Lainnya

Jangan Remehkan Masa Magang, Sebab Ada Banyak Hal yang Bisa Didapatkan

manfaat-magang

Magang merupakan salah satu fase bagi mereka para siswa SMK atau mahasiswa sebelum terjun ke dunia kerja. Karena merupakan salah satu bagian dari pendidikan, magang menjadi sebuah kewajiban yang harus dijalani. Sayangnya karena merupakan bagian dari proses pendidikan seringkali magang dianggap sebagai sesuatu yang tidak penting. Karena hanya menganggap magang ini sebagai tahapan melewati studi saja, maka saat menjalankannya mereka tidak serius dan asal-asalan. Apalagi banyak dari perusahaan yang tidak memberikan insentif pada mahasiswa yang magang menjadikan mereka semakin tak bersemangat menjalankan magang. Tentu sikap meremehkan seperti ini bukanlah sesuatu yang tepat untuk seorang yang sedang menjalankan magang. Pasalnya, dalam sebuah proses magang ini ternyata ada segudang manfaat yang bisa diperoleh untuk karirnya di masa depan. Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan saat menjalankan magang dengan serius dan sungguh-sungguh.

  1. Memperkaya Pengalaman

Manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan dari menjalankan magang dengan sungguh-sungguh dan serius adalah pengalaman. Magang yang merupakan fase pelatihan bekerja sesuai bidang yang Anda tekuni memang akan membuat Anda mendapatkan banyak pengalaman. Ketika magang Anda akan mendapatkan banyak informasi dan pengetahuan bagaimana nantinya Anda bekerja sesuai pilihan jurusan yang telah Anda tentukan. Saat Anda menjalankan magang dengan sungguh-sungguh maka dengan banyaknya pengalaman yang diperoleh saat magang akan membuat Anda tidak lagi binggung atau canggung saat awal-awal masa bekerja.

  1. Menambah Skill

Ketika Anda magang maka Anda tidak lagi bergelut dengan teori, tapi akan mengerjakan beberapa aktivitas. Nah beberapa aktivitas kerja dalam masa magang inilah yang akan mengasah skill Anda. Pada awalnya skill atau keahlian Anda dalam bekerja memang tidak akan langsung expert. Tapi bila Anda mau menjalankan proses magang dengan sungguh-sungguh bukan tidak mungkin Anda akan mampu meningkatkan skill yang ada. Dengan demikian nantinya ketika Anda akan melamar kerja maka skill Anda sudah teruji dan Anda akan didahulukan untuk diterima oleh perusahaan. Dari sini maka proses magang sangat penting bagi Anda yang ingin meningkatkan skill atau keahlian bekerja.

  1. Menambah Jaringan

Anda yang memang bercita-cita ingin menjadi orang sukses di masa depan tentu membutuhkan jaringan yang luas. Nah pada masa magang inilah Anda bisa memulai dan mengawali jaringan Anda. Saat menjalankan masa magang Anda memang akan bertemu dengan orang-orang yang sudah expert dibidangnya. Nah dari pertemuan Anda dengan CEO (pemimpin perusahaan), manager dan beberapa rekan di perusahaan akan membuat Anda saling mengenal. Dari perkenalan itulah Anda tak boleh meremahkan proses magang. Sebab bisa jadi orang-orang yang dikenal di perusahaan tempat Anda magang akan menjadi partner dan jaringan penting Anda di masa depan.

  1. Membangun Karakter Bekerja yang Baik

Selanjutnya, manfaat penting yang bisa Anda peroleh dari proses menjalankan magang adalah membangun karakter bekerja yang baik. Tentu dalam bekerja, perusahaan hanya akan menjamin karyawan terbaik yang memiliki karaketer bekerja yang baik. Beberapa karakter bekerja yang baik sendiri antara lain disiplin, bertanggung jawab, memberikan yang terbaik dan lainnya. Nah beberapa karakter kerja yang baik ini bisa mulai Anda dapatkan dari tempat magang. Sebab ketika magang Anda akan berkaktivitas seperti pada umumnya bekerja di kantor atau perusahaan. Dengan menjalankan magang dengan sungguh-sungguh maka karakter bekerja Anda akan mulai tumbuh dan hal ini akan membantu Anda nantinya ketika akan mencari pekerjaan. Bahkan bukan tidak mungkin tempat magang Anda yang akan merekrut Anda yang melihat bagaimana giatnya Anda menjalankan proses magang dengan baik.

  1. Modal untuk CV atau Resume

Terakhir, manfaat dan keuntungan menjalankan magang adalah mendapatkan modal untuk mengisi CV (Curriculum Vitae) atau resume. Untuk bisa melamar kerja selepas lulus maka pengalaman kerja yang tertera dalam CV akan menjadi modal. Jika resume dalam lampiran surat pengalaman kerja dari tempat magang Anda baik maka perusahaan akan melihatnya sebagai nilai lebih. Nah dari sinilah peluang Anda untuk direkrut akan semakin besar. Namun untuk bisa mendapatkan nilai resume yang baik dari tempat magang maka Anda harus menjalakan magang dengan serius.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top