Lainnya

Jangan Ragu Agendakan Acara Team Building, Karena Ada Banyak Manfaat yang Bisa Didapat Perusahaan

manfaat-team-building

Untuk mencapai tujuan serta visi dan misi perusahaan memang tidak begitu saja bisa diwujudkan tanpa usaha. Diperlukan sebuah kerjasama antar sesama komponen perusahaan, terutama para pekerjanya. Para pekerja dalam perusahaan memang seperti layaknya seorang tim yang harus selalu bahu-membahu antar sesama untuk mewujudkan tujuan perusahaan. Dari sinilah peran keutuhan dan kekompakan antar sesama karyawan sangat penting untuk diwujudkan untuk menciptakan budaya kerjasama atau gotong royong. Meski Anda punya orang-orang yang bertalenta mumpuni dalam bidang pekerjaannya, tapi tanpa budaya kerjasama maka tujuan perusahaan akan sulit terwujud. Maka dari itu Anda sebagai pemilik perusahaan harus mampu menciptakan kekompakan dan budaya kerjasama pada setiap karyawan yang bekerja. Salah satu cara efektif yang bisa Anda terapkan untuk mewujudkan rasa kompak dan budaya kerjasama adalah kegiatan team building. Dengan mengadakan acara team building ini maka akan ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan. Berikut beberapa manfaat agenda team building tersebut.

  1. Membuat Anggota Tim Saling Mengenal

Pertama, manfaat yang bisa diperoleh dari agenda team building adalah membuat sesama karyawan dapat saling mengenal dengan baik. Meski saat di kantor antar karyawan nampak saling menyapa dan berkomunikasi bisa jadi mereka belum mengenal dengan baik hal-hal lain yang ada pada diri rekan kerjanya. Nah dari kegiatan team building yang Anda adakan maka akan ada kesempatan antar karyawan untuk mengenal lebih dekat satu sama lain. Dan pada acara inti team bulding bisa jadi ada beberapa sifat dan karakter yang selama ini tidak muncul dan tidak dikenali pada diri seorang karyawan dapat diketahui oleh Anda dan karyawan lain. Nah ketika sesama karyawan semakin mengenal satu sama lain maka hal ini akan memudahkan Anda untuk menciptakan budaya kerjasama di perusahaan.

  1. Memperkuat Komunikasi

Bila Anda memiliki beberapa karyawan yang introvert dan pendiam maka kegiatan team building bisa menjadi solusinya. Bekerja memang tak melulu harus diam. Tapi komunikasi yang baik juga diperlukan untuk beberapa hal di momen tertentu seperti presentasi, memberikan arahan dan lainnya. Nah dengan adanya agenda team building maka Anda bisa membuat suasana kekeluargaan lebih mencair dan komunikasi lebih lancar. Dalam agenda team building memang seseorang dituntut untuk saling berkomunikasi agar tantangan yang diberikan bisa teratasi dengan baik. Ketika budaya komunikasi sudah terbentuk dari kegiatan team building maka saat di kantor akan banyak produktivitas kerja yang dapat dicapai karyawan.

  1. Menumbuhkan Motivasi dan Semangat Kolaborasi

Untuk mewujudkan budaya kerjasama yang baik memang dibutuhkan semangat kolaborasi dengan motivasi yang kuat. Nah untuk mencapainya, Anda bisa mengandalkan agenda team bulding. Dalam agenda team buiding yang dipenuhi dengan aneka game yang berkonsep tim memang akan memaksa para karyawan harus saling bekerjasama untuk memecahkan dan memenangkan game yang ada. Nah dari sinilah maka agenda team building akan bisa menumbuhkan semangat kolaborasi dan juga motivasi pada setiap diri karyawan.

  1. Mendapati Karyawan yang Punya Jiwa Leadership

Bagi Anda yang sedang mencari leader atau pemimpin untuk membantu Anda menjalankan perusahaan maka dengan agenda team building ini maka Anda akan bisa mendapatkannya. Pada acara team building yang dilakukan dengan permainan atau game maka akan terlihat karyawan-karyawan yang punya bibit leadership pada diri mereka. Game dalam konsep team building ini memang memiliki tantangan yang harus diselesaikan oleh tim. Nah dari sinilah maka ketika tim coba menyelesaikan game yang memiliki tantangan maka akan terlihat beberapa karyawan yang memiliki leadership. Tidak hanya bisa melihat karyawan yang memiliki leadership, tapi dengan agenda team building maka beberapa karyawan juga bisa melatih jiwa leadership mereka.

  1. Menjadi Ajang Rekreasi Bagi Karyawan

Terakhir, manfaat dari agenda team building yang Anda selenggarakan adalah menjadi ajang rekreasi bagi karyawan. Karyawan yang bekerja setiap hari dengan jeda libur pada akhir pekan saja memang akan membuat kejenuhan pada waktu tertentu. Nah dari sinilah maka untuk mengusir kejenuhan yang dialami karyawan maka Anda bisa mengagendakan acara team building di luar kantor. Dari acara yang digelar di luar kantor dengan berbagai permainan team bulding inilah maka karyawan akan merasakan suasana rekreasi yang juga akan membuat kejenuhan tersingkirkan.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top