Keuangan

Keuangan Anda Menurun? Intip 5 Cara Sehatkan Kembali Keuangan Anda Pasca Lebaran

Lebaran telah usai, tapi ada banyak hal yang harus Anda pikirkan kembali setelah berlibur dari kampung halaman. Salah satu hal yang mungkin menjadi bahan pikiran Anda pasca lebaran adalah biaya hidup bulanan. Alih-alih Anda ingin menikmati lebaran dengan uang THR, namun Anda lupa menyisihkan uang tersebut untuk biaya kebutuhan sehari-hari. Jika hal ini sudah terlanjur Anda alami, maka tidak perlu bersedih hati. Karena, ada solusi dan cara untuk menyehatkan kembali keuangan Anda pasca lebaran. Yuk, simak pemaparannya berikut ini.

  1. Cek Kembali Kondisi Keuangan Anda

Cara yang pertama, cek kembali kondisi keuangan Anda. Selain itu, periksakan kembali pengeluaran-pengeluaran apa saja yang dapat dibatasi agar Anda bisa lebih menghemat. Pisahkan antara kebutuhan menurut waktu pemenuhannya, yaitu antara kebutuhan yang dapat ditunda dengan kebutuhan yang mendesak. Untuk itu, buatlah daftar catatan yang dapat dilakukan agar dapat menyehatkan kembali keuangan Anda.

  1. Susunlah Kembali Anggaran Pengeluaran

Cara selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk menyehatkan kembali keuangan Anda pasca lebaran adalah menyusun anggaran pengeluaran. Cara ini bisa Anda mulai dengan membatasi pengeluaran bulanan. Misalnya, setiap bulan Anda biasa mengeluarkan uang sebesar Rp. 400.000 untuk keperluan internet. Hal ini bisa Anda kurangi menjadi Rp. 150.000 per-bulannya. Sisanya, Anda bisa gunakan untuk keperluan sehari-hari seperti uang transportasi bekerja, uang makan dan lain-lain.

  1. Menetapkan Biaya Harian

Setelah menyusun kembali anggaran pengeluaran, selanjutnya tetapkan berapa biaya yang boleh Anda keluarkan untuk keperluan sehari-hari. Jika setiap harinya Anda menetapkan biaya Rp. 70.000 untuk kebutuhan belanja, maka konsistenlah mengeluarkan uang dalam jumlah yang sama setiap harinya. Namun jika Anda terbiasa mengambil uang dalam jumlah yang besar, sebaiknya segera pisahkan uang yang akan Anda gunakan untuk keperluan sehari-hari. Akan lebih baik, Anda membawa uang secukupnya dan jangan sesekali tergoda untuk membeli barang-barang yang sama sekali tidak penting. Karena, hal ini justru akan membuat Anda menjadi boros dan keuangan pun tidak bisa terkelola dengan baik.

  1. Membatasi Pengeluaran Harian Anda

Membatasi pengeluaran harian, merupakan cara yang efektif untuk menyehatkan kembali keuangan Anda pasca lebaran. Jika Anda cenderung sering makan siang di luar kantor, maka mulai sekarang cobalah untuk membawa bekal makanan dari rumah saja. Agar Anda memiliki waktu luang untuk menyempatkan diri membuat sarapan dan makan siang, bangunlah lebih awal supaya Anda tidak kesiangan pergi ke kantor. Cara ini memang tidak hanya dapat menghemat pengeluaran Anda saja, tetapi juga dapat membuat Anda bisa menjaga pola makan yang bersih dan sehat. Ataupun jika Anda sering menggunakan mobil, cobalah mencoba untuk menggunakan kendaraan umum untuk sementara waktu. Hal ini, dilakukan agar Anda bisa menekan biaya BBM yang harus dikeluarkan.

  1. Membeli Barang atau Keperluan yang Dibutuhkan

Cara yang terakhir, belilah barang atau keperluan yang penting dan sedang Anda butuhkan saja. Apalagi dalam situasi krisis setelah lebaran, Anda harus lebih menahan diri dari godaan-godaan untuk berbelanja barang-barang yang sama sekali tidak penting. Jika Anda benar-benar menginginkan barang tersebut, maka bersabarlah sampai keuangan Anda kembali normal. Dengan demikian, keuangan Anda akan terkelola dengan baik.

Itulah dia 5 cara untuk menyehatkan kembali keuangan Anda pasca lebaran. Setelah Anda dapat memahaminya dengan baik, maka disiplinkan diri Anda agar dapat mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari dengan konsisten. Ingat, tujuan Anda melakukan hal ini adalah untuk memperbaiki keuangan Anda agar kembali normal. Jadi, bersabarlah dan lewati masa-masa pemulihan dengan disiplin dan mentaati segala anjuran yang baik untuk keuangan Anda. Semakin Anda disiplin dalam menggunakan uang, maka akan semakin cepat pula Anda akan pulih dari masa krisis pasca lebaran. Semoga 5 cara untuk menyehatkan kembali keuangan pasca lebaran diatas, bisa mengatasi kesulitan Anda untuk memulihkan keuangan pasca lebaran. Sehingga, dari sini dapat membuat Anda menjadi lebih pandai mengatur keuangan dengan baik dan bijak. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: