Peluang Usaha

Kelebihan Jurusan Akuntansi Dan Prospeknya Di Masa Depanmu

Masa- masa SMA memang indah dan sulit untuk dilupakan. Biarpun begitu bagi lulusan SMA hari ini merupakan lembaran baru bagi mereka. Beberapa disibukkan mencari lowongan pekerjaan namun tak sedikit pula yang bingung memilih jurusan untuk melanjutkan ke bangku perkuliahan. Bagi anda yang berminat di bidang ekonomi mungkin bisa mempertimbangkan jurusan akuntansi. Jurusan akuntansi tak sama dengan jurusan lainnya yang ada di fakultas ekonomi. Akuntansi merupakan ilmu yang mempelajari tata buku keuangan suatu perusahaan. Jurusan ini cocok bagi anda yang suka menghitung dan punya jiwa entrepeneurship.

Kelebihan Memilih Jurusan Akuntansi

Peminat jurusan akuntansi sebenarnya lumayan tinggi di tanah air namun masih kalah dengan peminat fakultas keguruan. Padahal akuntansi punya banyak kelebihan lho bagi mereka yang mempelajarinya.

Mengajarkan Tanggung Jawab

Akuntansi akan mengajarimu tentang tanggung jawab . tugas seorang akuntan ialah menghasilkan laporan keuangan yang transparan, bisa dipertanggung jawabkan dan relevan dengan bukti transaksi yang ada. Beberapa lulusan akuntansi juga ada yang memilih untuk menjadi auditor yang bertugas mengaudit atau memeriksa laporan keuangan apakah disajikan secara wajar atau tidak. Tak heran jika para mahasiswa akuntansi dididik bertanggung jawab dan disiplin.

Mahir Mengelola Keuangan

Percuma mampu menghasilkan uang banyak namun tak mampu mengelola keuangannya sendiri. Anak akuntansi tentu mahir mengelola keuangan karena dari semester awal saja sudah bergelut dengan angka dan mengklasifikasikan beban serta memperhitungkan untung rugi. Banyak yang bilang bahwa akuntansi merupakan bahasa manajemen yang dijadikan pedoman untuk evaluasi keuangan pada perusahaan.

Terdidik Berpikir Cepat, Teratur dan Kreatif

Kebanyakan anak akuntansi itu memiliki karakter yang rapi dan teratur. Dari laporan keuangan yang dihasilkan akuntan memang dirancang tersusun rapi, dinamis dan sistematis. Selain itu mempelajari akuntansi juga membuat anda mampu berpikir dengan cepat dan kreatif. Anda bisa memutuskan keputusan yang terbaik dalam setiap masalah yang dihadapi.

Prospek Karir Yang Cerah

Akuntansi bisa pula membawa karir yang lebih baik dan cerah untuk masa depan. Pasalnya setiap instansi ataupun perusahaan membutuhkan akuntansi untuk mengatur keuangan mereka. Tak heran jika lowongan kerja untuk bidang ini selalu tinggi setiap tahunnya. Tak hanya itu saja akuntansi juga menjanjikan gaji yang lumayan tinggi untuk mengisi pundi-pundi keuangan anda.

Prospek Kerja Akuntansi

Prospek kerja akuntansi begitu luas khususnya dalam bidang keuangan. Beberapa peluang kerja tersebut diantaranya ialah sebagai berikut :

  • Auditor Internal

Selain menjadi akuntan dalam perusahaan anda juga bisa menjadi auditor. Auditor bertugas memeriksa laporan keuangan disajikan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku dan sesuai prosedur.

  • Konsultan Pajak

Tak hanya itu saja anda juga berpeluang menjadi konsultan pajak setelah mengikuti brevet pajak. Tugas dari konsultan pajak ialah memberikan konsultansi terkait perpajakan kepada wajib pajak.

  • Credit Analyst

Mahasiswa akuntansi juga berpeluang menjadi credit analyst yang mana memiliki kewajiban menganalisis calon nasabah yang hendak meminjam uang.

  • Akuntan Publik

Anda juga bisa membuka jasa akuntan public setelah memiliki izin dari menteri keuangan. Apalagi kebutuhan akan laporan keuangan sangat tinggi seiring berkembangnya perusahaan dalam negeri saat ini.

  • Pebisnis

Walau kerjaannya hitung menghitung anda juga bisa memilih menjadi seorang pebisnis ulung. Adanya bekal ilmu akuntansi bisa menolong anda memperhitungkan resiko bisnis atau investasi maupun keuntungannya.

Setelah menyimak ulasan diatas apakah sudah berhasil menginspirasi anda untuk memilih jurusan ini?

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top