Lainnya

Kelebihan Anak Rantau Yang Wajib Anda Ketahui

Pada dasarnya, anak rantau sering dikategorikan sebagai anak yang tahan banting. Mengapa demikian? Sebab mereka rela berjuang demi bertahan hidup di kota orang lain dan anak rantau juga dapat berjuang melawan rasa rindu terhadap keluarga yang ada di kampung. Tak mudah memang, akan tetapi anak rantau melakukannya demi mengejar impian-impian yang akan diraih. Anak perantauan akan mendapatkan banyak pengalaman yang mungkin tidak didapatkan anak rumahan. Sebab, dunia mereka sangat luas dengan berinteraksi oleh banyak orang sehingga mereka memiliki banyak wawasan.

Hidup di dunia perantauan mengajarkan seseorang arti kehidupan yang sebenarnya. Nah oleh karena itu, banyaknya lika-liku perjuangan yang dihadapi anak rantau akan menghasilkan berbagai kelebihan yang muncul dalam dirinya secara tidak sadar. Kelebihan apa sajakah itu? berikut beberapa ulasan tentang kelebihan yang dimiliki anak rantau yang wajib anda ketahui:

Mandiri

Menjadi anak rantau sangat erat kaitannya dengan kata mandiri. Anak rantau harus banyak belajar dari hal-hal yang belum ia ketahui. Mulai dari mencuci baju sendiri, memasak, bersih-bersih, dan melakukan aktivitasi pekerjaan rumah lainnya yang mungkin dulunya sering dilakukan oleh ibu. Anak rantau harus membuang rasa bermanja-manja atau bermalas-malasan. Mau tidak mau anak rantau harus melakukan pekerjaannya dengan mandiri tanpa harus merepotkan orang lain. Terlebih lagi jika anak rantau tersebut tergolong dari keluarga yang sederhana. Mereka akan bekerja keras demi menghidupi dirinya sendiri tanpa harus merepotkan orang tuanya. Jadi, tidak ada alasan lagi mereka bersenang-senang.

Memiliki Banyak Wawasan

Hal yang mendasari anak rantau memiliki banyak wawasan adalah dipengaruhi oleh orang-orang sekitarnya. Anak rantau akan lebih mudah beradaptasi oleh lingkungan sekitarnya. Di samping mereka memiliki banyak teman di kampung halaman, ia juga memiliki banyak teman di tempat perantauan. Anak rantau justru akan lebih mudah untuk bersosialisasi setiap harinya. Jadi tidak diragukan lagi mereka akan mendapatkan banyak wawasan dari orang-orang sekitarnya. Mulai dari wawasan kultural dari berbagai daerah, hingga wawasan pendidikan dan bahasa yang berbeda-beda disetiap tempat asalnya. Terlebih lagi perkembangan teknologi yang semakin canggih memudahkan mereka untuk berinteraksi secara mudah dan cepat.

Pandai Mengatur Keuangan

Point ketiga ini adalah point yang sangat penting dimiliki oleh anak rantau. Seperti halnya anak kos, anak rantau juga memiliki bakat untuk mengatur keuangan setiap harinya. Jika data keuangan tersebut, terlewatkan maka akan berdampak buruk bagi kehidupan anak kos. Mereka akan memperhitungkan dengan baik pemasukan hingga pengeluaran. Bahkan beberapa anak rantau rela mencatatnya dibukua atau laptop agar mengetahui sejauh mana keberadaan uang yang mereka pegang. Mengatur keuangan wajib dilakukan dengan baik dan terperinci agar nantinya saat tanggal tua tiba, anak rantau tidak kebingungan untuk membeli kebutuhan sehari-hari yang diperlukan secara mendadak. Jadi, hema dan menabung sudah menjadi tradisi anak rantau. Untuk itu, mereka tidak akan mudah terperangkap belanja kebutuhan yang tidak diperlukan dan berfoya-foya.

Berani Membagi Waktu

Anak rantau sangat pandai membagi waktu. Mereka akan berusaha mengelola waktu yang ada. Sedetik waktu yang terlewatkan, anak rantau akan menyesal berkali-kali. Seperti halnya anak kos, ia akan mencoba membagi waktunya sebaik mungkin mulai dari waktu kuliah, waktu organisasi, hingga waktu untuk bekerja sampingan. Nah, ketiga pekerjaan itu akan mereka alami setiap harinya. Jika sedetik waktu mereka buat untuk bermalas-malasan, maka banyak pekerjaan yang akan mereka abaikan dan berantakan. Bahkan beberapa anak kos akan membuat waktu pengingat (Alarm) dan mencatatnya agar pekerjaan tidak ada yang terlewatkan. Sebab menurut mereka waktu sangatlah berharga.

Itulah keempat point yang wajib anda ketahui tentang kelebihan anak rantau. Menjadi anak rantau tidak selalu hidup dalam kesengsaraan. Ada kalanya anda harus melihat sisi lain dari seorang anak rantau agar anda melihat kelebihan dibalik sisi buruk seorang anak rantau.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top