Tips

Kiat Jalankan Bisnis Ekspedisi di Zaman Kekinian Seperti Sekarang

bisnis-jasa-ekspedisi

Bisnis online saat ini memang menjadi fenomena yang begitu massif. Dengan semakin canggihnya teknologi, membuat bisnis online terus mendapatkan tempat di hati masyarakat. Dengan semakin maraknya bisnis online, maka ada banyak dampak yang ditimbulkan, termasuk besarnya permintaan terhadap jasa ekspedisi pengiriman barang. Begitu besarnya ketertarikan publik pada bisnis online dan jasa ekspedisi ini tentu Anda yang sedang menjalankan bisnis dibidang pengiriman barang ini perlu berbenah. Sebab dengan berbenah, maka bisnis ekspedisi Anda akan bisa sukses karena kemampuan menyesuaikan zaman. Berikut tips untuk Anda yang sedang jalankan bisnis ekspedisi di zaman sekarang untuk raih hasil optimal.

  1. Menjadi Partner Bisnis e-Commerce

Pertama, tips jalankan bisnis ekspedisi di zaman sekarang adalah dengan menjadi partner bisnis e-commerce. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa saat ini pertumbuhan e-commerce memang sangat besar. Dari sinilah maka ada pengaruh secara langsung kepada pihak ekspedisi untuk pengiriman barang. Meski ada pengaruh langsung yakni meningkatnya permintaan, tapi bila Anda tidak membuka diri untuk bekerjasama dengan bisnis e-commerce maka Anda tidak akan mendapatkan penawaran tersebut. Untuk bisa memperoleh penawaran dan akses langsung permintaan besar tersebut, Anda memang harus mengajak kerjasama untuk saling berpartner dengan e-commerce. Tanpa itu, Anda tidak akan mendapat pengaruh atau dampak dari besarnya bisnis online sekarang ini.

  1. Perbaiki Sistem Bisnis

Setelah menjalin kerjasama dengan pihak e-commerce, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah dengan memperbaiki sistem bisnis. Saat Anda sudah berpartner dengan pihak e-commerce maka Anda harus bersiap diri dengan jumlah order yang besar. Maka dari itu untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda perlu perbaikan sistem. Tanpa adanya perbaikan sistem, Anda akan kesulitan menghadapi jumlah order tadi. Perbaikan sistem yang bisa Anda sendiri lakukan adalah menambah jumlah kurir dan armada, menghadirkan tracking online dan juga menghadirkan agen serta gudang yang besar untuk menampung barang. Dengan adanya perubahan sistem tersebut, maka Anda akan bisa mengakomodasi besarnya permintaan dari maraknya bisnis online sekarang ini.

  1. Hadirkan Layanan Konsumen yang Prima

Berikutnya, tips jalankan bisnis ekspedisi di zaman sekarang adalah dengan menghadirkan layanan konsumen yang prima. Dalam keadaan bisnis online yang semakin pesat, Anda memang tidak hanya bisa mengakomodasi permintaan order yang besar saja. Tapi dibalik itu, sebenarnya Anda akan berhadapan dengan konsumen yang memilih ekspedisi Anda. Meski mereka memulai dengan memesan barang di marketplace atau e-commerce tertentu, tapi dalam pembelian tersebut, mereka juga memilih Anda sebagai jasa ekspedisinya. Nah dari sinilah Anda sebagai pemilik ekspedisi pastinya secara tidak langsung juga bertanggung jawab dengan konsumen atau pembeli tadi. Sebab, setelah barang dikirim, maka sukses-tidaknya serta aman-tidaknya barang, akan tergantung dari Anda sebagai jasa kurirnya. Maka dari itu layani kosumen dengan baik terutama ketika menghubungi Anda dan bertanya terkait barang yang dibelinya.

  1. Terus Lakukan Inovasi

Dalam zaman yang banyak berubah seperti sekarang ini, inovasi memang sangat dibutuhkan. Inovasi sendiri akan menjadi cara untuk Anda bisa eksis dengan zaman yang semakin cepat bergerak. Dalam bisnis ekspedisi sendiri, inovasi bisa Anda hadirkan dengan banyak cara. Seperti yang kita tahu bahwa permintaan besar di zaman sekrang ini datang dari bisnis online, termasuk e-commerce. Nah karena permintaan besar datang dari bisnis berbasis teknologi, Anda sebagai salah satu bagian dari sistem order barang ini juga harus menyesuaikan diri. Pastikan saja Anda menghadirkan teknologi sebagai langkah inovasi dalam bisnis Anda.

  1. Hadirkan Harga yang Bersaing

Terakhir, tips jalankan bisnis ekspedisi di zaman kekinian seperti sekarang adalah dengan menghadirkan harga yang bersaing. Saat ini memang semakin banyak orang yang membuka bisnis ekspedisi ini. Dari sini maka tingkat persaingan atau kompetitor pada bisnis ekspedisi akan semakin ketat atau sengit. Untuk mengatasi persaingan yang ketat ini maka Anda tidak bisa berdiam diri dan harus berbuat. Anda memang bisa saja menghadirkan pelayanan terbaik agar konsumen memilih bisnis Anda. Tapi di saat kompetitor menghadirkan layanan serupa dengan harga lebih murah, tentu Anda akan ditinggalkan konsumen. Bila yang terjadi hal yang demikian, maka Anda harus bisa menghadirkan harga yang lebih bersaing agar banyak konsumen yang memilih Anda.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top