Tips

Kiat untuk Berbisnis Online

Kiat untuk Berbisnis Online – Anda ingin berbisnis online tapi bingung memulainya? Jika anda telah mengetahui cara berbisnis offline, anda tidak perlu khawatir dalam memulai bisnis online. Konsep dalam memulai bisnis online kurang lebih sama seperti memulai bisnis offline. Perbedaan bisnis online dan bisnis offline terletak pada media yang digunakan. Meskipun hanya memiliki sedikit perbedaan, namun sangat banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan dari bisnis online.

Bisnis online memiliki pasar yang lebih luas dari bisnis offline. Anda bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan dengan berbisnis online. Dibandingkan bisnis offline, modal yang anda butuhkan juga lebih rendah untuk membangun bisnis online. Anda juga bisa melakukan promosi dan pemasaran yang lebih mudah dengan berbisnis online.

Sudah tidak sabar memulai bisnis online? Berikut ini ada beberapa kiat untuk berbisnis online.

  • Tentukan Model Bisnis yang Sesuai dengan Diri Anda

ilustrasi-franchise

Anda dapat menemukan berbagai model bisnis online. Beberapa model bisnis telah kami ulas seperti dibawah ini. Anda bisa memilih bisnis yang lebih sesuai dengan anda.

  1. Start up

shutterstock_195607865

Start up merupakan bisnis model baru yang belum ada sebelumnya. Start up juga memiliki proses kerja yang benar-benar baru. Bisnis ini tidak meniru bisnis yang telah ada sebelumnya. Sangat cocok bagi anda yang senang berinovasi dan tertantang untuk melakukan sebuah perubahan.

Contoh bisnis start up adalah aplikasi ojek online. Bisnis ini belum ada sebelumnya dan baru muncul dengan model bisnis dan proses yang berbeda.

  1. Affiliate atau CPA Marketer

uss-05a

Affiliate marketer adalah seorang yang menjual produk oranglain. Produk yang anda jual dapat berupa produk fisik maupun produk digital. Anda mempromosikan produk orang lain melalui blog atau website anda, anda juga perlu menambahkan link agar calon pembeli bisa langsung berinteraksi dengan penjual produk.

Jika produk terjual karena promosi yang anda lakukan, maka anda akan mendapatkan komisi penjualan. Anda tidak membutuhkan modal besar untuk memulai bisnis ini. Affiliate marketing sesuai bagi anda yang ingin mendapatkan pendapatan semi-pasif.

  1. Toko Online

belanja-online

Jika anda telah memiliki produk fisik untuk dijual anda bisa mencoba membuat toko online. Anda bisa membuat blog atau website sebagai toko virtual dan juga bisa memanfaatkan berbagai situs bisnis online yang telah banyak tersedia di internet.

Membuat toko online tentu akan meningkatkan jumlah calon pembeli. Semakin banyak orang yang melihat produk anda, maka peluang produk anda untuk terjual juga semakin besar. Anda tetap bisa memanfaatkan toko online meskipun anda tidak memiliki produk sendiri. Cara ini dikenal dengan sistem dropship. Melalui dropship anda tidak perlu bingung dalam pembuatan produk, pengemasan maupun pengiriman pada pelanggan. Anda hanya perlu mempromosikan produk. Jika ada pembeli, produk akan langsung dikirim ke pembeli dari supplier dengan mengatasnamakan toko anda.

  1. Menjadi blogger atau membuat website

blogger

Membuat blog atau website bisa menjadi sebuah pijakan untuk berbisnis online. Anda bisa membangun atau mengembangkan blog atau website anda. Jika blog atau website telah memiliki banyak pengunjung.

Blog bisa digunakan untuk menjadi publiser iklan mulai dari mendaftar Google Adsense, iklan affiliasi atau iklan produk sendiri. Melalui blog atau website anda bisa menjual berbagai produk digital seperti ebook atau video. Anda juga bisa menyediakan layanan berlangganan.

Model bisnis ini cocok bagi anda yang suka menulis dan menginginkan penghasilan dalam jangka panjang.

  • Pantang Menyerah

tips-pantang-menyerah-ketika-sulit-dapat-kerja-kxckbaul7c

Berbisnis online sama seperti bisnis offline. Anda harus memiliki mental baja untuk memulai sebuah bisnis. Begitu pula dengan memulai bisnis online anda harus pantang menyerah. Tidak ada bisnis yang bersifat instan dan cepat menghasilkan uang. Anda perlu berhati-hati dengan bisnis yang menawarkan keuntungan besar dengan cepat.

Memulai bisnis online membutuhkan kesabaran, karena anda akan membutuhkan waktu yang tidak singkat untuk membangun dan mengembangkannya.

  • Kembangkan Mental Positif

10-cara-tingkatkan-pikiran-positif

Anda harus memiliki berbagai mental positif untuk berbisnis baik itu bisnis offline maupun berbisnis online. Bukan hanya saat berbisnis offline, dalam berbisnis online anda harus memiliki berbagai sikap antara lain: berani mengambil resiko, bekerja keras, fokus dan serius serta memiliki mimpi yang besar.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: