Lainnya

Kuliah Sambil Bekerja Memang Melelahkan, Namun Inilah Kenikmatan yang Justru Bisa Anda Rasakan!

Tidak ada kata terlambat untuk menuntut ilmu, di usia berapapun selama Anda semangat tentu masih bisa dilakukan. Bagi Anda yang sudah lebih dulu berkecimpung di dunia pekerjaan sebelum kuliah, maka bisa mencoba untuk mendaftarkan diri ke Perguruan Tinggi yang membuka kelas malam. Pasalnya, kelas malam ini dikhususkan bagi orang-orang yang sibuk dengan rutinitas pekerjaan di pagi hari hingga sore hari. Maka dari itu, kelas malam sering dilakukan di sore hari hingga malam hari. Meski harus kuliah setelah capek bekerja, namun mahasiswa kelas malam juga tidak setengah-setengah lho dalam menuntut ilmu. Nah bagi Anda yang lebih memilih kuliah sambil bekerja, ketahuilah 5 kenikmatannya berikut ini.

  1. Saat Orang Lain Sudah Bisa Bersantai di Rumah, Anda Malah Harus Berkutat dengan Dosen dan Mata Kuliah

Siapa bilang kuliah sambil bekerja itu tidak capek? Coba bayangkan, bagaimana lelahnya diri Anda setelah seharian melewati rutinitas pekerjaan yang banyak lika-liku. Setelah pulang bekerja, Anda pun malah harus melanjutkan rutinitas di kampus demi mencari ilmu. Bahkan tidak jarang wajah terlihat lesu, perut lapar karena belum sempat makan sepulang kerja, hingga pikiran yang kurang fokus akibat kelelahan. Namun dibalik semua itu, hati selalu saja menemukan rasa gembira. Karena, di kampus Anda bisa bertatap muka dengan dosen dan asyiknya berkumpul bersama teman-teman seperjuangan. Hal-hal yang demikian itu, justru menumbuhkan rasa semangat Anda untuk terus berjuang dan menjalani setiap detik di kampus.

  1. Orang Lain Terlihat Santai Karena Tidak Perlu Memikirkan Mahalnya Biaya Kuliah, Berbeda dengan Anda yang Harus Membiayai Kuliah dari Jerih Payah Sendiri

Selain bisa menikmati rasanya memiliki Q-time dengan dosen dan teman-teman di kampus, Anda juga akan menikmati rasanya berhasil membayar uang kuliah dari hasil jerih payah sendiri. Ketika teman-teman Anda masih harus berpangku tangan kepada orangtuanya untuk membiayai kuliah mereka, justru Anda sudah mampu membiayai kuliah dari penghasilan sendiri. Jika seperti ini, nikmat mana sih yang bisa Anda dustakan?

  1. Banyak Pengalaman yang Dimiliki Oleh Teman-Teman Seperjuangan, Sehingga Membuat Anda Jadi Lebih Bersyukur Atas Kehidupan yang Lebih Mudah Dibandingkan Mereka

Teman-teman Anda bisa kuliah di PTN favorit, sedangkan Anda tidak. Apakah Anda merasa malu karena tidak bisa kuliah di PTN favorit seperti mereka? Yah, mungkin wajar-wajar saja jika Anda berpikiran seperti itu. Namun coba deh pikir-pikir lagi, apakah Anda kuliah di sini hanya untuk mengadu gaya semata? Anda berjuang mati-matian hanya untuk mencari ilmu, agar suatu saat karir Anda bisa lebih baik lagi dari sebelumnya. Lagipula, otak Anda tidak kalah jauh kok dengan mereka yang berkuliah di PTN favorit. Bahkan, di sisi lain Anda justru memiliki kelebihan yaitu mendapatkan ilmu kehidupan yang tidak bisa dimiliki oleh mahasiswa-mahasiswa reguler.

  1. Membiasakan Diri untuk Hidup Disiplin dan Bertanggung Jawab

Sejak pagi hingga sore, Anda harus berkutat dengan banyak pekerjaan. Lalu, sepulang kerjanya Anda lanjut berkutat dengan mata kuliah hingga malam hari. Percayalah, bahwa hanya orang yang bertanggung jawab pada komitmen dan bertekad kuat yang mampu melaksanakan hal seperti itu. Di perkuliahan pun pasti Anda akan menemukan teman yang memilih untuk berhenti kuliah, ada yang beralaskan karena dipindah tugas oleh kantornya, sampai alasan malas untuk melanjutkan perkuliahan. Tidak jarang pula, mereka mengemukakan berbagai alasan yang sepele. Padahal, mereka yang seperti itu tidaklah cukup kuat untuk bertanggung jawab pada komitmen awal yang pernah mereka buat sebelumnya.

  1. Kebanggaan yang Luar Biasa, Saat Anda Berhasil Memakai Toga Kelulusan

Ketika Anda berhasil memakai toga dan dinyatakan lulus, maka di situlah perjuangan yang amat luar biasa demi menggapai cita-cita akan terbayar lunas. Begitupun orangtua Anda, orangtua mana sih yang tidak bangga dengan anaknya yang telah berhasil mencapai cita-citanya? Apalagi jika Anda berhasil lulus dengan IPK yang sangat memuaskan, orangtua pasti akan sangat bangga karena anaknya berhasil lulus dengan nilai tinggi serta berdasarkan jerih payah keringat sendiri.

Nah, itulah dia ulasan tentang 5 kenikmatan yang hanya bisa dirasakan oleh orang yang memilih untuk kuliah sambil bekerja. Semoga artikel ini bermanfaat!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top