Tips

Kiat – Kiat Khusus Lulus CPNS

Kiat – Kiat Khusus Lulus CPNS – Menjadi pegawai negeri sipil mungkin impian beberapa kalangan masyarakat saat ini terlebih dengan beragam fasilitas yang ditawarkan pemerintah. Beberapa manfaat yang didapatkan dari menjadi PNS diantaranya ialah gaji yang tetap dan naik setiap tahunnya. Ada pula dana pension dikala tak bekerja saat usia senja dan kemudahan mendapatkan pinjaman dari pihak bank. Fasilitas seperti tentu membuat banyak orang berusaha untuk menjadi pegawai pemerintahan. Melihat antusiasme pelamar pegawai negeri sipil setiap tahunnya membuat pemerintah kini menggunakan sistem CAT untuk tes PNS. Tes ini mengandalkan teknologi seperti computer sehingga lebih cepat para pelamar mengetahui nilai yang didapat serta informasi kelulusannya.

Sayangnya untuk diterima sebagai pegawai pemerintah bukan perkara mudah terlebih persaingan antara calon peserta lainnya. Anda tentu perlu banyak persiapan menghadapi seleksi PNS ini jika ingin diterima. Salah stau persiapan anda bisa juga dengan mengikuti tips dan trik berikut ini :

  1. Mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan

Langkah pertama yang perlu anda lakukan untuk lulus seleksi CPNS ialah dimulai dengan mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan. Setiap formasi tentu memiliki persyaratan yang berbeda – beda satu dengan lainnya. Dokumen yang pasti dimintai biasanya berupa KTP, KK, pas foto hingga legalisir ijasah.  Beberapa instansi ada yang meminta dikirim melalui pos namun kini anda cukup menguploadnya pada portal yang disediakan oleh pemerintah sehingga jangan lupa untuk mengscan dokumen anda.

  1. Cek Betul Kapan Waktu dan Tempat Seleksi

Kemudian anda juga perlu mencermati kapan ujian akan dilaksanakan dan dimana anda akan mengikuti ujian. Biasanya pada seleksi awal peserta akan melalui tahap seleksi administrasi terlebih dahulu barulah anda akan menerima surat atau pemberitahuan kapan dan dimana tempat ujian dilaksanakan. Catat atau tandai pada calendar anda sehingga anda dapat tepat waktu datang ke lokasi.

  1. Unduh Soal CAT Untuk Dipelajari

Tidak seperti dahulu yang menggunakan media kertas untuk lembar jawaban kini pemerintah telah menggunakan sistem computer untuk tes CPNS. Tes ini biasa disebut dengan CAT atau Computer Asisted Test. Dengan sistem CAT peserta dapat mendaftarkan diri secara online serta ketika selesai ujian dapat mengetahui hasilnya langsung sebab menggunakan sistem computer. Penilaian dilakukan secara obyektif tanpa ada indikasi kecurangan ataupun kolusi. Anda juga bisa mencari soal CAT yang bertebaran di dunia maya sebagai referensi pembelajaran sebelum ujian. Soal CAT umumnya meliputi kompetensi dasar berupa tes pengetahuan umum, tes bakat skolastik dan tes skala kematangan.

  1. Persiapkan Mental dan Doa

Langkah terakhir yang bisa anda lakukan untuk lulus CPNS ialah mempersiapkan mental anda.  Ingat kepercayaan diri itu penting selain kecerdasan intelegensia. Hal ini dikarenakan selain tes CAT anda juga dhadapkan dengan seleksi wawancara yang tak kalah sulitnya. Pada tahap wawancara tentu saja penyeleksi ingin mengetahui jati diri anda dan kecocokan dengan posisi yang dilamar. Pengetahuan akan instansi yang anda lamar juga diperlukan pada tahap ini. Selain itu doa juga merupakan obat penenag yang ampuh dan salah satu bentuk untuk memotivasi diri agar lebih percaya diri.

Persiapkan diri jauh – jauh hari agar anda bisa memberikan kemampuan yang maksimal untuk lulus dalam seleksi CPNS ini. ingat untuk tidak melakukan kecurangan seperti memberikan sogokan atau mencontek saat ujian. Langkah yang dimulai dengan baik akan menghasilkan kebaikan pula begitu pun sebaliknya. Selamat berjuang!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: