Keuangan

Ketagihan Belanja Online Sampai Kantong Kering?Berikut Obatnya

Hampir setiap orang di dunia pernah melakukan aktivitas belanja. Belanja dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari baik untuk bertahan hidup seperti konsumsi dan sandang juga untuk pendidikan. Belanja tidak hanya dilakukan oleh individu saja namun juga organisasi, institusi atau perusahaan. Berkat kecanggihan teknologi saat ini belanja bisa anda lakukan kapan saja dan dimana pun asal memiliki koneksi internet. Pembayaran yang mudah membuat belanja online banyak menjadi pilihan masyarakat modern. Apapun kebutuhan anda juga bisa dipenuhi dengan belanja online.

Sayangnya jika kegiatan belanja online ini dilakukan berlebihan tentu tak hanya membentuk karakter boros namun juga kantong mengkerut. Bagi anda yang ingin lepas dari kecanduan belanja online maka ada baiknya lakukan beberapa tips berikut ini :

Unsubcribe

Langkah pertama yang bisa anda lakukan untuk menghentikan kebiasaan belanja online ialah unsubcribe. Biasanya untuk mendapatkan diskon atau potongan harga beberapa toko online menerapkan sistem subscribe bagi pelanggan. Dengan adanya subscribe inilah anda mendapatkan informasi terbaru tentang produk toko online tersebut. Lebih baik unsubcribe dan unfollow toko online yang biasa anda stalkingin

Batasi mobile banking

Kemudahan pembayaran belanja online juga turut membuat anda terus berbelanja. Ada baiknya anda menonaktifkan mobile banking atau membatasi dana pada kartu debit yang biasa digunakan untuk belanja. Cobalah untuk mencatat kebutuhan bulanan yang dibutuhkan untuk memperkirakan budget yang dibutuhkan setiap bulannya.

Hapus aplikasi belanja anda

Jika anda kesulitan untuk menangani kecanduan belanja online maka hapus saja aplikasi belanja anda. Jika menghapusnya juga akan mengacaukan kebutuhan pokok yang mestinya dibeli setiap bulan maka nonaktifkan notifikasi aplikasi belanja tersebut. Dengan begitu anda tidak lagi menerima iklan yang dapat mempengaruhi anda untuk berbelanja.

Jangan simpan data kartu kredit

Kartu kredit menjadi salah satu alat pembayaran yang bisa anda gunakan di seluruh dunia. Tentu saja fee untuk kartu kredit tak sama dengan kartu debit bahkan lebih tinggi. Biarpun begitu kartu kredit lebih banyak diterima oleh berbagai merchant di dunia ketimbang kartu debit. Untuk itu hindari menyimpan data kartu kredit pada smartphone atau aplikasi belanja.

Sibukan dirimu

Buatlah diri anda sibuk dengan kegiatan yang lebih bermanfaat dan berguna untuk diri anda. Lakukan hobi anda ketika ada waktu luang sehingga anda dapat mengurangi kecanduan belanja online. Anda bisa membaca buku,melukis atau melakukan olahraga. Jangan fokus untuk memenuhi keranjang belanja online anda saja namun isi waktu dengan kegiatan berguna. Anda juga bisa membuat daftar tunggu barang yang hendak dibeli. Jangan membelinya di waktu yang sama namun gunakan skala prioritas untuk memenuhi hasratmu tapi tak buat kantong mengkerut.

Manfaat dan kekurangan belanja online

Sebenarnya ada beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dari belanja online. Beberapa manfaat tersebut diantaranya ialah lebih hemat dalam pengeluaran. Belanja online biasanya menawarkan diskon menarik untuk produk tertentu atau gratis ongkir untuk perbelanjaan dengan nominal tertentu. Belanja online juga menghemat waktu karena anda tak butuh keluar rumah dan bisa dilakukan dimana pun anda berada. Belanja online bisa jadi solusi bagi anda yang super sibuk dan tidak bisa ke pasar atau toko offline. Biarpun begitu belanja online juga punya kekurangan sendiri seperti biaya ongkir yang lumayan tinggi apalagi jika anda belanja dalam jumlah yang sedikit. Tak jarang gambar yang ditampilkan juga tak sesuai dengan barang yang diterima. Ada banyak produk palsu yang patut anda waspadai ketika belanja produk tertentu.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top