Keuangan

Lakukan 5 Cara Menyenangkan Ini, Agar Hidup Anda Tetap Hemat Tapi Gak Pelit!

Ada sebagian orang yang bekerja siang dan malam, namun tidak bisa menikmati hasil dari jerih payahnya tersebut. Bahkan, ada juga yang rela mencari pekerjaan tambahan padahal di hari weekend yang seharusnya dimanfaatkan untuk beristirahat. Alhasil, Anda bertemu dengan hari selanjutnya tapi dalam kondisi jiwa raga yang babak belur. Tidak hanya itu, pikiran pun jadi stres karena urusan finansial yang tidak kunjung membaik. Jika Anda tidak segera bertindak dan membiarkan hal itu terjadi, maka selama hidup Anda pasti tidak akan merasa tenang. Untuk keluar dari permasalahan finansial ini, sebaiknya buatlah perencanaan keuangan. Salah satu perencanaan keuangan yang harus diperhatikan adalah menghemat. Meskipun Anda hidup berhemat atau irit, bukan berarti Anda pelit pada diri sendiri sehingga membatasi semua kesenangan yang selama ini Anda jalani. Tapi, Anda bisa hidup hemat dengan cara-cara yang menyenangkan tanpa harus pelit dan membatasi kesenangan Anda. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

  1. Senang Nongkrong di Kafe? Mulai Saat Ini Buat Saja Kopi Ala Sendiri di Rumah

Jika menyambangi satu per satu kafe di kota Anda secara rutin, jelas tidak akan ada habisnya bukan? Daripada Anda selalu nongkrong di tempat-tempat hits, tidak ada salahnya mencoba kopi racikan sendiri. Selain harganya lebih hemat, Anda juga bisa mencari peruntungan dari kopi racikan yang Anda buat tersebut. Kalau perlu, Anda bisa meminta keluarga untuk mencicipinya. Dari sini, Anda mungkin bisa mendapat peluang menjadi barista selanjutnya.

  1. Mengerjakan Hobi Sambil Mencari Tambahan Uang

Selanjutnya, Anda bisa mengerjakan hobi sambil mencari tambahan uang. Selagi Anda di rumah demi menghemat biaya macam-macam, lebih baik Anda mengeksplorasi hobi saja. Pasalnya, ada banyak macam hobi yang bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah lho. Jika Anda hobi main musik, maka coba rekam dan unggah di media sosial seperti Youtube atau Soundcloud. Dengan cara ini, Anda bisa mendapat promosi hingga mendapatkan tambahan uang. Jika Anda hobi dan rajin mengikuti perkembangan fashion, maka cobalah utak-atik baju sehingga menjadi pakaian yang modis. Kemudian jual dan promosikan, siapa tahu ada yang berminat hingga menambah orderan. Maka dari itu, gali terus hal-hal yang Anda suka sampai menghasilkan uang tambahan yah. Hati senang, uang pun datang.

  1. Dekat dengan Teman atau Saudara Saat Anda Traveling

Dekat dengan teman atau saudara saat Anda traveling juga merupakan cara hemat yang menyenangkan. Misalnya Anda liburan ke Jakarta, kontaklah dulu siapa orang yang dikenal dan tinggal di daerah tersebut. Jangan sungkan meminta bantuan mereka untuk menemani Anda jalan-jalan selama berada di sana. Mereka tentu tidak akan keberatan menemani Anda, apalagi untuk bersenang-senang. Selain itu, warga lokal juga biasanya akan lebih tahu mengenai tempat apa saja yang bagus dan menawarkan fasilitas murah. Dengan cara seperti ini, tentu akan membuat hubungan kalian juga semakin erat bukan?

  1. Berenang di Kolam Rumah Teman atau Saudara

Cara hemat yang menyenangkan berikutnya yaitu berenang di kolam rumah teman atau saudara. Jika Anda hobi berenang, maka bisa memanfaatkan kolam renang milik teman atau saudara daripada harus mengeluarkan banyak uang hanya untuk berenang di kolam renang umum. Ajaklah si pemilik kolam renang tersebut untuk berenang bersama dengan Anda, sehingga Anda tidak merasa malu dan merepotkan. Berolahraga seperti berenang memang bisa menguras dompet, namun Anda juga bisa kok menjaga kesehatan dengan cara yang murah meriah seperti ini.

  1. Perawatan Gigi Pada Koas

Terakhir, cara hemat menyenangkan yang bisa Anda lakukan adalah perawatan gigi pada koas. Biasanya, perawatan akan memakan banyak biaya. Jadi, kenapa Anda tidak datang ke dokter magang saja? misalnya perawatan gigi. Karena, di sini Anda bisa mendapatkan penawaran harga yang murah atau malah ditlaktir si koas dokter. Jangan takut dan jangan anggap diri Anda sebagai kelinci percobaan, melainkan Anda justru telah berjasa membantunya untuk mendapatkan banyak jam terbang lho. Nah, cara ini tentu bisa membuat Anda jadi lebih hemat bukan?

Demikian ulasan tentang 5 cara hemat menyenangkan yang bisa Anda praktikkan ke dalam kehidupan sehari-hari. Semoga artikel ini bermanfaat!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top