Keuangan

Jika Tidak Mempunyai Tabungan, Bisa Jadi Perjuangan Merantau Anda Akan Sia-Sia. Sebaiknya Lakukan 5 Saran Finansial Ini!

Merantau memang cukup menyedihkan, karena Anda harus berani keluar dari zona nyaman dengan tujuan kemandirian. Baik itu untuk menuntut ilmu ke kota seberang, meniti karir, maupun mencari pekerjaan di luar kota dengan harapan agar semakin berkembang. Hidup mandiri di kota orang lain, memang akan mengasah skill dalam bertahan hidup. Di samping itu, Anda juga wajib membekali diri dengan keahlian untuk mengatur keuangan sendiri agar pengalaman yang didapatkan sepadan dengan tabungan yang dikumpulkan. Daripada Anda bersikap boros dalam mengelola keuangan di perantauan, sebaiknya lakukan 5 saran finansial berikut ini guna membantu Anda melakukan penghematan.

  1. Survei dan Pilih Kost-Kostan yang Nyaman dengan Biaya Sewa Terjangkau

Sebelum mulai merantau, sebaiknya Anda lakukan survei tempat tinggal di kota tujuan terlebih dahulu. Anda bisa menjelajahi satu daerah ke daerah lain yang terdapat kost-kostan, lalu bandingkanlah harga sewanya. Jangan mudah tergiur dengan fasilitas yang ditawarkan, namun harga sewanya tidak sesuai kantong Anda. Daripada menempati tempat tinggal yang harga sewanya selangit dengan fasilitas yang sebenarnya tidak begitu dibutuhkan, maka lebih baik Anda mencari kostan sederhana dengan harga yang cukup terjangkau. Tidak masalah fasilitasnya sederhana, asalkan keadannya bersih dan nyaman ditinggali dalam jangka waktu yang lumayan lama.

  1. Tanyakan Kepada Teman atau Keluarga yang Tinggal di Kota Tujuan Mengenai Dana Pengeluaran

Setelah Anda menemukan tempat tinggal yang cocok, selanjutnya Anda harus mencari tahu mengenai dana pengeluaran di kota tersebut. Mulai dari transportasi, makan, hingga kebutuhan lainnya. Tanyakan dan kumpulkan informasi mengenai hal itu dari teman-teman, keluarga atau sanak saudara di sana. Dengan demikian, Anda bisa memiliki sedikit gambaran untuk mengatur cash flow keuangan atau mengatur berapa uang yang harus dikucurkan setiap harinya.

  1. Untuk Menghemat Dana Transportasi, Sebaiknya Miliki Kendaraan Pribadi

Selain tempat tinggal dan dana sehari-hari, agar bisa menjelajahi kota tujuan Anda tentu memerlukan dana transportasi yang harus dianggarkan. Jika Anda mempunyai kendaraan pribadi, maka segera kirimkan ke kota tujuan setelah Anda tiba. Hal ini penting untuk Anda pikirkan, karena kendaraan pribadi bisa menghemat pengeluaran. Dengan demikian, Anda tidak perlu mengeluarkan dana untuk transportasi naik angkutan umum atau gojek online. Namun dengan memiliki kendaraan pribadi, dana yang akan dikeluarkan pun hanya sekedar kebutuhan bensin dan parkir saja. Tentu saja hal ini akan lebih murah dibandingkan mengeluarkan dana setiap hari untuk menaiki angkutan transportasi umum, itupun hanya sekitar Rp 3.000 sampai Rp 20.000 untuk sekali jalan saja.

  1. Cari Warung Makan di Sekitar Kantor atau Kampus, Karena Biasanya Lebih Murah

Setiap hari, Anda pasti harus makan dan minum bukan? Untuk urusan makan, sebaiknya cari warung di sekitar kantor atau kampus. Sebab harganya cenderung lebih pas di kantong, termasuk kantong mahasiswa atau karyawan. Namun jika Anda ingin lebih menghemat dana lagi, maka Anda bisa membeli bahan masakan di pasar dan memasaknya sendiri di kostan.

  1. Belanjalah Sebulan Sekali di Supermarket Besar, Jangan Kerap Mampir ke Minimarket Hanya untuk Jajan Saja

Pada umumnya, kebiasaan jajan terlihat sepele. Jika tidak di sadari, justru hal ini bisa membuat Anda kehabisan uang dengan cepat lho. Sebaiknya, hindari jajan eceran dan jangan tergoda untuk kerap mampir ke minimarket hanya demi jajan. Catatlah semua barang yang Anda butuhkan terlebih dahulu, lalu belanjalah sebulan sekali di supermarket besar. Agar pengeluaran Anda lebih hemat lagi, maka Anda bisa membeli barang-barang untuk kebutuhan pribadi dalam ukuran besar sekaligus. Contohnya membeli sabun mandi, shampo, detergen, pasta gigi, beras, mie instan dan kebutuhan lainnya. Selain harganya akan lebih murah, dengan cara ini Anda juga akan terhindar dari godaan jajan ke minimarket saat salah satu kebutuhan Anda sudah habis.

Demikian ulasan tentang 5 saran finansial untuk membantu Anda melakukan penghematan, terutama bagi Anda seorang perantau. Semoga dengan artikel ini, perjuangan merantau Anda tidak akan sia-sia. Semoga bermanfaat.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top