda memiliki posisi atau jabatan yang strategis, gaji dan fasilitas yang baik serta kompensasi lainnya. Namun, bagaimana jika karir Anda mentok dan terus menerus berada di bawah? Padahal, Anda sudah bekerja secara maksimal dan disiplin. Jika Anda merasa demikian, maka sebaiknya jangan berdiam diri dan pasrah begitu saja menerima nasib yang seperti itu. Dari pada Anda bingung dan jadi tidak semangat bekerja, lebih baik intip 6 cara mendongkrak karir agar bisa maju dan sukses berikut ini.

  1. Sering Bersosialisasi dengan Karyawan Divisi Lain

Cara pertama yang harus Anda lakukan untuk mendongkrak karir adalah bersosialisasi dengan karyawan divisi lain. Hal ini dikarenakan, sosialisasi antar karyawan diyakini akan membantu kelancaran Anda terhadap perkembangan karir. Semakin banyak orang yang mengenal Anda, maka semakin besar juga peluang untuk Anda sukses. Selain itu, semakin Anda banyak dikenal orang berarti akan banyak pula orang yang mengetahui kemampuan Anda. Oleh karena itu, bersosialisasilah dan tunjukkan semua prestasi serta kreativitas Anda kepada atasan atau karyawan lainnya. Dengan ini, maka peluang Anda untuk mendapatkan rekomendasi serta promosi jabatan yang lebih tinggi akan semakin terbuka lebar.

  1. Membina Hubungan yang Baik dengan Atasan Anda

Membina hubungan yang baik dengan atasan juga merupakan hal yang wajib dilakukan untuk mendongkrak karir Anda. Sebab, mau seperti apapun Anda tidak bisa mengelak untuk berhubungan dengan atasan atau bos yang memiliki otoritas terhadap kelanjutan karir Anda. Apabila hubungan Anda dengan atasan kurang harmonis, maka hal ini akan menghambat karir Anda. Apalagi, untuk bisa mendapatkan promosi harus melewati rekomendasi atasan bukan? Jadi, ciptakanlah hubungan yang harmonis dengan menciptakan komunikasi yang baik.

  1. Fokus dan Tunjukkan Keahlian Anda

Berikutnya, cara untuk mendongkrak karir yang harus Anda lakukan adalah fokus dan menunjukkan keahlian Anda. Akan tetapi, Anda tidak perlu menonjolkan eksistensi di berbagai bidang untuk mendapatkan perhatian lebih dari atasan. Sebaiknya, fokuskan keahlian Anda di bidang yang memang seharusnya dikuasai di kantor. Nah, dengan cara inilah atasan akan sangat mudah menilai performa kerja Anda yang lebih menonjol.

  1. Mempelajari dan Menguasai Teknologi

Untuk bisa mendongkrak karir, Anda tidak bisa menghindari peranan teknologi. Sebab, teknologi akan sangat membantu Anda terutama untuk memperlancar pekerjaan setiap hari. Contohnya penggunaan internet, komputer, foto copy dan masih banyak lagi. Nah, sekalipun Anda tidak tertarik dengan adanya teknologi tetap saja harus mempelajarinya dengan baik. Lagipula, Anda tidak mau kan terlihat primitif hanya karena berkutat dengan alat-alat yang manual? Oleh karena itu, agar pekerjaan Anda lebih mudah dan cepat selesai maka tidak ada salahnya untuk mempelajari serta menguasai teknologi.

  1. Ikut Bergabung dengan Organisasi di Luar Kantor

Selain bekerja di kantor, untuk mendapatkan relasi yang lebih banyak maka Anda bisa bergabung dengan organisasi di luar kantor. Hal ini dikarenakan, membina hubungan dengan suatu organisasi profesi bisa menjadi suatu lompatan untuk menuju kesuksesan. Jika organisasi yang Anda ikuti tersebut dikenal juga oleh perusahaan, bukan hal yang tidak mungkin Anda bisa mendapatkan kesempatan untuk tampil sebagai pembicara di sebuah seminar. Hal ini, tentu ada point tersendiri di mata perusahaan tempat Anda bekerja. Dari sini, kesempatan Anda untuk mendongkrak karir pun akan semakin terbuka lebar.

  1. Beranikan Diri untuk Mencoba Segala Tantangan

Setelah semua cara di atas Anda lakukan, selanjutnya beranikanlah diri Anda untuk mencoba dan mengahadapi tantangan. Jangan pernah menolak jika Anda ditawari oleh perusahaan untuk menangani proyek yang tergolong berat. Justru, inilah kesempatan Anda untuk unjuk gigi serta menunjukkan keahlian Anda. Tidak hanya itu, di saat rekan kerja merasa ciut saat ditawari hal tersebut maka Anda harus berani melakukan gebrakan. Tentu saja bukan hanya sesumbar, namun persiapkan juga proyek dengan sebaik mungkin. Apalagi, penawaran ini jarang sekali terjadi di perusahaan. Jadi, jika Anda mendapati ini sebaiknya ambil dan manfaatkan dengan sebaik mungkin. Tunjukan bahwa Andalah yang bisa menggebrakkan dan bisa melakukannya dengan sebaik-baiknya.

Itu dia 6 cara mendongkrak karir agar bisa maju dan sukses. Bagaimana? Anda sudah ingin mulai mendongkrak karir sekarang?

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top