Tips

Jelang Ramadhan, Tingkatkan Penjualan dengan 5 Strategi Promosi Jitu Berikut Ini

promosi-bulan-ramadhan

Bagi Anda para pebisnis, setiap momen tentu harus selalu dimanfaatkan dengan baik. Momen yang juga harus Anda manfaatkan dengan baik adalah pada masa bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan memang merupakan bulan spesial bagi masyarakat Indonesia. Bila Anda memang seorang pebisnis sejati, tentu harus memahami bagaimana memanfaatkan momen bulan Ramadhan ini untuk meraup untung. Dengan menjalankan strategi khusus maka Anda akan mampu menciptakan peluang meningkatkan penjualan pada bulan Ramadhan yang penuh dengan berkah tersebut. Berikut beberapa strategi yang bisa Anda lakukan pada bisnis pada bulan Ramadhan guna meningkatkan penjualan dan keuntungan.

  1. Mengamati Perilaku Konsumen

Pertama, strategi promosi jitu untuk tingkatkan penjulan pada bulan Ramadhan adalah dengan mengamati perilaku konsumen. Jika menilik Ramadhan demi Ramadhan, perilaku konsumen pada bulan suci tersebut sangat berbeda. Pada saat bulan Ramadhan, perilaku konsumsi masyarakat memang jauh lebih besar. Terlebih bila bulan Ramadhan sudah menjelang akhir atau jelang lebaran, maka tingkat konsumsi masyarakat akan jauh lebih besar. Nah dari sinilah maka Anda yang ingin meningkatkan penjualan harus bisa memanfaatkan besarnya momen konsumsi masyarakat pada bulan Ramadhan ini dengan maksimal. Caranya, gencarkan promosi atau pemasaran bertema Ramadhan atau lebaran hingga mampu meningkatkan penjualan.

  1. Buatlah Kontent Promosi Bertema Ramadhan

Karena bulan Ramadhan ini adalah bulan yang spesial dan berbeda dengan bulan-bulan lainnya maka dalam menjalankan promosi Anda juga harus melakukannya dengan cara yang berbeda pula. Cara untuk melakukan promosi pada bulan Ramadhan yang menarik adalah dengan membuat konsep atau tema Ramadhan yang religius. Dari menyediakan gambar yang menampilkan simbol-simbol religius atau menawarkan promo bulan Ramadhan hingga mengadakan event bertema Ramadhan. Dengan beberapa teknik promosi betema Ramadhan ini maka akan banyak publik yang tertarik untuk kemudian melakukan pembelian produk bisnis Anda.

  1. Pilih Produk yang Cocok Untuk Promosi Bulan Ramadhan

Pada bulan Ramadhan memang ada produk-produk yang kemudian jadi makin digemari masyarakat. Dari sinilah Anda sebagai pengusaha harus jeli melihat apa-apa yang sedang diminati masyarakat pada saat bulan Ramadhan tiba. Produk yang biasanya paling sering dicari dan laris manis pada bulan Ramdhan adalah produk kuliner. Tapi supaya banyak diburu pembeli maka produk kuliner tersebut harus dijual pada waktu-waktu jelang berbuka atau sahur. Pilihan lain untuk produk yang laris manis untuk dijual pada bulan Ramadhan yakni pakaian. Untuk produk pakaian ini biasanya akan laris manis saat jelang bulan Ramadhan berakhir. Karena pada saat jelang bulan Syawal tiba akan banyak masyarakat yang berbondong-bondong mencari pakaian baru untuk dipakai saat lebaran.

  1. Pastikan Momentum Ketika Melakukan Promosi

Untuk menjalankan promosi yang optimal, menentukan waktu atau momentum dalam bulan Ramadhan juga punya peranan penting. Dari 24 jam yang ada dalam satu hari di Bulan Ramadhan, Anda perlu memilih waktu-waktu terbaik untuk melancarkan promosi. Waktu terbaik untuk melakukan promosi pada bulan Ramadhan adalah waktu istirahat siang, waktu jelang maghrib dan waktu sahur. Pada waktu-waktu tersebut akan banyak masyarakat muslim yang akan menggunakan internet untuk berselancar ria. Nah ketika Anda melakukan promosi tepat pada waktu-waktu tersebut maka Anda akan mendapatkan banyak respon dan pembelian yang akan meningkatkan penjualan.

  1. Gunakan Promosi Baik Secara Offline Maupun Online

Terakhir, strategi promosi jitu pada saat bulan Ramadhan yang bisa Anda jalankan yakni dengan menggunakan teknik promosi online dan offline. Dengan semakin maraknya penggunaan smartphone dan pertumbuhan internet, membuat potensi belanja online makin membesar. Dari sinilah Anda sebagai entrepreneur harus bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan baik. Jadi saat menjalankan promosi, jangan hanya menerapkan promosi offline saja, tapi lakukan juga promosi online yang dapat membuat tingkat penjualan makin tinggi. Promosi online sendiri bisa Anda jalankan dengan berbagai cara seperti promosi via media online, menggunakan website dengan SEO atau juga dengan email marketing.

Inilah beberapa strategi promosi jitu untuk meningkatkan penjualan pada bulan Ramadhan. Tapi agar promosi ini benar-benar efektif, Anda harus menjalankannya dengan penuh keseriusan dan kesungguhan.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top