Keuangan

Krisis Moneter Bukan Akhir Segalanya, Ada Keuntungan yang Bisa Diraih Bila Anda Jeli Melihat Kesempatan

Krisis moneter menjadi hal yang paling ditakutkan oleh banyak orang, terutama pada tahun 1998 saat Indonesia dilanda kerusuhan akibat melambungnya harga dolar yang menyebabkan rupiah tersungkur. Selain menyebabkan rupiah tersungkur, krisis moneter juga telah menyebabkan ketidakstabilan di bidang politik Indonesia. Meskipun krisis moneter dianggap hal yang paling menakutkan, namun disamping itu krisis moneter juga bisa mendatangkan keuntungan bagi orang-orang yang jeli melihat kesempatan. Berikut lima keuntungan yang bisa diraih saat krisis moneter yang bisa Anda lakukan.

1. Mengambil Keuntungan dari Investasi Emas

Saat krisis moneter, nilai mata uang rupiah akan menurun dibandingkan mata uang dolar Amerika yang akan semakin meningkat. Meskipun demikian, Anda bisa mengambil keuntungan yaitu dari investasi emas. Jika Anda mempunyai hobi menyimpan emas sebelum terjadi krisis moneter, maka ini adalah saat yang tepat untuk menjual emas yang sangat berharga tersebut. Hal ini dikarenakan, saat krisis moneter harga emas akan meningkat pesat dan emas dianggap memiliki nilai yang stabil serta tidak mudah diterpa krisis ekonomi. Selain itu, emas juga mudah di jual belikan kembali, apalagi pada saat terjadi krisis. Banyak toko emas yang mencari emas dan akan membelinya dengan harga tinggi. Sehingga, dalam keadaan krisis moneter pun Anda akan mudah menjualnya dan bisa memperoleh keuntungan yang berlipat ganda.

2. Berspekulasi dengan Dolar atau Mata Asing Simpanan

Selain emas, mata uang dolar atau mata uang asing yang Anda simpan juga bisa dijual untuk mendapatkan keuntungan berlipat. Kesempatan ini biasanya dilakukan jika Anda tidak mau repot-repot mencari keuntungan lain disaat krisis. Namun, ada juga yang justru membeli dolar atau mata asing lainnya untuk dikumpulkan dan dijual begitu harganya sudah mencapai titik kulminasi. Anda harus jeli kapan harus membeli dan menjual dolar atau mata uang asing tersebut, jangan sampai Anda salah langkah sehingga menjadi rugi.

3. Menjadi Eksportir Sebuah Produk

Anda mempunyai usaha di bidang kerajinan atau barang menarik lainnya? Kenapa Anda tidak coba untuk menjualnya ke luar negeri saja? Dengan menjualnya ke luar negeri, Anda akan mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda. Karena, harga jual produk yang Anda tawarkan ke luar negeri akan lebih mahal dari pada bahan baku dan ongkos pembuatannya di Indonesia. Anda akan menjual produk tersebut dengan menggunakan dolar, pasti keuntungannya sangat besar. Untuk bisa menjualnya dengan mudah, Anda harus membuat jaringan atau rekan bisnis dengan negara lain yang bisa Anda ajak untuk bekerja sama. Anda tidak perlu khawatir tentang laris atau tidaknya produk tersebut, karena produk Indonesia terkenal dengan mutu dan juga ke-khasannya. Jika Anda berhasil menjualnya ke luar negeri, maka Anda akan mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda.

Namun, bagaimana jika Anda tidak mempunyai modal untuk melakukan eksport barang ke luar negeri tersebut? Jangan khawatir, sekarang ini adalah zamannya teknologi dan internet. Anda bisa melakukan eksport barang produksi melalui online. Selain murah, keuntungan yang akan Anda terima juga sangat besar.

4. Bekerja Sebagai Freelance untuk Perusahaan Asing

Untuk mendapatkan keuntungan di saat krisis moneter, Anda juga bisa mengambil keuntungan dengan bekerja sampingan atau freelance untuk perusahaan asing. Sekarang ini banyak pekerjaan freelance yang membutuhkan orang Indonesia baik untuk menulis, menerjemahkan, membuat riset tentang Tanah Air hingga sebagai konsultan. Lowongan pekerjaan tersebut sering ditawarkan melalui media online. Dengan bekerja sebagai freelance untuk perusahaan asing, maka Anda akan mendapatkan keuntungan yang sangat besar. Bayangkan, Anda akan dibayar per jamnya dengan mata uang dolar. Pemasukan Anda pun pasti akan berlipat ganda.

5. Membuka Bisnis di Bidang Parawisata

Membuka bisnis di bidang parawisata di saat krisis moneter memang ada? Jawabannya, jelas ada. Di tempat wisata, akan banyak turis mancanegara yang membanjiri Indonesia yang mata uangnya tengah melemah. Banyak turis mancanegara yang beranggapan bahwa saat krisis moneter, produk-produk di Indonesia akan sangat murah. Anggapan itulah yang mendorong mereka untuk mengunjungi Indonesia, dari pada mengunjungi negara lain. Dari kesempatan yang terbuka lebar ini, Anda bisa membuka usaha di bidang parawisata seperti agen tiket, biro travel, penerjemah dan guide.

Itulah 5 keuntungan yang bisa Anda raih saat krisis moneter. Untuk menjalankannya, Anda harus jeli dan tahu kapan waktu yang tepat memulainya agar Anda tidak salah langkah. Selain itu, Anda juga harus bisa mengubah pola pikir untuk mengubah suatu kondisi yang sulit menjadi kesempatan kerja untuk mendapatkan keuntungan. Selamat mencoba !

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: