StartUp dan UKM

Kevin Systrom, Sosok Inspiratif Dibalik Instagram

Anda gemar bermain sosial media ? tentu tidak asing dengan sosial media instagram. Instagram memiliki  lebih dari 1 miliar pengguna per Juni 2018 lalu. Instagram sendiri merupakan media berbagi video dan foto yang dirintis pada Oktober 2010. Pengguna paling aktifnya berasal dari Amerika Serikat kemudian disusul oleh Brazil dan Indonesia di posisi ketiga. Instagram juga menempati urutan keempat sosial media yang paling banyak digunakan setelah Youtube, Facebook dan Whatsapp. Melalui instagram beberapa orang tak hanya berbagi kenangan mereka namun juga mendaur beberapa rupiah lewat endorse maupun penjualan online. Seiring meningkatnya pamor Instagram tentu anda juga penasaran siapa sih pendiri sosial media ini?

Kenalin Kevin Systrom, Founder IG

Kevin Systrom merupakan lulusan Standford University  dalam bidang management science and engineering. Dahulunya ia juga pernah magang di Odeo yang merupakan perusahaan cikal bakal Twitter.  Ia juga pernah bekerja di Google selama dua tahun lamanya.  Pria kelahiran 30 Desember 1983 di Holliston, AS ini merupakan anak dari pasangan Diana dan Douglas Systrom.  Ia mulai tertarik dengan computer sejak bermain Doom 2.  Ketika bergabung dengan Google ia menjabat sebagai manajer pemasaran memegang Gmail, Google calendar, Spreadsheet dan Docs.

Setelah mengundurkan diri dari Google kemudian Kevin bergabung dengan Nextstop yakni sebuah startup yang didirikan oleh mantan pegawai Google. Bisa dibilang dari pengalaman bekerjanya ini ia mulai berambisi untuk menjadi entrepreneur.

Ketika Instagram Diciptakan

Setelah melalui perjuangan panjang akhirnya  ia menciptakan sebuah startup bernama Burbn. Selang 2 minggu setelah keluar dari pekerjaannya Burbn mendapatkan modal awal sebesar US$ 500.000 dari Baseline Ventures dan Andressen Horowitz. Burbn sendiri merupakan layanan check in dengan memanfaatkan bahasa HTML5. Kevin systrom bersama rekannya Mike Krieger berpikir bahwa Burbn terlalu memiliki banyak fitur.

Ia pun hijrah untuk fokus pada photo sharing yang juga diminatinya sejak lama. Inspirasi dari photo sharing ini ialah ketika teman perempuannya tak mau memposting foto dirinya karena takut kelihatan jelek. Dari sinilah Burbn mulai berkembang menjadi Instagram.  Kepopuleran Instagram bukan main-main sejak dirilis pada Oktober 2010 silam selama satu bulan saja Instagram bisa mengumpulkan 1 juta pengguna.  Setelah satu tahun instagram mampu mengumpulkan 10 juta pengguna dan terus berkembang setelahnya. Instagram juga meraih gelar app of the year dari Apple karena mampu memecahkan rekor 15 juta unduhan  dan bertambah 1 juta setiap setengah bulan. Ini artinya setiap menit instagram memiliki 5 pengguna setiap harinya.

Instagram Dijual Ke Facebook

Walau sangat popuelr jumlah karyawan Instagram kala itu masih tetap 7 orang lalu bertambah menjadi 12 orang saat dijual ke Facebook. Melihat perkembangan Instagram begitu tinggi maka Facebookpun memilih untuk membelinya. Akhirnya Instagram dijual pada 2012 lalu dengan harga US$ 1 miliar dalam bentuk saham dan uang tunai. Kini pengguna Instagram meningkat pesat dan dilengkapi dengan beberapa fitur kece seperti instagram story yang juga diadopsi oleh Facebook. Dari perjuangan Kevin Systrom pastinya anda sangat termotivasi untuk membangun start up.

Dimana – mana kesuksesan bukanlah hal yang bisa diraih dengan mudah. Dari kisah sukses Kevin Systrom untuk menjadi seorang entrepreneur tak boleh mengandalkan modal kosong. Anda dituntut untuk berani dan memiliki pengalaman dan jangan berhenti untuk berinovasi. Dengan inovasi anda bisa mempertahankan kesuksesan tersebut tetap pada tempat anda berada saat ini.

 

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top