Tips

Jelang Bulan Ramadhan, Pebisnis Seharusnya Lakukan 4 Hal Ini

bisnis-sambut-bulan-ramadhan

Sebentar lagi bulan Ramadhan tiba. Momen besar bagi umat muslim ini tentu harus menjadi perhatian semua pebisnis termasuk Anda. Mengapa demikian? Sebab, bulan Ramadhan di Indonesia yang memiliki jumlah penduduk muslim terbanyak di dunia akan membuat Anda mampu meraih omset besar. Tapi untuk bisa meningkatkan omset usaha di bulan Ramadhan ini Anda perlu sedikit mengubah strategi untuk menyesuaikannya dengan bulan Ramadhan. Dengan kebijakan dan strategi yang tepat Anda lakukan di bulan Ramadhan inilah maka omset dan keuntungan yang besar bukan tidak mungkin Anda peroleh. Lalu seperti apakah bentuk strategi dan kebijakan yang tepat dijalankan pada bulan Ramadhan untuk tingkatkan omset bisnis? Inilah beberapa hal yang bisa diterapkan.

  1. Ubah Tampilan Website dengan Tema Ramadhan

Pertama, strategi dan kebijakan yang bisa Anda terapkan untuk sambut bulan Ramadhan agar omset bisnis meningkat adalah dengan mengubah tampilan website dengan tema Ramadhan. Anda yang telah memiliki website memang perlu berbenah ketika akan datang bulan Ramadhan. Caranya Anda perlu mengubah tampilan website Anda dengan tema Ramadhan. Anda tak perlu mengubah semua tampilan. Tapi Anda bisa hanya mengubah beberapa bagian saja. Menambahkan logo tema Ramadhan seperti masjid, bulan sabit atau juga animasi orang muslim, juga bisa menjadi solusi untuk mengubah tampilan website bisnis. Dengan mengubah tampilan website dengan tema bulan Ramadhan maka Anda akan bisa berpeluang menarik konsumen lebih banyak.

  1. Buat Konten Promosi yang Identik dengan Ramadhan

Tidak hanya website yang perlu Anda ubah dengan tema Ramadhan, tapi konten promosi Anda juga perlu Anda ubah. Jadi jelang bulan Ramadhan tiba, cobalah untuk membuat tema Ramadhan atau islami untuk konten promosi yang akan Anda lancarkan. Tentu konten Ramadhan ini harus sesuai dengan wujud konten promosi yang Anda jalankan. Seperti contoh Anda akan membuat konten promosi berbentuk brosur, maka tema Ramadhan ini akan berbentuk gambar atau foto serta tulisan. Tapi bila konten promosi yang akan Anda hadirkan berwujud video, baik itu video iklan YouTube atau untuk media televisi, maka Anda harus membuat tema Ramadhan yang bisa ditampilkan dalam konsep video.

  1. Atur Jam Masuk dan Pulang Kerja Saat Puasa

Saat bulan Ramadhan, maka akan terjadi perubahan pada beberapa hal termasuk jam kerja pada beberapa perusahaan. Ini karena saat bulan Ramadhan, akan banyak dari pekerja Anda yang berpuasa. Nah dari sinilah maka Anda sebagai owner bisnis perlu membuat perubahan kebijakan untuk jam kerja. Hal ini dilakukan dalam rangka menghormati bulan Ramadhan dan para karyawan yang sedang berpuasa. Kebijakan mengenai jam masuk dan jam pulang kantor pada bulan Ramadhan ini memang tergantung dari Anda. Tapi untuk membuat karyawan nyaman saat bekerja di bulan Ramadhan ini pastikan mereka bisa datang tepat waktu dan pulang tidak larut malam untuk menjalankan buka puasa dan ibadah shalat Tarawih. Biasanya perusahaan dalam hal ini membuat perubahan jam pulang karyawan sebelum adzan maghrib. Sementara untuk jam masuk kantor biasanya juga didahulukan lebih pagi agar mereka bisa siap sedia setelah sahur dan sholat Subuh.

  1. Mulai Siapkan Uang THR untuk Karyawan

Terakhir, hal yang perlu Anda lakukan sebagai pebisnis untuk sambut bulan Ramadhan yakni menyiapkan uang THR (Tunjangan Hari Raya). Sebagai pebisnis yang menjalankan perusahaan, dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku, Anda memang dituntut untuk menyiapkan uang THR bagi para karyawan. Dan penyerahan uang THR ini harus dilakukan beberapa hari sebelum hari raya tiba. Jika Anda tidak memberikan uang THR maka Anda akan dianggap melanggar undang-undang dan bisa saja dikenai sanksi. Nah karena itulah, saat jelang bulan Ramadhan, Anda sebagai pebisnis harus mulai menyiapkan uang THR untuk para karyawan. Dengan menyiapkan uang THR untuk karyawan jauh-jauh hari Anda akan terhindar dari pengeluaran yang mendadak pada saat hari pemberian THR tiba. Dengan mempersiapkan uang THR jauh-jauh hari ini pula, kondisi keuangan perusahaan pun bisa tetap sehat sampai dan sesudah hari raya tiba.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top