Keuangan

Lakukan Ini Jika Ingin Bayar Kuliah Sendiri

Lakukan Ini Jika Ingin Bayar Kuliah Sendiri – Setiap orang pasti ingin mendapatkan hidup yang mapan tanpa kekurangan sesuatu apapun. Untuk mendapatkan semua itu perlu usaha dan juga pengetahuan yang mumpuni. Salah satu cara mendapatkan pengetahuan ialah dengan cara mengenyam pendidikan setinggi – tingginya seperti melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Sayangnya biaya pendidikan yang  tiap tahun selalu mengalami kenaikkan membuat beberapa orang enggan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi.

Bagi yang sudah kuliah melunasi biaya pendidikan yang dienyam juga bukanlah perkara mudah sehingga perlu perencanaan yang matang terkait ini. Perencanaan keuangan yang tepat sebenarnya mampu membawa   anda mewujudkan impian untuk membayar biaya kuliah anda sendiri. Coba terapkan strategi keuangan berikut agar anda bisa membiayai sendiri biaya kuliah anda:

  • Cari potongan biaya

Beberapa kampus ternyata menerapkan kebijakan potongan biaya pendidikan dan SPP bagi anggota keluarga yang kuliah di satu kampus. Ada pula yang memberikan potongan bagi anda yang termasuk alumnus sekolah menengah keatas yang bekerja sama dengan kampus yang anda pilih saat ini. Cari tahulah informasi ini di bagian administrasi kampus anda.

  • Pilih saja asrama

Selain biaya pendidikan pasti anda juga dipusingkan dengan biaya tempat tinggal maka usahakan untuk tinggal di asrama kampus. Asrama kampus memiliki tarif yang biasanya lebih rendah dibanding dengan kos – kosan yang ada di sekitar kampus. Selain memiliki fasilitas yang tidak kalah lengkap jaraknya pun jauh lebih dekat.

  • Menjadi tenaga part timer

Untuk membiayai kuliah anda tanpa harus mengganggu kuliah bisa dilakukan dengan cara bekerja.  Anda bisa bekerja  sebagai tenaga part timer di kampus anda saat ini. Selain bisa mendapatkan uang pekerjaan ini juga dapat membangun relasi dengan civitas akademika. Anda juga bisa bekerja sambil belajar dengan menjadi part timer di kampus.

  • Jadwalkan mata kuliah anda

Apabila menjadi tenaga part timer dirasa kurang mencukupi kini saatnya anda untuk mencari pekerjaan diluar kampus. Langkah awal yang perlu anda lakukan sebelum bekerja di luar kampus ialah menjadwalkan mata kuliah anda agar tidak bentrok dengan waktu bekerja. Apabila anda bekerja di malam hari maka jadwalkan mata kuliah di pagi hari ataupun sebaliknya.

  • Menjadi freelancer

Bekerja tidak selalu harus purna waktu bisa juga anda jadwalkan sendiri seperti menjadi freelancer.  Anda bisa menjadi freelancer writer, entry data, scraping data, translator dan masih banyak lagi lainnya. Saat ini banyak start up yang mempertemukan antara klien dan freelancer seperti freelancer, sribulancer maupun projects. Pendapatan yang didapat dari pekerjaan ini bahkan tidak bisa dipandang sebelah mata khususnya yang bergerak dibidang IT seperti desain grafis.

  • Hunting beasiswa

Untuk membayar biaya kuliah sendiri juga bisa melalui beasiswa yang banyak diberikan oleh instansi pemerintah maupun swasta. Anda bisa mendaftar beasiswa BBM maupun PPA dari Kopertis yang jumlahnya bisa melunasi biaya SPP anda satu semester penuh. Anda juga bisa mencari  beasiswa dengan sering browsing di internet.

  • Perhatikan sikap diri sendiri

Strategi lainnya yang bisa anda lakukan untuk membantu kedua orang tua anda membayar biaya pendidikan perguruan tinggi ialah jangan kerap berbelanja barang yang sebenarnya tidak anda butuhkan. Kurangi makan di luar dan asah kemampuan memasak anda sehingga biaya makan pun tidak terlalu besar. Jangan lupakan untuk mencatat biaya yang pasti anda keluarkan di masa depan seperti biaya pratikum, brevet ataupun kursus sehingga anda bisa menabung jauh – jauh hari.

Ingat mencari pekerjaan itu tidak semudah membalikan kedua tangan maka jangan lupakan kerja keras orang tua di rumah. Selalu semangat belajar  dan jangan putus asa jika mengalami kegagalan.

 

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: