Keuangan

Jelang Lebaran, Inilah 5 Pos Pengeluaran yang perlu Dipersiapkan

pengeluaran-untuk-lebaran

Sebentar lagi lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1439 H akan datang menyambut. Dalam menyambut lebaran yang penuh suka cita ini masyarakat Indonesia selalu mempersiapkannya dengan segala hal. Dari persiapan inilah kemudian akan muncul pos-pos pengeluaran baru. Karena memang akan muncul pos-pos pengeluaran baru inilah maka Anda yang akan merayakan lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1439 H ini harus mempersiapkan segalanya di awal agar tak kelabakan atau kebingungan saat jelang lebaran. Berikut adalah pos-pos pengeluaran yang biasanya harus disiapkan setiap keluarga jelang lebaran atau Hari Raya Idul Fitri.

  1. Pengeluaran untuk Kue Lebaran

Pertama, pengeluaran yang biasanya harus disiapkan jelang lebaran adalah pengadaan kue lebaran. Untuk menyambut tamu-tamu yang datang bersilaturahmi ke rumah maka suguhan kue-kue memang selalu menjadi kebiasaan untuk dihidangkan. Dengan adanya kue lebaran maka Anda akan membuat tamu-tamu yang datang akan senang. Dari sinilah maka silaturahmi yang bertujuan untuk kembali mempererat hubungan bisa tercapai dengan baik. Untuk pengeluaran kue lebaran ini Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan penghasilan. Ini karena saat ini ada banyak pilihan kue lebaran dengan beragam harga yang bisa Anda sajikan pada tamu-tamu yang datang. Pilihan kue yang paling sering kita jumpai saat lebaran sendiri adalah kue nastar. Tapi saat ini banyak produsen kue yang kreatif membuat menu-menu kue basah dan kue kering yang juga bisa Anda jadikan referensi. Pembelian kue dalam kemasan di toko swalayan atau supermarket juga bisa menjadi pilihan lain.

  1. Pengeluaran untuk Makanan

Berikutnya, pos pengeluaran yang harus disiapkan untuk sambut lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1439 H adalah makanan. Saat lebaran banyak dari kita yang memang merindukan makanan enak dan lezat untuk disantap. Beberapa makanan khas lebaran yang biasanya dihidangkan keluarga saat lebaran adalah opor ayam, rendang dan lainnya. Nah dari sinilah maka muncul pos pengeluaran untuk makanan saat lebaran. Untuk pos yang satu ini Anda tak boleh meremehkan. Sebab biasanya jelang lebaran tiba, harga-harga bahan makanan untuk membuat makanan lebaran naik. Jadi persiapkan saja sebelumnya agar kebutuhan makanan lebaran untuk disantap keluarga tercukupi.

  1. Pengeluaran untuk Baju Baru

Masa lebaran memang identik dengan baju baru. Baju baru inilah yang nantinya akan dipakai untuk berkunjung bersilaturami ke rumah-rumah saudaradan kerabat. Baju baru ini pula yang nantinya akan digunakan untuk bermain ke tempat-tempat wisata saat lebaran. Tradisi memakai baju baru saat lebaran inilah membuat Anda harus mempersiapkannya. Budget untuk pengeluaran ini sendiri tergantung dari jumlah keluarga yang ada. Tapi bila dana Anda terbatas maka Anda sebagai orang tua harus mengalah untuk tidak membeli baju lebaran. Karena anak-anak lah yang biasanya harus diprioritaskan membeli baju baru untuk menyenangkan mereka.

  1. Pengeluaran untuk Uang THR

Uang THR (Tunjangan Hari Raya) adalah pos pengeluaran berikutnya yang harus Anda siapkan jelang lebaran. Uang THR ini bukan untuk diri Anda, tapi biasanya uang ini disiapkan untuk anak-anak dan juga saudara-saudara yang masih kecil dan belum bekerja. Tradisi memberikan uang THR ini memang sangat kental dalam kultur masyarakat Indonesia. Dengan memberikan uang THR pada anak-anak maka mereka akan gembira dan akan membuat kita yang memberikannya juga merasa senang. Untuk pos pengeluaran ini Anda harus menghitung jumlah anak yang akan Anda beri uang THR. Tapi prioritaskan pemberian uang THR ini pada keluarga terlebih dulu sebelum ke kerabat yang lebih jauh.

  1. Pengeluaran untuk Mudik dan Rekreasi

Terakhir, pos pengeluaran yang biasanya muncul dan harus disiapkan jelang lebaran yakni pengeluaran untuk mudik dan rekreasi. Memang tidak semua keluarga akan melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman. Tapi perjalanan ke beberapa rumah kerabat dan saudara juga tak bisa dikesampingkan begitu saja. Meski perjalanan tersebut masih di sekitaran kota tapi banyaknya rumah yang dikunjungi bisa membuat biayanya bisa membengkak. Apalagi bila dalam perjalanan ke rumah-rumah kerabat tersebut Anda mampir ke tempat-tempat wisata. Maka hal ini pastinya akan membuat pengeluaran semakin membesar. Maka dari itu Anda yang berencana mudik atau berkunjung ke rumah-rumah kerabat atau juga ke tempat-tempat rekreasi harus mempersiapkan anggarannya.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top