Lainnya

Lagi Menganggur dan Jenuh? Usir dengan 5 Cara Ini

usir-jenuh

Keadaan menganggur memang akan membuat serba salah dan binggung. Ini karena Anda yang seharusnya sudah mulai bekerja menghasilkan uang jadi tidak bisa melakukannya karena tidak adanya pekerjaan. Tidak hanya binggung, keadaan menanggur ini juga tak jarag membuat seseorang jadi jenuh karena keadaan yang terus berdiam diri di rumah tanpa aktivitas yang menghasilkan. Kondisi yang menjenuhkan saat menganggur ini tentu tidak boleh dianggap sepele. Sebab, bila dibiarkan hal ini bisa membuat keadaan yang lebih buruk seperti depresi dan stress. Nah, dari sinilah dibutuhkan sebuah cara yang mumpuni untuk bisa mengusir rasa jenuh saat menganggur. Bagaimana caranya? Berikut beberapa cara tepat dan mumpuni yang bisa Anda lakukan untuk bisa mengusir jenuh saat menganggur.

  1. Berpikir Positif dan Selalu Ingat akan Bahagia

Pertama, cara mengusir jenuh saat menganggur adalah dengan selalu berpikir positif dan selalu ingat akan bahagia. Meski terdengar sangat klise, tapi seorang yang mennganggur memang perlu selalu melakukan hal ini. Anda harus selalu berpikir positif untuk bisa menghilangkan rasa cemas dan khawatir karena belum mendapatkan pekerjaan. Selain itu sikap bahagia juga perlu Anda kedepankan agar apa-apa yang mengusik Anda selama menganggur selama ini bisa tereliminasi. Saat menganggur memang akan banyak tekanan yang muncul dari banyak pihak. Dari sini maka biasanya orang yang menganggur akan memiliki banyak rasa sedih. Nah dari sinilah maka sikap selalu bahagia tak boleh dilupakan untuk selalu ditanamkan selama masa menganggur.

  1. Melakukan dan Kembangkan Hobi

Anda tentu memiliki hobi atau kegemaran yang dapat membuat hati bahagia. Berkaitan dengan menyikapi rasa bahagia ini maka menjalankan hobi bisa menjadi pilihan yag tepat untuk dilakukan. Dengan menjalankan hobi maka Anda juga bisa mengisi waktu yang lebih baik dari pada sekedar berdiam diri di rumah. Dari sini maka Anda akan bisa terhindar dari rasa jenuh dan bosan ketika menjalankan hobi. Apalagi bila hobi yang Anda miliki merupakan sesuatu yang bisa mendatangkan manfaat seperti membaca buku, membuat kerajinan tangan atau juga berorganisasi. Maka selain Anda akan terhindar dari rasa jenuh, hobi yang Anda jalankan juga dapat membuat Anda mendapatkan ilmu yang bermanfaat.

  1. Bekerja Paruh Waktu atau Freelance

Berikutnya, cara untuk mengusir jenuh dan bosan saat menganggur adalah dengan bekerja paruh waktu. Saat ini pekerjaan sebagai freelancer memang sudah banyak dijumpai. Apalagi dengan munculnya teknologi online, maka semakin banyak pekerjaan paruh waktu yang bisa didapatkan. Beberapa pekerjaan paruh waktu yang bisa Anda kerjakan saat menganggur adalah menjadi guru privat, penerjemah, penulis dan lainnya. Apapun pekerjaannya asal halal, Anda bisa menjadikannya sebagai pengisi waktu luang dari pada Anda menganggur. Bekerja paruh waktu sendiri bisa Anda jalankan sembari menunggu Anda diterima di perusahaan sebagai karyawan tetap.

  1. Coba Lakukan Travelling

Selanjutnya, cara mengusir jenuh akibat menganggur adalah dengan melakukan traveling. Traveling memang sangat ampuh untuk Anda yang ingin mengusir jenuh dan penat. Tapi banyak orang-orang yang menganggur ini berpikir dua kali saat akan melakukan traveling yaitu ongkos atau biayanya. Memang untuk melakukan traveling ini Anda membutuhkan ongkos. Tapi masalah ini bisa dihemat dengan cara Anda melakukan backpacker yang penuh petualangan.

  1. Berolahragalah

Terakhir, cara usir jenuh saat sedang menganggur adalah dengan rajin berolahraga. Kegiatan yang satu ini memang seringkali dilupakan oleh banyak orang yang sedang menanggur. Padahal aktivitas berolahraga ini sangat penting, tidak hanya untuk mengusir jenuh, tapi juga dapat membuat badan lebih sehat. Ini karena saat berolahraga Anda akan merasakan suasana yang berbeda dan juga badan yang lebih banyak bergerak. Tapi bila Anda berada di terus-menerus berada di rumah maka selain rasa bosan, tubuh Anda akan cenderung tidak banyak bergerak sehingga tubuh Anda jadi kurang sehat.

Inilah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa mengusir rasa jenuh dan bosan saat menganggur. Namun agar Anda tak terlalu lama berkutat dengan menganggur yang tidak baik ini, maka pastikan Anda untuk selalu berusaha mencari pekerjaan yang bisa membuat Anda jauh lebih produktif lagi.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top