Keuangan

Kuliah Di Luar Negeri ! Sudah Tahu Belum 5 Aturan Keuangan Ini?

Kejarlah ilmu hingga ke negeri China merupakan salah satu ungkapan yang menggambarkan pentingnya sebuah pendidikan. Biarpun jauh sekalipun namanya ilmu sejatinya tak memiliki nilai yang bisa dihargai dengan satuan mata uang. Ilmu bersifat kekal dan bisa digunakan tidak untuk menolong diri anda namun juga orang lain. Pendidikan di dalam negeri tidaklah buruk tetapi bukan berarti yang terbaik. Di negara-negara maju baik di wilayah Eropa atau Amerika yang mayoritas di negara maju memang memiliki fasilitas yang jauh lebih baik. Banyak pula pelajar Indonesia jauh-jauh merantau hingga ke negeri seberang hanya untuk mendapatkan pendidikan yang layak dan terbaik.

Sayang untuk bertahan hidup khususnya kuliah di luar negeri tak semudah membalikan tangan. Selain dituntut untuk mandiri, anda juga akan merasa terasing di negara yang baru anda kenal. Anda akan merasakan perbedaan budaya, aturan dan fasilitas yang berbeda pula dengan Indonesia. Untuk mampu bertahan hidup di luar negeri apalagi jika masih berstatus pelajar maka lakukan beberapa hal berikut ini :

Tinggalah Di Dorm Universitas

Salah satu cara menekan biaya hidup selama kuliah di luar negeri jika tak ada sanak saudara maka pilihlah tinggal di dorm atau asrama universitas. Dari segi fasilitasnya memang layak walaupun untuk kebutuhan privasimu tidak terpenuhi secara maksimal. Anda bisa mendapatkan kamar tidur dengan harga murah namun harus rela menggunakan kebutuhan dapur maupun kamar mandi yang biasanya disediakan untuk penghuni lainnya pula. Untuk awal-awal hidup di luar negeri maka dorm universitas akan lebih aman dan hemat.

Belajarlah Masak

Kebutuhan lainnya yang membuat budget hidup anda di luar negeri kian tinggi ialah kebutuhan akan makanan. Alangkah baiknya jika anda bisa memasak sendiri untuk menghemat uang jajan di luar. Biaya yang dikeluarkan untuk makan jika memasak tentu jauh lebih kecil ketimbang jajan di luar. Selain itu apabila anda beragama muslim maka dengan memasak sendiri anda lebih yakin dengan kehalalan dari makanan yang anda santap.

Gunakan Kartu Identitasmu Untuk Akses Transportasi

Keuntungan menyandang status pelajar di luar negeri terlebih negara-negara maju ialah anda mendapatkan keistimewaan harga dalam hal biaya transportasi.  Bahkan potongan yang diberikan bisa lebih dari 50 %. Dengan murahnya biaya transportasi yang diberikan pasti membuat anda mudah untuk bepergian. Baik untuk jalan-jalan atau untuk akses ke perpustakaan demi mengerjakan tugas kuliah yang dibebankan.

Cari Beasiswa

Untuk sekolah di luar negeri bukan hanya dituntut mental dan intelegensia tinggi namun juga kemapanan financial. Jika anda salah seorang yang tidak mampu dalam hal financial maka cobalah untuk mendapatkan beasiswa. Banyak beasiswa yang ditawarkan untuk mahasiswa Indonesia juga meliputi biaya pendidikan dan biaya hidup seperti beasiswa Erasmus Mundus atau Monbukagakusho. Kedua jenis beasiswa ini memberikan dana pendidikan, biaya hidup bahkan biaya perjalanan andapun juga akan ditanggung.

Bekerja Sambilan

Selanjutnya ialah untuk mendapatkan dana tambahan banyak pula yang melakukan kerja sambilan. Untuk melakukan kerja sambilan ini bagi beberapa negara punya aturannya sendiri-sendiri seperti jam kerja dan besarannya upah. Ada pula yang menetapkan izin khusus yang memerlukan referensi dari beberapa orang yang kepentingan untuk bisa bekerja sambilan di suatu negara. Untuk itu ada baiknya jika anda mencari tahu terlebih dahulu persyaratan apa yang dibutuhkan untuk bisa bekerja sambilan di suatu negara.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top