Tips

Kebiasaan Yang Bikin Tagihan Listrikmu Gak Membengkak Tiap Mau Bayar

Listrik merupakan sebuah kebutuhan bagi masyarakat saat ini. tanpa adanya listrik tidak hanya kebutuhan rumah tangga saja yang terhenti namun juga bisnis, transportasi hingga pendidikan. Listrik  sendiri mulai ditemukan pada 640-546 masehi oleh bangsa yunani. Sejak itu listrik mulai digunakan dan membantu para ilmuwan untuk menciptakan mesin dan lampu yang kita gunakan hingga saat ini.

Manfaat Listrik

Listrik punya banyak manfaat bagi kehidupan masyarakat. Tidak hanya sebagai penerangan namun juga untuk transportasi hingga sumber energy. Adapun manfaat listrik diantaranya ialah sebagai berikut :

  • Pengganti Bahan Bakar

Listrik kini sudah bisa dipakai sebagai pengganti bahan bakar kendaraan. Saat banyak kendaraan mulai dari motor hingga mobil menggunakan listrik sebagai bahan bakarnya. Listrik juga dinilai lebih ramah lingkungan ketimbang menggunakan bahan bakar minyak.

  • Sebagai Penerangan

Seperti yang kita ketahui listrik digunakan pula untuk penerangan . adanya penerangan ini membantu bisnis bisa berjalan di malam hari, mendukung aktivitas di malam hari dalam kehidupan sehari-hari serta mengurangi kecelakaan.

  • Membantu Fungsi Elektronik

Adanya listrik membantu alat elektronik bisa bekerja dengan baik. Beberapa alat elektronik yang menggunakan listrik sebagai sumber energy ialah televise, setrika, kulkas hingga mengisi daya smartphone anda.

  • Listrik Sebagai Alat Bantu Belajar dan Pengobatan

Listrik juga digunakan sebagai terapi dalam pengobatan penyakit tertentu. Selain itu adanya listrik juga sering digunakan sebagai alat bantu dalam praktik fisika  dalam pendidikan.

Kebiasaan Untuk Menghemat Biaya Listrikmu

Sayangnya tarif listrik kian naik beberapa tahun berikut ini. tak hanya untuk kalangan industry maupun kalangan masyarakat menengah keatas saja namun juga untuk kalangan menengah kebawah.  Untuk itu terapkan beberapa kebiasaan ini agar tagihan listrik anda tak terus membengkak.

Pakai Lampu LED

Gantilah lampu anda dengan lampu light emitting diode (LED). LED memang lebih mahal ketimbang lampu lainnya namun jenis lampu ini bisa menghemat penggunaan listrik anda. Lampu ini bahkan bisa menghemat listrikmu hingga 80% dari lampu biasa. Hal ini dikarenakan lampu biasa menggunakan 60 watt sedangkan LED cukup 5 hingga 8 watt saja.

Atur Panas Otomatis Pada Setrikamu

Selanjutnya saat menyetrika baju sebaiknya gunakan pengatur panas otomatis. Setrika dikenal sebagai alat elektronik yang memakan daya listrik cukup besar bahkan melebihi televisi. Jika anda mengaktifkan pengatur panas otomatis ini saat suhu panasnya mencukupi maka ia akan mati dengan sendirinya.

Gunakan Listrik  Pra Bayar

Untuk menghemat biaya listrik anda juga bisa beralih memakai listrik pra bayar. Anda  tidak akan dikenakan biaya adomene sebesar Ro.50.000 – Rp.100.000 jika menggunakan listrik pra bayar. Sistem pasca bayar akan menyulitkan anda dalam mengatur penggunaan listrik yang lebih hemat.

Cabut Alat Elektronik Dari Saklar

Jika anda sudah tidak menggunakan alat elektronik tersebut maka cabutlah  kabel alat etrsebut dari saklarnya. Setelah selesai mengisi daya smartphone jangan lupa untuk mencabut kabel charger dari saklar.

Gunakan Elektronik Secara Bijak

Terakhi, dalam menggunakan listrik ada baiknya anda bijak saat memakainya untuk alat elektronik. Misalnya saja saat memakai AC pakailah suhu 25-30 derajad celcius saja.  Ketika tidur matikan lampu dan saat bepergian lebih baik kosongkan lemari es. Matikan daya kulkas untuk menghemat biaya listrik di rumah anda. Jangan membiasakan diri untuk menghidupkan alat pemanas nasi secara terus menerus jika tagihan listrikmu tak ingin membengkak. Mudah bukan untuk menghemat tagihan listrik di rumah dengan kebiasaan diatas?

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top