Tips

Jangan Sampai Tertipu Saat Membeli Gadget Secara Online. Atasi Dengan Tips Berikut

Gadget saat ini memang menjadi barang yang laris manis diburu masyarakat. Pentingnya kebutuhan akan komunikasi yang cepat membuat penjualan barang elektronik ini selalu meningkat setiap tahunnya. Pembelian gadget sendiri sekarang bukan hanya bisa dilakukan secara offline dengan mendatangi toko, tapi dari adanya teknologi internet maka saat ini kita bisa membeli gadget secara online. Pembelian gadget secara online sendiri kini juga semakin marak dilakukan masyarakat. Sayangnya besarnya tingkat pembelian gadget secara online mendapat tantangan dari beberapa oknum yang melakukan penipuan.

Peluang melakukan penipuan dari transaksi online memang besar. Bukan hanya berwujud tidak dikirimnya barang, tapi penipuan bisa terjadi karena pengiriman gadget yang tidak sesuai spesifikasi. Kedua hal ini jelas merugikan konsumen. Nah untuk itulah kita sebagai konsumen harus pintar-pintar mengatasi penipuan dalam dunia pembelian online. Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi dan meminimalisir penipuan pembelian gadget secara online.

  1. Perhatikan Kredibilitas Toko Online

Tips pertama untuk mengatasi penipuan pembelian gadget dalam pembelian online adalah dengan memperhatikan kredibilitas online shop. Kredibilitas sendiri adalah tingkat kepercayaan yang dimiliki toko online. Semakin terpercaya sebuah toko online di mata masyarakat maka semakin tinggi tingkat kredibilitasnya. Untuk mengenali kredibilitas toko online bisa kita bisa mengenalinya dari pembicaraan masyarakat atau review netizen di beberapa forum atau blog. Jika banyak masyarakat dan netizen yang menceritakan atau mereview toko online dengan sesuatu yang bagus maka ini pertanda bahwa toko online aman dari penipuan. Dan sebaliknya bila banyak yang menceritakan atau mereview dengan pernyataan-pernyataan yang kurang baik, maka itu artinya Anda harus mengurungkan niat membeli di toko online tersebut.

  1. Cermati profesionalitas Website Toko Online

Berikutnya, tips mengatasi penipuan dalam pembelian gadget secara online adalah dengan mencermati profesionalitas website toko online. Profesionalitas website toko online ini bisa kita kenali dari hosting dan domain websitenya. Jika toko online tersebut menggunakan domain dan hosting yang gratisan maka Anda harus waspada karena bisa jadi ini pertanda toko online yang tidak profesional dan tidak dapat dipercaya. Dengan modal gratisan mereka para oknum penipu memang dengan mudahnya bisa melakukan penipuan. Jadi Anda yang ingin melakukan pembelian gadget secara online maka pastikan toko online tersebut memiliki website yang profesional dengan domain dan hosting yang bukan gratisan.

  1. Lihat dan Cek Testimoni

Tidak jauh beda dengan review toko online, testimoni toko online juga bisa menunjukkan kredibilitas yang bisa Anda jadikan acuan pembelian. Sebab testimoni ini merupakan pernyataan kepuasan konsumen yang telah membeli produk. Perbedaan review dan testimoni adalah jika review bisa kita dapati di luar website atau media sosial toko online maka testimoni ini bisa kita jumpai pada website atau media sosial toko online. Jadi sebelum kita melakukan pembelian untuk memastikan keamanan toko online kita bisa mengecek testimoni yang ada terlebih dahulu. Jika memang banyak konsumen yang menyatakan kepuasan maka itu artinya toko online tersebut terpercaya dan aman untuk Anda lakukan pembelian. Tapi sebaliknya jika ada banyak konsumen yang menyatakan ketidakpuasannya maka sebaiknya Anda mencari toko lain untuk tempat pembelian. Tapi untuk melihat testimoni ini Anda juga harus berhati-hati dengan adanya testimoni palsu.

  1. Waspadai Harga Miring dan Perhatikan Layanan Toko Online

Terakhir, tips untuk mengatasi penipuan pembelian gadget secara online adalah dengan mewaspadai harga miring. Jika Anda mendapati sebuah website yang menawarkan gadget dengan harga yang sangat murah jangan mudah untuk langsung terpikat. Tapi Anda harus lebih cermat dan bersikap kritis. Karena harga miring yang sangat jauh dari harga aslinya bisa jadi itu merupakan penipuan. Cara lain untuk mengenali toko online yang aman untuk pembelian gadget dari penipuan adalah dengan melihat layanan yang diberikan. Semakin profesional dan prima layanan yang diberikan maka akan semakin menjadi pertanda bahwa toko online tersebut kredibel dan terpercaya serta aman untuk dijadikan tempat pembelian gadget.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: