Lainnya

Kelebihan dan Kekurangan Homeschooling Yang Wajib Diketahui Demi Pendidikan Buah Hati

Untuk mendapatkan pendidikan yang layak tak harus ditempuh di sekolah. Kini ada berbagai cara mendapatkan pengetahuan melalui pembelajaran online ataupun homeschooling. Homeschooling merupakan pembelajaran yang dilakukan di rumah. Berbeda dengan para siswa pada umumnya yang datang ke sekolah untuk mendapatkan pengetahuan . Homeschooling membuat para guru datang kepadanya . Homeschooling memiliki metode pengajaran lebih privasi karena jumlah anak didiknya cenderung lebih sedikit dan waktu belajar bisa disesuaikan. Homeschooling sangat cocok untuk anak anda yang memiliki waktu atau sibuk dengan kegiatan lainnya sehingga memerlukan jam sekolah yang lebih fleksibel.

Kelemahan Homeschooling

Memang homeschooling terlihat lebih fleksibel ketimbang pendidikan di sekolah. Biarpun begitu Homeschooling ternyata memiliki beberapa kekurangan diantaranya ialah sebagai berikut :

  1. Kurang Bergaul

Sikecil tentu akan sulit untuk bergaul karena ruang untuk sosialisasinya terbatas. Jika anak anda mengambil pendidikan di sekolah maka kesempatan untuk bersosialisasi jauh lebih besar. Tak jarang beberapa siswa homeschooling merasa sulit untuk bergaul dengan orang lain.

  • Sulit Bekerja Dalam Team

Kelemahan Homeschooling lainnya ialah sulit bekerja dalam team. Jika anda menyekolahkan buah hati ke sekolah maka ia akan dididik untuk mampu bekerja sama dengan banyak orang. Berbeda dengan homeschooling yang hanya bergaul dengan orang itu itu saja. Ia pun jadi tidak mudah bekerja sama dengan banyak orang dan berorganisasi.

  • Sulit Mencoba Keterampilan Baru

Kekurangan dari homeschooling ini ialah membuat anak jadi terbatas untuk meningkatkan kreativitasnya. Hal ini dikarenakan tidak adanya ekstrakulikuler seperti halnya di sekolah. Anak jadi lebih sulit mengembangkan kreatifitas karena tidak adanya media penyalur untuk kreatifitas itu sendiri.

Kelebihan Homeschooling

Homeschooling juga memiliki beberapa keunggulan sehingga ia bisa bertahan hingga kini. Beberapa keunggulan dari homeschooling itu sendiri bisa anda simak dibawah ini :

  • Fleksibilitas Waktu

Inilah salah satu keuntungan jika anda memakai homeschooling untuk pendidikan anak anda. Fleksibilitas waktu sekolah sangat terjamin dalam homeschooling tak sama dengan pendidikan di sekolah yang menetapkan pagi hingga sore hari. Homeschooling tak hanya bisa anda lakukan di pagi atau siang hari saja namun juga malam hari sesuai dengan kebutuhan anda.

  • Peraturan Yang Tidak Terlalu Ketat

Keunggulan lainnya dari homeschooling ialah memiliki peraturan sekolah yang lebih longgar ketimbang di sekolah. Jika di sekolah anda diwajibkan memakai seragam, melakukan piket kelas atau berpenampilan rapi maka berbeda dengan homeschooling. Anda bahkan bisa memakai baju biasa dan berpenampilan santai saat belajar.

  • Pengajaran Yang Lebih Intens

Keunggulan lainnya jika buah hati mendapatkan pendidikan homeschooling ialah pengajaran yang lebih intens. Anak anda akan lebih punya banyak kesempatan memahami soal yang tidak ia mengerti dan bertanya kepada gurunya. Perhatian guru juga lebih intens terhadap buah hati karena jumlah peserta didik yang lebih sedikit.

  • Mandiri dan Terhindar Dari Bullying

Homeschooling juga mendorong sikecil untuk lebih mandiri karena ia lebih sering belajar sendiri . Homeschooling juga menghindarkan anak anda dari bullying yang dilakukan oleh siswa lainnya jika pergi ke sekolah.  Ia akan mudah sekali fokus debgan kemampuan yang dimilikinya sehingga peningkatan belajar akan lebih baik ketimbang di sekolah

Anak anda juga bisa mempelajari hal yang diminatinya sehingga ahli dalam suatu mata pelajaran. Walau pembelajarannya di rumah namun buah hati anda akan menempuh ujian yang sama seperti anak yang pergi ke sekolah . Jadi pilih mana?

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top