Lainnya

Jangan Remehkan, Ternyata Berlibur Adalah Bagian yang Sangat Penting dari Pekerjaan Lho!

Pada umumnya, para pengusaha yang bisnisnya sedang menanjak merasa bangga karena mereka tidak pernah mengambil liburan hanya untuk terus mencari kesuksesan dalam bisnisnya. Bahkan, mereka lakukan hal ini untuk membuktikan bahwa usaha tanpa henti seperti mesin bisa membuat usahanya selalu maju. Namun, sebagian pengusaha lainnya ada yang tetap berlibur meski saat bersantai pun seringkali timbul rasa khawatir dan bersalah karena sedang berjauhan dengan bisnisnya tersebut. Padahal, liburan adalah bagian yang sangat penting dari pekerjaan lho. Selain itu, liburan juga merupakan waktu yang paling bermanfaat untuk menguatkan laju pertumbuhan bisnis yang sedang dijalankan. Dengan berlibur, pikiran Anda akan kembali fokus dan membawa ide-ide yang lebih segar saat ke kantor. Nah, bagi Anda seorang pebisnis atau pengusaha yang setiap hari bekerja tanpa liburan. Sebaiknya, ketahui dan pertimbangkan alasannya dengan baik kenapa berlibur itu sangatlah penting. Berikut adalah beberapa manfaat berlibur yang perlu Anda ketahui dalam urusan pekerjaan.

  1. Liburan Sangat Penting untuk Mengisi Ulang Energi dan Pikiran Anda

Tidak hanya menjaga tubuh agar terhindar dari kelelahan, tapi liburan juga merupakan kewajiban Anda yang harus dipenuhi lho. Tidak ada alasan untuk tidak memanjakan diri sendiri, apalagi hanya karena pekerjaan Anda. Bukankah setiap hari Anda bekerja tanpa henti itu capek dan melelahkan? Ingatlah Anda bukan robot yang bisa terus di pekerjakan, setelah rusak bisa dengan gampang diperbaiki. Anda hanyalah manusia biasa yang pasti ada batasnya dalam mengerjakan apapun, tidak peduli Anda seorang presiden ataupun dokter. Oleh karena itu, berhentilah membuat alasan untuk tidak memperdulikan waktu berlibur. Anda juga harus berpikir, sebenarnya untuk siapa Anda bekerja? Apakah untuk diri sendiri, orangtua, anak atau istri? Jadi luangkanlah waktu untuk kembali berkumpul dengan keluarga sejenak, ajaklah mereka untuk berlibur bersama. Dengan begini, energi dan pikiran Anda akan membaik bahkan lebih baik dari sebelumnya.

  1. Energi dan Pikiran Anda Butuh Pemanasan

Jika selama ini Anda hanya beranggapan bahwa liburan adalah pelarian dari tanggung jawab pekerjaan, maka mulai sekarang ubah anggapan tersebut sebagai esensi untuk meraih kesuksesan yang lebih panjang. Atlit profesional saja butuh pemanasan sebelum memulai aktivitasnya, apalagi Anda seorang pebisnis yang setiap hari memutar otak dan energi. Jadi, Anda juga membutuhkan pemanasan seperti pra-musim yang berguna untuk mengarungi tantangan bisnis setahun kedepan. Dalam kasus ini, pra-musim yang akan Anda jalankan yaitu bersantai sambil menikmati segarnya es kelapa muda di pinggiran pantai yang indah. Wah, masa sih Anda tidak tergiur untuk melakukan hal ini. Toh, ini juga bermanfaat bagi diri sendiri dan bisnis Anda bukan?

  1. Berlibur Bisa Memberi Anda Waktu untuk Merenung dan Memecahkan Masalah

Tidak ada waktu yang paling tepat untuk merenungkan masalah bisnis selain saat liburan bukan? Pada waktu itulah Anda bisa berpikir, apakah bisnis sudah berjalan sesuai harapan? Apakah sekarang ini adalah waktu yang tepat untuk mengembangkan model produksi baru? Nah, cobalah Anda merenung dan berpikir sejenak tanpa gangguan telepon, sms atau email dari kantor agar tidak merusak mood Anda pada saat itu. Selain itu, berlibur juga memberi Anda manfaat untuk bisa memecahkan masalah lho. Bahkan, seringkali masalah akan pergi dengan sendirinya saat Anda berpergian bukan? Keruwetan yang terjadi di kantor pun tiba-tiba berlalu, begitu Anda memasuki suasana liburan. Manfaatkan waktu tersebut untuk memecahkan masalah, bukan untuk lari dari masalah.

  1. Berlibur Bisa Memperluas Jaringan Bisnis Anda

Berlibur tidak hanya bermanfaat untuk merefreshkan pikiran saja, tapi ada yang lebih menyenangkan yaitu memperluas jaringan bisnis. Tahukah Anda, bahwa para CEO pemimpin top dunia pun sering menyempatkan diri untuk berlibur lho. Bahkan, tidak jarang beberapa relasi dan penawaran berdatangan saat mereka sedang bersantai di tengah liburannya. Jika Anda berlibur ke sebuah tempat bangunan jaringan di sana, maka sebaiknya Anda jangan jadi katak dalam tempurung. Tapi perhatikan setiap peluang yang bisa Anda ambil pada saat itu, temuilah orang-orang yang selama ini hanya bisa berkomunikasi melalui internet atau telepon saja.

Bagaimana? Setelah membaca beberapa manfaat berlibur di atas, apakah Anda masih segan meninggalkan pekerjaan demi liburan? Jangan berpikir panjang lagi, jika memang manfaat berlibur sangatlah baik untuk kehidupan pribadi dan bisnis Anda. Selamat berlibur!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top