Bisnis Online

Jangan Ragu untuk Jadikan Bisnis Go-Online, Sebab Ada 5 Keuntungan yang Bisa Anda Dapatkan

bisnis go-online

Teknologi online yang terus bertumbuh membuat banyak dari bagian kehidupan manusia yang terdampak. Salah satu bagian yang terdampak tersebut adalah bisnis. Seperti kita ketahui bersama saat ini bisnis memang mengalami banyak perubahan. Karena bila dulu seorang pebisnis harus menjual barangnya secara dengan metode tatap muka dengan konsumen. Maka saat ini bisnis bisa dijalankan secara online yang bisa dijalankan dari jarak jauh tanpa harus bertemu konsumen secara langsung. Bisnis online (go-online) memang memiliki banyak kelebihan atau keuntungan dibanding bisnis yang dijalankan secara konvensional (offline). Nah, berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan pengusaha yang menjalankan bisnisnya secara online.

  1. Tidak Perlu Toko Fisik

Pertama, kelebihan dan keuntungan menjalankan bisnis go-online adalah tidak membutuhkan toko fisik. Saat Anda menjalankan bisnis secara offline, tentu Anda membutuhkan tempat atau toko yang perlu biaya. Entah itu biaya membeli toko atau sewa, yang jelas Anda harus merogoh kocek untuk kebutuhan tempat jualan offline. Dan biaya tempat jualana offline ini sendiri terbilang tidak sedikit. Dari sinilah maka bisnis offline cukup berat karena membutuhkan modal besar untuk kebutuhan tempat jualan. Tapi bila Anda menjalankan bisnis secara online (go-online), maka biaya tempat jualan ini bisa dieliminasi. Ini karena saat menjalankan bisnis online, Anda bisa memanfaatkan beberapa platform online yang beberapa diantaranya tidak berbiaya alias gratis.

  1. Bisa Menjangkau Pasar Global

Menjalankan bisnis secara online memang membuat Anda berpeluang menjangkau pasar yang lebih luas. Tidak hanya mencakup pasar nasional saja, sebab bisnis online yang memanfaatkan jaringan internet bisa membuat Anda terhubung dengan pasar mancanegara atau internasional. Dari luasnya jangkauan pasar bisnis online ini tentu Anda sebagai pebisnis akan semakin berpeluang untuk mendapatkan pelanggan lebih banyak. Dan menariknya lagi, besarnya pasar ini bisa Anda dapatkan seketika saat bisnis Anda berada di dunia maya. Tapi bila Anda menjalankan bisnis secara offline saja, maka pangsa pasar Anda hanya disekitar toko tempat Anda berjualan saja.

  1. Jualan 24 Jam Non Stop

Kelebihan lain dari bisnis online (go-online) yang sulit didapati pada  bisnis offline yang konvensional yakni berjualan 24 jam non stop. Memang Anda bisa saja membuka toko fisik selama 24 jam. Tapi jika Anda melakukan hal ini maka butuh banyak biaya, tenaga dan waktu yang perlu Anda keluarkan. Sebab toko yang buka selama 24 jam non stop pastinya sangat melelahkan. Tapi bila Anda menjalankan bisnis secara online, maka saat tidur di malam hari pun, Anda masih berpeluang mendapatkan konsumen. Sebab, sistem online akan terus bekerja di dunia maya selama 24 jam non stop meski perangkat Anda dimatikan atau Anda tinggal beristirahat.

  1. Bisa Dijalankan di Mana-mana

Anda yang memang memiliki banyak agenda atau kegiatan lain maka tak perlu risau saat menjalankan bisnis online. Ini karena bisnis online bisa membuat Anda dapat menjalankannya di mana pun Anda suka. Asal Anda terhubung dengan internet maka Anda pun bisa menjalankan bisnis online ini dimanapun. Jadi Anda yang memiliki kegiatan lain tak akan terganggu dengan bisnis online karena Anda bisa menjalankannya di mana saja, termasuk di rumah atau di tempat kegiatan yang sedang Anda ikuti.

  1. Bisnis Tampak Lebih Profesional

Terakhir, keuntungan dan kelebihan menjalankan bisnis secara online (go-online) adalah membuat bisnis tampak lebih profesional. Bisnis yang memiliki website dan juga beberapa platform online lain seperti media sosial dan instan messaging memang akan nampak lebih modern dan elegan. Nah dari sinilah maka akan muncul kesan profesional dari bisnis yang dihadirkan ke dunia maya (online). Tapi bila Anda menjalankan bisnis secara offline saja, maka usaha Anda akan dipandang sebelah mata. Ini karena di tengah teknologi online yang semakin mewabah, membuat bisnis Anda tidak merambah dunia online dianggap ketinggalan zaman.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari menjalankan bisnis secara online. Dari besarnya manfaat dan keuntungan yang bisa didapatkan dari bisnis online ini tentu seharusnya membuat setiap entrepreneur sadar bahwa menghadirkan usaha di dunia maya sangatlah penting untuk dijalankan.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top