Keuangan

Kenapa Hidup Harus Sederhana, Meskipun Harta yang Anda Miliki Berlimpah? Ini Dia 4 Alasannya!

Sebelum bekerja dan memiliki penghasilan yang mapan, Anda pasti sering berkhayal untuk bisa membeli segala hal yang diinginkan. Namun, hal ini hanya menjadi angan-angan saja dan mungkin dapat terealisasi kalau  Anda sendiri yang berusaha mengumpulkan dana dari uang jajan sehari-hari. Berbeda dengan sekarang, Anda sudah dewasa dan memiliki penghasilan sendiri yang cukup mapan. Sekarang Anda bisa berbelanja dengan sesuka hati seperti membeli pakaian, sepatu, tas, kosmetik, hingga jalan-jalan santai tanpa harus melarat di akhir bulan. Akan tetapi, meningkatnya kemapanan yang Anda miliki saat ini tidak lantas menjadi boros dan glamor kok. Dengan hidup sederhana, justru akan membuat Anda jadi lebih untung dan bahagia. Penasaran kenapa? Simak dulu deh 4 alasannya berikut ini.

  1. Kebutuhan Anda Saat Ini Belum Seberapa, Maka Menabunglah Sejak Dini

Saat ini, mungkin kebutuhan Anda masih sangat sedikit. Paling hanya untuk makan, kost, bensin untuk kendaraan dan kebutuhan rutin bulanan. Namun bayangkan 10-15 tahun kedepan, tanggungan Anda pasti sudah akan berlipat ganda bukan? Mulai dari menyicil rumah, kendaraan, menyuplai kebutuhan keluarga, membayar listrik, membayar sekolah anak dan masih banyak lagi. Mumpung sekarang tanggungan Anda masih sedikit, maka manfaatkanlah momen ini untuk menabung. Hal ini tentu dapat membantu Anda untuk berlatih disiplin soal keuangan dan membantu Anda untuk mengumpulkan modal usaha, agar di hari tua nanti Anda tidak tertatih-tatih menutupi kebutuhan. Semakin Anda rajin dalam mengatur pengeluaran serta menyisihkan uang untuk ditabung, maka akan semakin bagus peluang Anda untuk sukses dalam hal finansial di masa depan.

  1. Banyak Kebutuhan Mendadak yang Tidak Terduga, Maka Siapkanlah dari Sekarang

Selain menabung untuk memenuhi kebutuhan di masa depan, Anda juga harus menyimpan uang untuk kebutuhan lain yang sifatnya dadakan atau tidak terduga. Pasti akan ada saja kebutuhan yang tidak terduga, seperti tiba-tiba sakit atau mengalami kecelakaan berat yang membutuhkan biaya besar. Jika keuangan Anda tidak siap, siapa yang akan membayar tanggungannya? Nah, pengeluaran-pengeluaran seperti ini cukup membahayakan finansial Anda apabila tidak dipikirkan dengan baik dan matang dari sekarang. Daripada Anda berutang kepada teman dan kelapakan mencari bantuan dana, lebih baik dari sekarang Anda simpan uang khusus untuk keperluan yang sifatnya mendadak. Begitu dibutuhkan, Anda pasti akan lebih sigap karena uangnya sudah tersedia.

  1. Hiduplah Sederhana dan Jangan Naikkan Standar Hidup Anda Sekarang, Kalau Sudah Terbiasa Pasti Sulit Kembali Lagi

Seiring pendapatan yang meningkat, maka Anda pun akan semakin mudah untuk membeli barang-barang yang diinginkan. Dari sini, Anda akan mudah tergoda untuk meningkatkan standar kualitas kehidupan. Jangan sampai tergoda dengan hal tersebut, karena hidup Anda masih panjang dan masih banyak hal yang harus dilalui. Apabila Anda sudah terlanjur nyaman dengan keadaan yang serba mewah, maka akan sulit untuk kembali ke kehidupan yang sederhana lagi. Misalnya Anda sudah terbiasa makan pasta atau steak di restoran, namun saat diajak makan di warteg Anda malah jadi malas. Nah, mumpung Anda belum terjebak ke dalam situasi seperti itu maka jangan pernah biarkan diri Anda terlena untuk menaikkan standar hidup dari sekarang.

  1. Hidup Glamor Tidak Akan Membuat Anda Merasa Lebih Kaya, Justru Uang Akan Lenyap dalam Sekejap Mata

Anda hidup glamor, karena merasa hidup lebih kaya dan uang dalam rekening selalu bertambah setiap bulannya. Jika ini alasannya, maka Anda salah besar. Justru, membiasakan hidup glamor tidak akan membuat Anda merasa lebih kaya yang sesungguhnya. Apabila setiap bulan Anda boros, pasti uang akan lenyap dengan sendirinya. Sebaliknya, jika Anda hidup hemat dan lebih mengutamakan investasi pasti uang Anda aman bahkan akan terus bertambah setiap bulannya. Meski saat ini Anda tidak bisa menikmati uang dengan sepenuhnya, suatu hari nanti Anda pasti akan menikmatinya dengan penuh rasa syukur.

Hidup serba berkecukupan adalah suatu anugerah yang patut Anda syukuri. Maka dari itu, syukuri dan nikmatilah anugerah tersebut dengan sebaik mungkin. Jangan membuat diri Anda jadi boros, tapi manfaatkanlah harta sebagai investasi yang berharga untuk masa depan Anda nanti. Semoga artikel ini bermanfaat!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top