StartUp dan UKM

Kisah Sukses Pulcher Bags, Brand Tas Lokal Kreasi Laurensia

pulcher_bag_laurensia

Sebagai salah satu brand lokal, produk tas bermerk Pulcher Bags memang sudah memiliki banyak peminat. Namun kesuksesan Pulcher Bags yang dikreasi oleh Laurensia ini tidak tiba-tiba saja dapat diraih. Sebab dibalik kesuksesan Pulcher Bags ini ada kisah panjang yang berliku-liku untuk memperjuangan brand tas lokal ini meraih kesuksesan. Kreatornya sendiri yakni Laurensia menceritakan bahwa dasar dirinya membuat Pulcher Bags adalah besar peluang bisnis tas di Indonesia. Wanita kelahiran 22 tahun ini melihat bahwa jual-beli tas di Indonesia ini sangat besar peluangnya dari anak-anak hingga dewasa. Dari sinilah maka pada tahun 2014, Laurensia kemudian menghadirkan Pulcher Bags yang sukses saat ini dengan pencapaian omset mencapai 180 juta per bulan. Nah seperti apakah kisah sukses dari Pulcher Bags ini? Yuk telusuri ceritanya berikut ini.

Awal Mula Berbisnis Tas

Awal mula Laurensia tertarik untuk berbisnis tas adalah saat dirinya mengalami kesulitan mengganti tas kuliahnya yang rusak. Saat akan mengganti tasnya yang rusak tersebut, Laurensia mendapati tas di pasaran yang modelnya tidak sesuai selera. Bila pun ada model yang sesuai, harganya sangat mahal karena merupakan produksi luar negeri. Dorongan lain yang membuat Laurensia berbisis tas adalah keinginannya untuk tidak lagi membebani ayahnya dengan biaya kuliahnya. Saat memulai usahanya, Laurensia mengajak adiknya untuk bersama-sama mengembangkan Pulcher Bags. Dalam kerjasama dengan adiknya, Laurensia terbantu untuk mendesain tas Pulcher Bags yang lucu-lucu.

Jalankan Bisnis Tas

Sesudah mendapatkan desain Pulcher Bags dari adiknya, Laurensia pun mencari vendor untuk membuat dua lusin tas terlebih dahulu. Setelah tas Pulcher Bags sudah jadi, Laurensia mulai menjualnya secara online untuk dijual melalui media sosial dan BlackBerry Messenge (BBM). Selain menjualnya secara daring, Laurensia juga menjual Pulcher Bags secara offline dengan membuat booth di Universitas Tarumanegara dan Universitas Trisakti. Dari usahanya menjual tas Pulcher Bags, ternyata publik meresponnya dengan positif. Dua lusin tas yang dibuat pun berhasil ludes terjual.

Permintaan Tas yang Terus Meningkat

Dari respon positif yang didapat Laurensia diawal usahanya membuat wanita lulusan jurusan Teknik Industri Universitas Tarumanegara ini semakin bersemangat untuk menjalankan bisnis Pulcher Bags. Laurensia pun kembali membuat tas untuk kemudian dijual kembali secara online dan offline. Tapi untuk kali ini Laurensia menjual Pulcher Bags dengan strategi promosi seperti memberikan rain cover secara gratis dan juga bebas ongkos kirim. Dari strategi ini kemudian Pulcher Bags kemudian mampu terjual hingga ke luar Jawa seperti Papua dan Kalimantan.

Produk Pulcher Bags

Dengan segala kerja kerasnya, Laurensia dengan Pulcher Bags-nya saat ini bisa terbilang telah mampu meraih kesuksesannya. Sampai saat ini Laurensia telah mampu membuat 20 varian atau seri dari Pulcher Bags diantaranya tas ransel, sling bag, raincover, tas gym dan dompet. Variasi dari Pulcher Bags memang selalu dihadirkan oleh Laurensia untuk membuat para pelanggannya tidak jenuh dengan produk yang itu-itu saja. Semakin berkembang Pulcher Bags membuat Laurensia pun meluaskan strategi pemasarannya dengan menjualnya ke beberapa marketplace kenamaan seperti Blibli.com, Elevenia, Lazada, dan Zalora,

Pencapaian Usaha

Setelah segala upaya dan strategi dijalankan, Laurensia pun mampu meraih puncak pencapaian dengan membuat Pulcher Bags dikenal masyarakat luas. Dengan pencapaian yang terbilang sukses ini Pulcher Bags saat ini mampu meraih omset sekitar Rp 180 juta dengan penjualan rata-rata 1.000 tas per-bulannya. Tentu angka ini masih bisa naik bila Laurensia mampu terus membuat Pulcher Bags makin dicintai dan digemari masyarakat.

Kunci Sukses Pulcher Bags

Saat ditanya kunci sukses menjalankan bisnis Pulcher Bags, Laurensia mengatakan bahwa dirinya sangat concern dengan harga. Maka dari itu Laurensia memabanderol Pulcher Bags dengan harga yang kompetitif. Jadi supaya tas Pulcher Bags ini bisa diterima masyarakat dari banyak kelas dan kalangan, Laurensial membanderol tasnya dengan harga yang terjangkau dan ramah kantong untuk para pekerja kantor dan mahasiswa sekalipun. Dengan harga terjangkau dan kualitas produk yang meyakinkan, Pulcher Bags pun mampu diterima masyarakat luas dan mampu meraih sukses.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top