StartUp dan UKM

Kelemahan Dan Kelebihan Pinjaman Fintech

Seiring berkembangnya globalisasi di era digital, masyarakat dihadirkan banyak sekali teknologi yang bermanfaat bagi industri perekonomian di Indonesia. Salah satu inovasi teknologi dalam bidang keuangan yang kerap dijumpai yaitu fintech. Fintech atau yang sering disebut Financial Tekhnologi ini adalah sebuah inovasi dalam bidang keuangan yang menawarkan beberapa bisnis seperti jual beli saham, peminjaman dan pembayaran, transfer dana, investasi ritel, serta masih banyak lagi.

Nah, perkembangan fintech ini berdampak besar pada pasar konvensional. Telah banyak jasa keuangan yang menyediakan produk fintech demi memenuhi kebutuhan pasar. Untuk mengetahui berapa besar pengaruh fintech dalam dunia perekonomian, anda dapat menyimak beberapa kelebihan dan kekurangan di dalamnya. Berikut kelebihan dan kekurangan yang ada dalam fintech:

  • Resiko Bisnis Kurang Diperhatikan

Point pertama ini adalah salah satu kekurangan dari fintech. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa semua bisnis pastinya memiliki resiko dalam mendirikan sebuah usaha. Resiko ini berdampak besar pada keberhasilan usaha yang didirikan.

Akan tetapi, disini pendiri fintech sering sekali tak memperhatikan resiko yang akan dialami dalam mendirikan layanan. Resiko bisnis fintech kurang diperhatikan oleh pendiri fintech. Jika resiko kecil sudah berkembang menjadi besar maka akan sangat sulit menanganinya. Maka perlu adanya perhatian khusus agar fintech dapat berkembang dengan baik.

  • Crowdfunding Melanggar Aturan

Salah satu layanan fintech adalah crowdfunding atau sering disebut penggalangan dana. Menurut OJK (Otoritas Jasa Keuangan) layanan crowdfunding sudah pernah diperingati melanggar peraturan. Crowdfunding ini dinyatakan melanggar UU Perbankkan serta keterangan saksi pada pasal 46. Oleh karena itu, fintech tidak diizinkan untuk membuat sebuah layanan yang melanggar undang-undang yang telah dibuat sebelumnya.

Fintech wajib melewati proses perizinan terlebih dahulu terhadap OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sebelum menggunakan program layanan. Demi kenyamanan bersama, jika fintech tidak menaati peraturan maka akan ditindaklanjuti secepatnya.

  • Meningkatkan Aplikasi Bitcoin

Fintech telah dikenal sebagai layanan yang membuat proses ekonomi menjadi mudah dan praktis. Salah satunya kelebihan fintech ini adalah layanan fintech dapat meningkatkan perkembangan aplikasi bitcoin. Meskipun fintech sendiri tidak memiliki akun bank yang tersedia, akan tetapi fintech dapat memudahkan para pengguna bitcoin untuk melakukan transaksi kapanpun dan dimanapun dengan mudah dan praktis. Oleh karena itu, fintech menjadi andalan dalam aplikasi bitcoin ini.

  • Sistem Pembayaran Praktis Dan Efisien

Sistem pembayaran melalui mesin EDC ternyata belum dianggap aman sebab kejahatan dapat datang dimanapun anda berada saat anda sedang berbelanja, maka dari itu saat ini fintech menghadirkan sistem pembayaran yang lebih aman yang dapat anda gunakan yaitu dengan menggunakan metode pay by QR dan NFC (Near Filled Communication). Sistem pembayaran fintech dianggap lebih praktis dan efisien. Jadi anda tak perlu lagi untuk mengeluarkan kartu ATM ataupun uang tunai anda. Sebab, dengan fintech anda sudah dapat melakukan berbagai macam pembayaran.

  • Sistem Investasi Sangat Mudah

Luasnya perkembangan fintech menjadikan fintech dipercaya dapat memudahkan semua orang berinvestasi. Layanan fintech ini menyediakan banyak sekali fasilitas transaksi dari berbagai bank. Fintech juga menyediakan berbagai data pasar yang sesuai dengan aturan. Alat investasi yang beragam juga dihadirkan di platform ini. Serta beberapa analisis untuk mengambil keputusan bagaimana investasi yang baik dan benar juga tak kalah dihadirkan dalam fintech.

Oleh karena itu, fintech banyak dipercaya memiliki banyak layanan yang tersedia di dalamnya. Layanan ini berguna dalam berbagai macam investasi yang dapat dilakukan oleh pengguna fintech.

Itulah beberapa kelebihan dan kelemahan yang dapat anda ketahui dari layanan fintech. Fintech telah memberikan banyak sekali manfaat dibalik kekurangan yang ada. Tak hanya itu, fintech ini memiliki cakupan luas yang dapat diakses semua kalangan masyarakat mulai dari kalangan bawah hingga para investor. Bagaimana? apakah anda tertarik mencoba juga?

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top