Lainnya

Jenis Pekerjaan Sales Yang Wajib Anda Ketahui

Anda tentu sudah sangat mengenal jenis pekerjaan sales, namun apakah anda paham jika sebenarnya ada berbagai macam jenis pekerjaan sales lainnya? Tak bisa dipungkiri jika selama ini banyak dari kita menganggap pekerjaan sales hanyalah mereka yang memasarkan, dan menawarkan dagangan dengan berjalan kaki, door to door ke rumah-rumah. Padahal sebenarnya tidak. Selain sales door to door ada jenis pekerjaan sales lainnya yang saling berkaitan. Mau tau apa saja, berikut penjelasannya.

  1. Sales Executive

Dibalik kesuksesan sales dalam memerdagangkan produk, terdapat sales executive yang memiliki peran sangat penting. Sales executive umumnya berperan dalam menentukan berbagai strategi penjualan untuk kemudian diaplikasikan oleh seorang sales. Selain itu, sales executive juga memiliki beberapa tanggung jawab, seperti menjaga hubungan baik kepada pelanggan, mempromosikan dan mempertahankan citra produk, membuat rencana penjualan, serta mengevaluasi prospek produk terhadap pelanggan.

  1. Sales Motoris

Selanjutnya ada sales motoris. Sesuai namanya, sales motoris merujuk pada sales yang menjual atau mempromosikan produk menggunakan motor atau kendaraan lain seperti mobil. Tujuan dari sales motoris adalah menjangkau daerah-daerah lain supaya produk dikenal banyak orang di khususnya di daerah terpencil atau perkampungan, dan mendapatkan market yang tepat. Selain itu penggunaan kendaraan juga ditujukan untuk mempermudah mobilisasi. Tak hanya itu, sales motoris ternyata juga memiliki tanggung jawab dalam mencukupi target penjualan serta melakukan survey dan melaporkan program yang dilakukan oleh competitor.

  1. Sales Engineer

Sales engginer mungkin kurang akrab ditelinga anda, namun sales jenis ini memiliki peran yang tak kalah penting. Sales engineer bertugas menawarkan produk dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya. Tak jarang sales engineer juga bertemu dengan user langsung. User disini mencakup para senior engineer, project engineer, instumen engineer, serta engineering manager. Terkadang, jika beruntung sales engineer juga bisa bertemu dengan bagian procurement dan purchasing di perusahaan yang sedang ia kunjungi.

  1. Sales promotion

Ini mungkin jenis pekerjaan sales yang paling anda kenal dan sering anda lihat. Sales promotion mencakup sales promotion girl atau SPG, serta sales promotion boy atau SPB. Jenis pekerjaan sales ini biasanya dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Misalnya selama masa pameran produk dalam jangka waktu satu minggu hingga satu bulan. Jenis sales ini sangat banyak diminati oleh mereka yang ingin mengambil kerja parttime, seperti libur kuliah dan sebagainya. Untuk mempromosikan produknya, biasanya SPG dan SPB membawa beberapa lembar brosur, formulir data pelanggan, contoh produk, hingga merchandise.

  1. Sales Area Manager

Sales area manager adalah mereka yang memiliki tanggung jawab untuk memantau kegiatan sales dalam batasan geografis tertentu. Selanjutnya sales area manager juga bertanggung jawab dalam merumuskan dan memaksimalkan penjualan tim, membuat rencana untuk pencapaian target divisi dan pribadi, memberi bimbingan penjualan harian, bulanan, serta triwulan, melakukan penjualan regular, dan masih banyak lainnya.

  1. Team Leader Sales

Ketika sebuah perusahaan memasarkan produk, selain ada executive sales, ada pula team leader sales yang memiliki peran tak kalah penting. Umumnya masing-masing team leader sales memegang beberapa produk dengan jangkauan wilayah tertentu. Disini team leader sales harus mampu mengarahkan semua anggota tim nya untuk bisa mengerjakan tugas secara maksimal dan mencapai target.

  1. Telesales

Berbeda dengan sales motoris, atau spg, spb, telesales adalah seorang sales yang menjual produk tanpa harus keluar ruangan atau berpanas-panasan mempromosikan produk. Tugas telesales umumnya adalah menawarkan produk kepada pelanggan lama ataupun baru melalui sambungan telepon. Meskipun sekilas mudah, namun telesales memiliki tantangan tersendiri, dimana tidak semua pelanggan respect dengan penawaran telesales. Terlebih bagi mereka yang merasa terganggu karena sedang ada aktifitas lain. Sedangkan disisi lain, telesales juga dituntut untuk mampu mencapai target penjualan.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top