StartUp dan UKM

Keunggulan dan Kekurangan Dompet Digital Milik Millenial

Dompet digital menjadi salah satu terobosan alat pembayaran masa kini. Untuk membayar tagihan anda bisa memanfaatkan dompet digital yang sebelumnya sudah anda depositkan sejumlah dana. Jika kartu kredit membebani anda dengan biaya financial charge maupun materai yang tinggi maka dompet digital bisa jadi solusi berhemat. Dompet digital ini seperti rekening online yang bisa anda manfaatkan untuk membayar tagihan, belanja online hingga membeli fasilitas transportasi.  Kelebihan dompet digital juga bisa anda temukan berikut ini!

Kelebihan Dompet Digital

  1. Aman dan Nyaman

Teknologi memang membawa banyak perubahan khususnya dalam bidang ekonomi. Kini tanpa harus keluar rumahpun anda bisa membayar tagihan hingga berbelanja secara online. Penggunaan dompet digital menambah kemudahan konsumen dalam hal pembayaran. Dompet digital hanya mengandalkan koneksi internet dan aplikasi pendukungnya saja.  Cara pembayaran seperti ini dinilai lebih aman karena terhindar dari aksi pencurian maupun perampokan. Selain itu anda juga bisa melakukan pembayaran dimanapun anda berada sehingga kenyamanan konsumen terjaga.

  1. Pencatatan Rapi

Keunggulan lainnya dari dompet digital ini ialah adanya transaksi histori yang mempermudah anda dalam pencatatan keuangan. Anda bisa dengan mudah menemukan riwayat transaksi yang hendak dicari dan tersimpan aman dalam bentuk digital. Informasi transaksi yang tercatat juga lebih detail dan diatur sedemikian rupa sehingga nampak rapi dan jelas.

  1. Gak Ribet

Kelebihan lainnya dari dompet digital ialah menawarkan kemudahan dan fleksibilitas tinggi.  Untuk menggunakan dompet digital ini anda cukup menginstal aplikasi dompet digital tersebut pada smartphone.  Dilanjutkan mengisi informasi security yang dibutuhkan lalu menyesuaikan smartphone dengan ketentuan yang diperlukan oleh aplikasi tersebut. Ketika anda hendak membayar cukup masukan password untuk memverikasi pembayaran. Dijamin gak ribet dan mampu membantu anda dalam memonitor cek maupun saldo yang anda miliki.

Kini banyak sekali e-wallet ditemukan di Indonesia mulai dari yang diterbitkan oleh bank negara ataupun swasta hingga perusahaan provider telekomunikasi. Ada pula e-wallet yang  memakai teknologi contact less module dimana dalam melakukan pembayaran cukup dengan mendekatkan kartu dengan module tersebut.

Kelemahan Dompet Digital

Gaya hidup cashless memang sedang digalakkan untuk mengurangi biaya besar untuk mencetak dan mendistribusikan uang. Dompet digital hadir menjadi salah satu solusi untuk mendukung gerakan cashless ini. Walau memiliki banyak keunggulan namun dompet digital juga memiliki kekurangan.  Berikut beberapa kekurangan dompet digital yang perlu anda ketahui :

  • Layanannya Masih Terbatas

Meskipun menawarkan banyak kemudahan namun layanan dompet digital ini masih terbatas. Dompet digital tidak bisa digunakan untuk beragam transaksi. Sayangnya dompet digital ini hanya bisa digunakan untuk merchant yang sudah bekerja sama dengan penerbit dompet digital itu sendiri.

  • Uang Tak Bisa Dicairkan

Uang anda yang sudah didepositkan dalam dompet digital tidak bisa dicairkan. Apabila bisa dicairkan maka hanya terbatas dan hanya bisa ditransfer ke sesama pemilik aplikasi yang sama. Terlebih ada batas maksimum saldo sehingga ada ambang batas transaksi yang diterapkan. Biasanya maksimum isi dompet digital ini ialah sebesar Rp.10.000.000.

  • Tidak Menawarkan Imbal Balik

Dompet digital tidak sama dengan rekening bank yang mana jika semakin banyak uang anda yang didepositkan maka tidak ada bunga sama sekali. Keunggulannya dompet digital tidak membebani biaya administrasi yang mampu mengurangi saldo dompet anda. Ini artinya uang anda di dompet digital tidak akan berkembang . Jadi tetap ingin memiliki dompet digital?

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top